Sukses

Doa Sebelum UTBK, Amalan Agar Diberi Kemudahan Jawab Soal Ujian

Bagi yang muslim dapat mengamalkan beberapa doa sebelum menjawab soal-soal UTBK. Doa-doa seperti memohon dimudahkan dan dilancarkan selama mengisi soal UTBK dapat dipanjatkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk masuk perguruan tinggi negeri melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tengah berlangsung. UTBK 2023 yang diikuti 803.853 peserta ini digelar secara luring di 74 lokasi Pusat UTBK PTN se-Indonesia.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan UTBK 2023 dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang I digelar 8-14 Mei 2023, sedangkan Gelombang II pada 22-28 Mei 2023. 

Setiap peserta UTBK tentu ingin mendapatkan hasil yang terbaik dari ujian masuk ke perguruan tinggi negeri ini. Selain belajar dengan sungguh-sungguh, ikhtiar jalur langit jangan sampai dilewatkan oleh peserta UTBK untuk meraih hasil yang memuaskan.

Bagi yang muslim dapat mengamalkan beberapa doa sebelum menjawab soal-soal UTBK. Doa-doa seperti memohon dimudahkan dan dilancarkan selama mengisi soal UTBK dapat dipanjatkan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini kumpulan doa-doa yang dapat diamalkan sebelum menjawab soal UTBK. Semoga dengan doa ini Allah berikan kemudahan dan kelancaran selama pelaksanaan UTBK, hasilnya mendapat yang terbaik.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa-Doa Sebelum yang Dapat Dipanjatkan Sebelum UTBK

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ 

Arab-latin: Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir 

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kau persulit.”

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي 

Arab-latin: Rabbisy Rahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii." 

Artinya: "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku."

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً 

Arab-latin: Allaahumma laa sahla illaa maa ja'altahu sahlan wa Anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlan. 

Artinya: "Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya."

رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًا وَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا 

Arab-latin: Rabbi zidnii 'ilman Naafi'an warzuqnii fahmaa. 

Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat dan berikanlah aku kepahaman yang baik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.