Sukses

Turnamen Catur Ramadhan Cup 2023 Diikuti 387 Pecatur

Para peserta turnamen catur cepat Ramadhan Cup 2023 datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta- Turnamen catur cepat Japfa Ramadhan Cup 2023 menyedot perhatian para pecinta catur dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka menyerbu Wisma Kemenpora untuk mengikuti turnamen rutin diadakan tiap bulan puasa ini.

Peserta catur cepat Japfa Ramadhan Cup 2023 yang digelar selama dua hari pada 8 dan 9 April ini mencapai 397 pecatur. Mereka datang dari 21 provinsi di Indonesia. Panitia menyediakan hadiah total Rp 65 juta.

"Ramadhan Cup 2023 ini momentum yang baik untuk membangun silahturahmi, sekaligus mencetak kader pecatur masa mendatang. Catur kan tidak terlalu melelahkan seperti olahraga lain jadi tetap bisa dilaksanakan di bulan puasa,” ujar Laksamana Muda TNI Abdul Rifai, Kabid Organisasi PB Percasi kepada wartawan usai membuka Japfa Ramadhan Cup 2023 di Wisma Kemenpora, Sabtu (8/4/2023).

Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) mengadakan turnamen catur cepat Ramadhan Cup rutin setiap tahun. Sudah lebih dari 10 kali event ini diadakan di bulan puasa. Percasi juga membuat Christmas Cup di akhir tahun.

Meski cuma memeriahkan Ramadhan, peserta sangat antusias ikutan. Bahkan beberapa pecatur top tanah air juga ambil bagian seperti Fide Master Tirta Candra dan GM Cerdas Barus.

Japfa Ramadhan Cup 2023 juga mempertandingan kelas untuk pelajar. Diharapkan bisa terjaring talenta berbakat. "Kami berharap Turnamen catur cepat Japfa Ramadhan Cup 2023 bisa melahirkan pecatur handal untuk Indonesia di masa depan," ujar ketua panitia pelaksana Ricardo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cetak Bibit Berbakat

Sementara itu Vice President Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Retno Artsanti menambahkan bahwa pihaknya tetap berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada pembinaan catur di Indonesia.

”Komitmen kami sudah jelas karena catur ini adalah olahraga asah otak yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

3 dari 3 halaman

Berbagai Daerah

Artsanti juga mengatakan bahwa pecatur binaan Japfa sudah tersebar di beberapa daerah seperti Gorontalo, Sulawesi Utara, Kalimantan, Lampung dan Palembang.

Dalam Ramadhan Cup kali ini, Artsanti juga berharap akan muncul pecatur berbakat yang bisa meneruskan generasi pendahulunya seperti GM Susanto Megaranto dan GM Irene Kharisma Sukandar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini