Sukses

12 Keutamaan bagi Penghafal Al-Qur'an, Mendapat Kedudukan Tertinggi hingga Syafaat di Hari Kiamat

Liputan6.com, Jakarta - Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an menjadi pedoman hidup umat manusia, menjadi petunjuk sekaligus sumber ilmu pengetahuan umat Islam.

Membaca Al-Qur’an termasuk ibadah yang utama bagi seorang muslim. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadis yang diriwayatkan oleh an-Nu’man ibn Basyir.

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِي قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ   

Artinya: "Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda, 'Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.'” (HR. al-Baihaqi). 

Orang yang membaca Al-Qur’an akan mendapat keutamaan yang luar biasa, di antaranya setiap huruf yang dibaca akan dibalas satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan Abdullah Ibnu Mas’ud.

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ   

Artinya: “Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Keutamaan bagi Penghafal Al-Qur'an

Membacanya saja akan mendapat keutamaan, lantas bagaimana bagi mereka yang menghafalkannya? Berikut adalah keutamaan bagi penghafal Al-Qur’an dikutip dari buku Menghafal Al-Qur’an karya KH Ahsin Sakho Muhammad.

1. Penghafal Al-Qur’an mendapat kedudukan yang tinggi dalam pandangan Allah SWT. 

2. Penghafal Al-Qur’an akan meraih banyak pahala. 

3. Penghafal Al-Qur’an yang menjunjung tinggi nilai Al-Qur’an dijuluki dengan ‘Ahlullah’. Artinya orang yang dekat dengan Allah SWT.

4. Nabi Muhammad SAW pernah menyegerakan penguburan sahabat yang meninggal dunia dalam perang Uhud, yang hafalannya lebih banyak daripada lainnya.

5. Nabi Muhammad SAW menghantarkan para penghafal Alquran dalam jabatan yang mulia yaitu menjadi pemimpin saat sholat. 

6. Orangtua yang memiliki anak penghafal Al-Qur’an akan diberikan mahkota oleh Allah SWT pada hari kiamat nanti.

7. Penghafal Al-Qur’an telah mengaktifkan sel-sel otaknya yang berjumlah miliaran melalui kegiatan menghafal. 

8. Penghafal Al-Qur’an termasuk orang-orang terdepan dalam menjaga keaslian, kemurnian, dan kelestarian kitab suci Al-Qur’an.

9. Penghafal Al-Qur’an akan menciptakan dirinya sebagai manusia yang saleh. 

10. Penghafal Al-Qur’an akan mendapatkan syafa’at Al-Qur’an pada hari kiamat.

11. Penghafal Alquran yang selalu muraja’ah (mengulang hafalannya), ia sebenarnya tengah melakukan olahraga otak dan lidah. 

12. Karena Al-Qur’an adalah kitab ‘’Mubarak’ yang penuh berkah atau tempat menumpuknya kebaikan, maka informasi yang dihafal dalam otaknya adalah kalam Allah yang penuh kesucian dan kemuliaan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS