Sukses

Yoseph Theofilus Taher Juara Turnamen Catur Ramadhan Cup 2023

Yoseph mengukuhkan dominasinya setelah mengalahkan pecatur Jawa Barat, Master Nasional (MN) Ariza Rizky pada babak 9 atau terakhir, pada Minggu (9/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta Turnamen catur cepat 15 menit JAPFA Ramadhan Cup 2023 berlangsung sukses pada 8 dan 9 April 2023 di Wisma Kemenpora, Jakarta. Master Internasional (MI) Yoseph Theofilus Taher sukses menjadi juara di nomor Open atau Terbuka.

Yoseph merupakan atlet pelatnas Tim Catur Indonesia. Yoseph mengukuhkan dominasinya setelah mengalahkan pecatur Jawa Barat, Master Nasional (MN) Ariza Rizky pada babak 9 atau terakhir, pada Minggu (9/4/2023).

Dengan kemenangan atas Ariza, Yoseph berhasil menambah torehan poinnya menjadi 8. Raihan angka tersebut sama dengan poin yang dimiliki pesaingnya Fide Master (FM) Arief Abdul Hafiz (Jabar). Namun Yoseph berhak menjadi juara karena unggul nilai Bucchholz (BH) atas Arief dengan 56 berbanding 55,5.

Sebagai juara Yoseph mendapat Piala dan hadiah uang sebesar Rp10 juta. Sedangkan Arief mendapat Rp6 juta.

Peringkat ketiga nomor Open ditempati pecatur non-mater dari Jateng, Godwin Liem yang mengemas 7,5 poin. Godwin mendapat hadiah uang sebesar Rp4 juta.

Adapun Grand Master (GM) Novendra Priasmoro yang sejak babak pertama hingga keempat berada di jalur juara dengan menyapu bersih empat kemenangan harus terlempar ke peringkat ke-7 dari 156 peserta.

Peluang Novendra menjadi juara pupus setelah dikalahkan FM Arief Abdul Hafiz pada babak ke-7.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kategori Junior

Sementara kelompok junior U-16 dijuarai Agha Faiz Ramdhani dengan 7,5 poin. Disusul MN Claudio Lasama yang juga mengemas 7,5 poin. Peringkat ketiga ditempati pecatur Banten, Maximilano Marrhuimawan dengan 7 poin.

Selanjutnya di kelompok junior U-12 tampil sebagai juara Fatih Winartha (Jabar) dengan membukukan 7,5 poin. Diikuti Imanuel Martogi (DKI Jakarta) yang juga mendulang 7,5 poin. Dan Gervasius Ludwig Setiawan (DKI) di peringkat ketiga dengan 7,5 poin. Meski mengemas poin sama, namun Fatih berhak menjadi juara karena unggul nilai Bucchholz atas Imanuel dan Gervasius.

Pertandingan hari kedua atau hari terakhir turnamen spesial JAPFA Ramadhan Cup disaksikan langsung oleh Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto.

Turut hadir Vice President Head of Social Investment JAPFA, R. Artsanti Alif, Ketua Bidang Organisasi PB Percasi, Laksamana TNI Abdul Rivai, Sekretaris Jenderal Hendri Hendratno, Humas Urry Kertopati dan Ketua Panitia JAPFA Ramadhan Cup 2023 Ricardo.

3 dari 3 halaman

Pujian Utut

Usai memberikan coaching clinic yang dilanjutkan dengan sambutan. Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengaku senang dengan antusiasme para pecatur di Tanah Air untuk mengikuti turnamen Japfa Ramadhan Cup 2023. Utut menekankan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk memiliki sumbangsih besar dalam proses pembinaan dan kemauan catur Indonesia.

Sejak Oktober 1999, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk konsisten mendukung PB Percasi baik dalam pembinaan atlet dengan mengirimkan para pecatur terbaik mengikuti turnamen di luar negeri juga aktif menyelenggarakan kejuaraan.

"Terimakasih kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang tak henti-hentinya selama 20 tahun lebih mendukung pembinaan olahraga catur. Karena itu, saya memohon kepada Pemerintah melalui Kemenpora kiranya dapat memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Orang atau pihak yang membantu juga harus diberikan penghargaan," kata Utut Adianto.

"Sekali lagi terimakasih kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Mudah-mudahan bisa terus mendorong dan mendukung pembinaan catur di Indonesia," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.