Sukses

Ramadhan Hub di Spotify Hadir dengan Tampilan Baru, dari Musik hingga Podcast

Spotify menghadirkan Ramadhan Hub untuk pengguna di Indonesia menjelang Bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify menghadirkan Ramadhan Hub untuk pengguna di Indonesia menjelang Bulan Ramadhan. Lewat hub ini, pengguna bisa mendengarkan beragam konten seputar Ramadhan yang sudah dikurasi.

Beberapa konten yang tersedia di Ramadhan Hub mulai dari musik, podcast, hingga diskusi. Untuk tahun ini, Spotify memperbarui tampilan hub sehingga memberikan pengalaman berbeda.

Ketika pengguna membuka aplikasi Spotify, mereka bisa langsung menemukan highlight konten, kutipan kata-kata mutiara dari podcastartist clips, musik, dan podcast terbaru setiap hari dengan tema yang berbeda setiap minggu.

Spotify juga menyajikan konten yang dipersonalisasi pada playlist Your Ramadhan 2023, sehingga pengguna bisa melihat deretan lagu dan konten diskusi yang sedang populer di daerahnya, termasuk episode podcast spesial Ramadhan terbaru.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, tim editorial kami telah mengurasi playlist, podcast, dan konten diskusi untuk para pengguna selama bulan Ramadan, dan tahun ini kami menghadirkan Ramadan Hub ke level lebih tinggi," tutur Senior Product Manager Spotify Nick Dahl dalam keterangan resmi, Kamis (23/3/2023).

Nick menuturkan, salah satu bagian yang menarik dari Ramadhan Hub kali ini adalah adalah Daily Offerings yang berganti setiap hari. Adapun fitur ini menyajikan cerita yang relevan soal berpuasa, refleksi diri, dan kesadaran, termasuk rilisan baru dari beberapa kreator lokal paling populer.

Untuk pengguna di Indonesia, Spotify juga menyuguhkan tiga playlist populer yakni Refleksi Diri, OTW Ramadhan, dan Ketupat Lebaran. Menurut Nick, keputusan Spotify menghadirkan Ramadhan Hub kali ini bukannya tanpa alasan.

Ia menuturkan, Spotify ingin menjadi bagian di setiap momen, baik ketika Ramadhan hingga aktivitas mendengarkan audio sehari-hari. Karenanya, perusahaan menciptakan pengalaman dalam aplikasi untuk merayakan budaya lokal bersama pengguna.

Untuk mengakses Ramadhan Hub, pengguna dapat langsung menuju laman utama aplikasi Spotify di smartphone. Mulai 22 Maret pula, pengguna sudah bisa menikmati konten musik dan podcast dengan tema mingguan yang dikurasi khusus untuk setiap momen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadirkan Konten Vertikal Ala TikTok

Di sisi lain, Spotify telah mengungkap desain baru aplikasinya pada gelaran Stream On 2023 beberapa waktu lalu. Dalam event tersebut, Spotify memperlihatkan preview tampilan baru dari konten video podcast, klip musik, hingga audiobook di platform mereka. 

Menurut perusahaan, perubahan ini akan mempermudah pengguna untuk menemukan hal-hal baru untuk ditonton dan didengarkan. 

Dengan halaman yang dapat digulir secara vertikal, desain baru Spotify mengingatkan pada aplikasi lainnya, seperti YouTube, Instagram, dan TikTok. Melalui perubahan yang dilakukan, platform ini mungkin ingin mengubah aplikasi dari sekadar pemutar musik.

Sebelumnya, Spotify telah menghadirkan berbagai fitur seperti podcast, buku audio, dan lainnya sehingga menjadi wadah bagi berbagai content creator. Selama bertahun-tahun, Spotify juga telah berupaya untuk menempatkan musik, podcast, dan lainnya secara berdampingan untuk menarik lebih banyak pengguna. 

3 dari 4 halaman

Targetkan Rengkuh 50 Juta Kreator Konten Audio di Spotify

Dalam keterangannya yang dilansir The Verge, Minggu (11/3/2023), CEO Spotify, Daniel Ek menyebutkan ia berharap dapat memiliki lebih dari 50 juta kreator konten audio di platform ini. 

Kehadiran desain baru aplikasi Spotify ini akan memberikan pengguna lebih banyak pilihan konten dengan jenis yang beragam. 

Sama seperti sebelumnya, pengguna akan menemukan banyak cover album musik dan daftar putar di bagian atas homescreen. Namun yang membedakan, di bagian bawah aplikasi Spotify pengguna dapat melihat video podcast yang diputar otomatis sebagai preview.

4 dari 4 halaman

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.