Sukses

Top 3 Islami: Kisah Air Zamzam Mengering hingga Sujud Syukur Cristiano Ronaldo

Top 3 Islami: Kisah Air Zamzam Mengering hingga Sujud Syukur Cristiano Ronaldo

Liputan6.com, Jakarta - Segala hal yang berhubungan dengan ibadah haji kini tengah menyita perhatian publik, Kamis (25/5/2023).

Terbukti dari pembaca kanal Islami Liputan6.com yang tampaknya tertarik dengan serba-serbi sekitar ibadah haji dan tanah suci.

Paling menyita perhatian adalah kisah Sumur Zamzam yang pernah mengering pada zaman pra-Islam. Kemudian, berita mengenai Cristiano Ronaldo juga menyedot perhatian pembaca.

Bagaimana tidak, Cristiano Ronaldo yang nonmuslim melakukan sujud syukur usai bikin gol untuk klubnya, Al Nassr.

Selanjutnya, adalah kabar duka dari tanah suci, yakni meninggalnya jemaah haji asal Indonesia.

Berikut ini adalah top 3 Islami selengkapnya,

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kisah Pilu Air Sumur Zamzam Mengering Akibat Kezaliman Suku Jurhum

Liputan6.com, Jakarta - Ibadah Haji dan umrah tidak bisa lepas dari air zamzam, air suci bagi umat muslim yang selalu menjadi oleh-oleh.

Dari berbagai penelitian kesehatan, air zamzam juga mengandung banyak elektrolit dan mineral, sehingga baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan, termasuk saat berpuasa.

Tak mengherankan jika, air zamzam selalu ditunggu oleh keluarga sebagai oleh-oleh, di samping oleh-oleh khas Tanah Suci lainnya.

Sebaik-baiknya air di muka bumi adalah air zamzam. Air tersebut bisa menjadi minuman yang mengenyangkan dan penawar rasa sakit.” (HR Thabrani).

Air zamzam adalah air yang sangat istimewa. Banyak nash, hadits, atsar, ataupun khabar yang menjelaskan tentang keutamaan dan keistimewaan air zamzam.

Salah satunya adalah hadis yang diriwayatkan Thabrani di atas. Di situ dijelaskan bahwa air zamzam bisa menjadi pengganti makanan karena ia mengenyangkan. Dia juga bisa menjadi obat yang menyembuhkan.

Namun, tahukah kamu sumur Zamzam pernah hilang di masal lalu akibat kelaliman suku Jurhum.

Selengkapnya

3 dari 4 halaman

2. Viral Cristiano Ronaldo Sujud Syukur Usai Cetak Gol, Didoakan 'Login' alias Mualaf

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi yang tak biasa usai mencetak gol pada lanjutan Liga Pro Arab Saudi pekan ke-28 di Stadion Al Awal Park, Rabu (24/5/2023) dinihari WIB.

Kapten timnas Portugal itu merayakan gol penentu kemenangan saat Al Nassr kontra Al Shabab dengan sujud syukur.

Selebrasi sujud syukur biasanya dilakukan para pesepakbola muslim sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT. Menariknya, selebrasi seperti ini dilakukan oleh seorang Ronaldo.

Salah satu akun Twitter centang biru @Ali_alabdallh membagikan momen Ronaldo melakukan selebrasi sujud syukur. Video dengan durasi 57 detik itu pun viral dan menjadi sorotan warganet.

“Kegembiraan Cristiano Ronaldo dengan gol ketiga dan sujud syukur kepada Allah. Allah menuntun hatinya kepada Islam. Sukacita besar,” tulisnya dikutip Rabu (24/5/2023).

Hingga berita ini ditulis, unggahan tersebut telah ditonton lebih dari satu juta kali. Ribuan akun juga telah me-retweets dan menyukai video selebrasi sujud syukur ala Ronaldo.

Selengkapnya

4 dari 4 halaman

3. Ini Identitas Jemaah Haji Asal Demak yang Meninggal di Madinah, Akan Dimakamkan di Baqi

Liputan6.com, Jakarta - Satu orang jemaah haji Indonesia meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi. Jemaah yang tergabung dalam Kloter 3 Embarkasi Solo (SOC-3) ini bernama Suprapto Tarlim Kertowijoyo, asal Demak, Jawa Tengah.

Jemaah haji berusia 52 tahun ini meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung, Kamis (25/5/2023) pukul 04.00 WAS di Hotel Abraj Taba, Madinah.

Berdasarkan data SISKOHAT dan Certificate of Death (COD) yang dirilis Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Suprapto beralamat di Kali sari RT 06/04 Kec. Sayung, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Almarhum tiba di Madinah pada 24 Mei 2023, jam 20.40 waktu Arab Saudi (WAS). Almarhum sempat mendapatkan penanganan dan upaya pertolongan oleh tim emergency saat di pemondokan.

“Semoga jemaah yang meninggal diampuni segala kesalahannya, juga menjadi pengingat kepada kita, untuk selalu menjaga dan memperhatikan kesehatan,” ujar Kadaker Madinah Zaenal Muttaqin di Kantor Urusan Haji Indonesia, Madinah.

Selengkapnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.