Sukses

Kisah Pemuda Gereja Bantu Pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Ternate

Wali Kota Ternate DR Tauhid Soleman mengapresiasi sikap toleransi diinisiasi kalangan Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kota Ternate

Liputan6.com, Ternate - Wali Kota Ternate DR Tauhid Soleman mengapresiasi sikap toleransi diinisiasi kalangan Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kota Ternate membersihkan areal Gelora Kieraha Ternate dan menyediakan koran bekas bagi umat Muslim melaksanakan sholat Idul Fitri.

"Program pemuda gereja ini sangat menarik, karena selama pelaksanaan shalat Idul Fitri, saudara dari umat Nasrani membagikan Koran bekas di pintu masuk dan membersihkan areal lokasi pelaksanaan shalat Ied di Gelora Kieraha Ternate, tentunya sikap toleransi ini harus tetap dijaga dan dipertahankan," kata Wali Kota Ternate, DR Tauhid Soleman usai melaksanakan shalat Idul Fitri di Gelora Kieraha Ternate, Sabtu, dikutip Antara.

Menurut Wali Kota, dengan cara membagikan Koran bagi kaum Muslimin saat melaksanakan shalat Idul Fitri kali ini, menunjukkan rasa toleransi antar umat beragama di Kota Ternate dan ini harus menjadi contoh bagi umat lainnya di Kota Ternate untuk bersama-sama perkokoh rasa persatuan dan kesatuan bagaimana menjaga kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Ternate, terutama menjaga toleransi antar-umat beragama sudah terbangun sejak lama.

Oleh karena itu, dia mengungkapkan rasa kagumnya terhadap anak-anak muda yang tergabung dalam AMGPM ini, karena cara ini tentunya bisa membangun rasa persaudaraan dan toleransi di daerah ini terus terbangun.

Di samping itu, Wali Kota juga menyatakan apresiasi, karena ada umat muslim pada Jumat (21/4/2023) kemarin, telah melaksanakan shalat Idul Fitri di tiga lokasi berbeda dan itu tidak harus dijadikan sebagai sebuah perbedaan dan masalah bagi umat muslim di Kota Ternate, karena rasa persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga dan terpelihara. Sementara itu, Ketua Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku (AMGPM) Kota Ternate, Ranting Imanuel Ternate, Marias Koupun saat dihubungi terpisah menyatakan, pihaknya telah persiapkan koran bekas sekitar 3 ribu examplar yang diperoleh dari tetangga untuk dibagikan ke saudara-saudari umat Muslim yang melaksanakan shalat di Gelora Kieraha Ternate.

Menurut dia, belasan remaja AMGPM datang ke lapangan Gelora Kieraha sekitar pukul 06.00 Wit sebelum para jamaah shalat Idul Fitri memasuki lapangan untuk Shalat.

Kegiatan ini untuk meningkatkan toleransi antar-umat beragama sehingga bisa terbangun rasa persaudaraan antar sesama umat beragama.

"Memang, untuk merupakan program ketiga dan menjadi agenda rutin setiap perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah dan kehadiran AMGPM guna membangun tali silaturahim dan memupuk rasa persaudaraan antar-umat beragama di Kota Ternate tetap terjaga," kata Marias Koupun.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.