Sukses

Bulan Puasa di Sydney Australia Makin Meriah dengan Bazar Ramadhan Nights, Ada Kunafa hingga Burger Daging Unta

Bazar 'Ramadhan Nights' di Sydney, Australia, merupakan acara tahunan yang menyajikan berbagai hidangan dengan mayoritas menu Timur Tengah.

Liputan6.com, Canberra - Bazar Ramadhan biasa digelar di berbagai negara, yang kerap menjadi destinasi bagi umat muslim di negara tersebut untuk mencari hidangan untuk berbuka puasa.

Di Sydney, Australia, bazar bertajuk "Ramadhan Nights" diadakan di area Lakemba. Ini merupakan acara tahunan yang kerap menarik banyak pengunjung, termasuk turis asing. Pada tahun 2022, acara ini berhasil menarik lebih dari 1,2 juta pengunjung.

Bazar yang berlangsung selama bulan suci Ramadhan buka sejak sore sebelum waktu berbuka puasa hingga pukul 03.00 waktu setempat. Bazar ini menawarkan ragam makanan dan tradisi khas Ramadhan yang dijajakan 70 pedagang.

Warga Negara Indonesia (WNI) Lakeisha Nathania (25) menceritakan pengalamannya berkunjung ke bazar tersebut untuk pertama kalinya.

"Suasananya ramai banget. Banyak orang Timur Tengah, India juga banyak orang Indonesia," ujarnya kepada Liputan6.com, Selasa (28/3/2023).

Dia mengatakan, ada beragam hidangan unik khas Ramadhan, seperti kunafa, kebab, hingga burger daging unta. Di area tersebut, katanya, juga terdapat restoran Indonesia yang menarik banyak pengunjung.

"Saya sih mencoba kunafa sama martabak telur. Rasanya enak, mungkin karena suasananya juga berbeda," tambahnya.

Menurut Lakeisha, yang baru berada di Australia kurang dari satu bulan, nuansa Ramadhan-nya kali ini sangat berbeda.

"Beda banget suasananya di Australia. Soalnya kan Ramadhan sebelumnya saya kerja di Dubai, pasti pengalamannya beda banget sama yang ada di sini," kata dia.

Sebelum memutuskan pindah ke Australia, Lakeisha bekerja selama tiga tahun di sebuah hotel di Dubai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disarankan Naik Transportasi Umum

Menurut informasi dari laman resmi pemerintah cbcity.nsw, pengunjung disarankan menggunakan shuttle bus gratis atau menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus untuk datang ke bazar "Ramadhan Nights" mengingat sulitnya menemukan tempat parkir.

Antusiasme yang begitu tinggi membuat pengunjung disarankan datang pada Senin dan Rabu, tepatnya pada jam-jam awal ketika bazar baru buka.

Berikut adalah potret bazar Ramadhan "Ramadhan Nights" di Lakemba, Sydney, Australia:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.