Sukses

7 Cara Optimalkan Fitur WhatsApp Selama Ramadhan 2023 yang Patut Diketahui

Apa saja fitur di WhatsApp dan bagaimana caranya mengoptimalkan penggunaannya selama Ramadhan kali ini.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki hari ke-6 di bulan Ramadhan, pastinya banyak dari Anda sudah mulai merencanakan ragam aktivitas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, dan orang terdekat.

Biasanya, Ramadhan kerap menjadi momen untuk mengadakan pertemuan sosial atau menggelar acara amal. Karena itu, komunikasi menjadi hal penting untuk dipakai.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan orang terdekat dan paling umum terpasang di HP Android atau iOS, adalah WhatsApp.

Jadi salah satu aplikasi pesan paling populer di Indonesia. banyak pengguna yang tidak mengetahui WhatsApp memiliki fitur untuk menunjang aktivitas pengguna selama Ramadhan 2023.

Apa saja fitur tersebut dan bagaimana caranya mengoptimalkan penggunaan WhatsApp selama Ramadhan kali ini? Berikut adalah beberapa diantaranya, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Selasa (28/3/2023).

Bikin Acara Bukber Virtual

Buka puasa bersama atau bukber menjadi kegiatan paling sering dilakukan selama bulan puasa. Namun, ada kala tidak seluruh anggota keluarga atau teman bisa hadiri acara ini dengan beragam alasan.

Anda sebenarnya bisa memanfaatkan WhatsApp untuk menggelar bukber virtual. Dengan ini, meski terpisah jarak Anda masih bisa merasakan suasana bukber hingga 32 orang dalam satu panggilan video.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur tautan panggilan di aplikasi WhatsApp untuk memudahkan orang lain bergabung, sekaligus menjadwalkan kapan acara tersebut digelar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagi Ide Makanan

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Selama bulan Ramadhan, kamu juga bisa saling berbagi informasi dnegan orang-orang terdekat mengenai ide makanan sahur atua bukan. Untuk melakukannya, kamu tinggia membuat grup WhatsApp khusus.

Dari situ, kamu bisa saling membagikan ide memasak sekaligus mendapatkan inspirasi. Kamu juga bisa mengunggah foto makanan sahur dan buka di Status untuk berbagi cerita kuliner.

Beramal pada yang Membutuhkan

Beramal pada mereka yang kurang mampu merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dalam mengisi bulan Ramadhan. Untuk itu, kini kamu bisa membuat pengingat menunaikan zakat dengan mengirimkan pesan pada diri sendiri dan sematkan chat agar tidak lupa.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur WhatsApp lain seperti Komunitas untuk mengajak lebih banyak orang mendukung berbagai kegiatan sosial di bulan Ramadhan kali ini.

Ekspresikan Diri dengan Kartu Ucapan Ramadhan

Selama Bulan Ramadhan, kamu tentau bisa mengiriman pesan tulus untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga dan sahabat. Kamu bisa memanfatkan pesan dengan Avatar di WhatsApp atau merekam pesan suara.

 

3 dari 3 halaman

Kunjungi Bazar Ramadhan

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Bulan Ramadhan juga identik dengan bazar makanan menjelang waktu berbuka. Kamu bersama teman-teman bisa memilih bazar makanan yang ingin didatangi dengan memanfaatkan fitur Polling, lalu pakai pula fitur Lokasi Terkini untuk bertemu kembali dengan rombongan.

Lindung Diri dari Penipu

Menjelang Ramadhan dan Lebaran, aksi penipu juga biasanya akan meningkat lewat promosi atau penawaran palsu. Untuk itu, kamu harus selalu berhati-hati apabila menerima pesan mencurigakan.

Oleh sebab itu, kamu bisa melaporkan dan memblokir pesan yang tidak diinginkan di WhatsApp. Kamu juga perlu mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah untuk membuat akunmu lebih aman.

Luangkan Waktu untuk Berefleksi

Selain meningkatkan interaksi sosial dengan teman dan keluarga, Ramadhan juga waktu tepat bagi kamu untuk merefleksikan diri. Karenanya, jika kamu membutuhkan waktu tenang sendirian, kamu bisa membisukan obrolan grup sesuai kebutuhan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.