Sukses

15 Tips Menghafal Al-Qur’an Cepat, Efektif dan Tidak Mudah Lupa

Liputan6.com, Bogor - Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam. Orang yang membaca, mendengarkan, mempelajari, dan mengamalkannya akan mendapat kemuliaan dari Allah SWT. Kemuliaan juga akan diperoleh bagi mereka yang menghafal Al-Qur’an.

Dalam buku Menghafal Al-Qur’an karya KH Ahsin Sakho Muhammad disebutkan ada 12 keutamaan bagi penghafal Al-Qur’an. Berikut uraiannya yang dikutip dari situs Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pertama, penghafal Al-Qur’an mendapat kedudukan yang tinggi dalam pandangan Allah SWT. Kedua, akan meraih banyak pahala. 

Ketiga, penghafal Al-Qur’an yang menjunjung tinggi nilai Al-Qur’an dijuluki dengan ‘Ahlullah’. Artinya orang yang dekat dengan Allah SWT. Keempat Nabi Muhammad SAW pernah menyegerakan penguburan sahabat yang meninggal dunia dalam perang Uhud, yang hafalannya lebih banyak daripada lainnya.

Kelima, Nabi Muhammad SAW menghantarkan para penghafal Alquran dalam jabatan yang mulia yaitu menjadi pemimpin saat sholat. Keenam, orangtua yang memiliki anak penghafal Al-Qur’an akan diberikan mahkota oleh Allah SWT pada hari kiamat nanti.

Ketujuh, penghafal Al-Qur’an telah mengaktifkan sel-sel otaknya yang berjumlah miliaran melalui kegiatan menghafal. Kedelapan, penghafal Al-Qur’an termasuk orang-orang terdepan dalam menjaga keaslian, kemurnian, dan kelestarian kitab suci Al-Qur’an.

Kesembilan, akan menciptakan dirinya sebagai manusia yang saleh. Kesepuluh, akan mendapatkan syafa’at Al-Qur’an pada hari kiamat.

Kesebelas, penghafal Alquran yang selalu muraja’ah (mengulang hafalannya), ia sebenarnya tengah melakukan olahraga otak dan lidah. Terakhir, karena Al-Qur’an adalah kitab ‘’Mubarak’ yang penuh berkah atau tempat menumpuknya kebaikan, maka informasi yang dihafal dalam otaknya adalah kalam Allah yang penuh kesucian dan kemuliaan.

Menjadi penghafal Al-Qur’an adalah suatu impian yang didambakan setiap orang. Apalagi sudah dijanjikan dengan berbagai keutamaannya. Lantas, apakah ada tips untuk menghafal Al-Qur’an? Jika pertanyaannya demikian, jawabannya tentu ada. 

Berikut adalah tips menghafal Al-Qur’an cepat, efektif, dan insya Allah tidak mudah lupa yang dikutip dari Cendekiamuslim.or.id, Selasa (29/11/2022).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Niat hingga Perbaiki Cara Baca Al-Qur'an

1. Memulai dengan Niat yang Ikhlas

Niat adalah hal penting sebelum menghafal Al-Qur’an. Niat untuk menghafal Al-Qur’an harus ikhlas. Dengan niat yang lurus dan ikhlas insya Allah akan diberikan kemudahan dalam menghafal Al-Qur’an.

Sebagai catatan, jangan pernah niatkan untuk menghafal Al-Quran hanya untuk dipamerkan dan dibanggakan kepada orang lain.

2. Menanamkan Keyakinan dalam Hati

Ketika yakin pada diri sendiri bisa menghafal Al-Qur’an, tentu Allah SWT akan memberikan kemudahan.

3. Menjalankan Salat Hajat

Ingin menjadi penghafal Al-Qur’an adalah suatu hajat yang mulia. Sebagai ikhtiar untuk mewujudkannya, kita dapat melakukan salat hajat setelah memiliki niat yang lurus dan punya keyakinan bisa menghafalkannya.

4. Mendekatkan diri dengan Al-Qur’an

Hari demi hari selalu mendekatkan diri dengan Al-Qur’an dan terus mencintainya. Buang sugesti bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit. Tanamkan dalam pikiran untuk merasa senang dan rajin dalam mengulang hafalan.

5. Memperbaiki Cara Membaca Al-Qur’an

Menghafal Al-Qur’an bukan sekadar hafal saja, tapi juga harus benar cara membacanya. Untuk itu, sebelum menghafal Al-Qur’an alangkah baiknya memperbaiki cara membaca Al-Qur’an agar ketika sudah hafal bacaannya benar.

3 dari 4 halaman

Coba 2 Metode hingga Punya Target

6. Mencoba 2 Metode yang Berbeda dalam Menghafal Al-Qur’an

Metode menghafal Al-Qur’an cukup banyak. Bagi pemula dapat menggunakan dua metode yang dinilai efektif. Pertama adalah menghafal per ayat. Kedua, menghafal per halaman. Bisa juga dengan cara lain misalnya membaca satu halaman yang akan dihafal lalu membaca dan mengulanginya sebanyak 3 hingga 10 kali dengan tartil.

7. Murojaah

Ketika sudah menghafal satu halaman Al-Qur’an bukan berarti selesai. Justru penghafal Al–Qur’an tidak boleh bosan untuk membaca secara berulang-ulang (Murojaah). Ini agar hafalannya semakin kuat.

8. Konsisten Menggunakan Satu Jenis Mushaf

Jika ingin menghafal Al-Qur’an, hendaknya konsisten dengan satu jenis mushaf. Ini akan membantu calon penghafal Al-Qur’an mengingat ayat-ayat dalam Al-Qur’an.

9. Meminta Orang Lain Menyimak Hafalan Kita

Menghafal Al-Qur’an tidak sendiri. Kita butuh orang lain untuk menyimak hafalan. Apabila ada kesalahan, kita memohon untuk diberitahu yang benarnya oleh orang lain.

10. Memiliki Target untuk Menghafal Al-Qur’an

Target bukan hanya untuk cita-cita perkara duniawi. Ketika menghafal Al-Qur’an pun kita harus punya target yang sesuai dengan kapasitas kita. Namun ingat, jangan sampai target tersebut memaksakan diri sendiri.

4 dari 4 halaman

Punya Waktu Khusus hingga Sabar dan Berdoa

11. Memiliki Waktu Khusus untuk Menghafal

Setiap orang memiliki waktu khusus yang berbeda untuk menghafal Al-Qur’an. Kita calon penghafal Al-Qur’an juga harus punya waktu yang cocok untuk menghafal. Jika Kita ingin lebih tenang dan nyaman, Kita dapat melakukannya di sepertiga malam terakhir.

12. Memperbanyak Mendengarkan Murotal Al-Qur’an

Selain murojaah, untuk memperkuat hafalan bisa dengan mendengarkan murotal Al-Qur’an. Di era serba digital ini, murotal Al-Qur’an mudah didengarkan selama ada jaringan internet. 

13. Istiqomah

Istiqomah merupakan kunci dari menghafal Al-Qur’an. Istiqomah dalam menghafal Al-Qur’an berarti melakukan secara terus menerus dan kontinyu. 

14. Memiliki Durasi Tersendiri untuk Menghafal

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa jangan memaksakan dalam menghafal Al-Qur’an, termasuk soal durasi menghafal. Tidak apa apabila orang lain memiliki durasi waktu menghafal lebih panjang. Mungkin kapasitasnya begitu. Kita sesuaikan saja dengan kemampuan kita. Meskipun hanya 1 jam tapi benar-benar maksimal, insya Allah akan membantu hafalan kita.

15. Selalu Sabar dan Berdoa

Tips terakhir ini tidak boleh lupa. Apapun kegiatan kita, sabar dan berdoa jangan pernah dilewatkan. Begitu pun ketika ingin menjadi penghafal Al-Qur’an.

Demikian tips menghafal Al-Qur'an cepat, efektif, dan tidak mudah lupa. Semoga tips ini membantu Anda yang ingin menjadi penghafal Al-Qur'an. Aamiin.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS