Sukses

Gus Yusuf Sudah Buktikan Berkah Sholawat Jibril, Tidak Telat Uang dan Hati Tenang

Menurut Gus Yusuf sholawat Jibril memiliki banyak keutamaan di antaranya bisa menjadi amalan untuk mendatangkan rezeki berupa uang. Dia pun mengaku sudah membuktikan sendiri berkah sholawat Jibril ketika mengamalkannya

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam terbiasa membaca sholawat. Banyak sholawat yang biasa dibaca oleh umat Islam, misalnya, sholawat Badar, sholawat Nariyah, sholawat Asyghil, sholawat Tibbil Qulub, sholawat Adrikni, dan lain sebagainya.

Pengasuh Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo Magelang, Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori atau akrab disapa Gus Yusuf mengungkapkan jenis sholawat yang bisa mencapai ribuan ini memiliki induk bernama sholawat Jibril.

Dia juga mengatakan, bacaan sholawat Jibril cukup pendek dan mudah dihafal. "Bacaan dari induk sholawat ini cukup singkat yakni 'Shallallahu ala Muhammad'," kata Gus Yusuf dikutip dari video di kanal Youtube-nya, dikutip dari laman NU, Selasa (25/10/2022).

Induk sholawat ini menurut Gus Yusuf memiliki banyak keutamaan di antaranya bisa menjadi amalan untuk mendatangkan rezeki berupa uang. Dia pun mengaku sudah membuktikan sendiri berkah sholawat Jibril ketika mengamalkannya. Dia senantiasa dikaruniai rezeki berupa uang

Ia mendapatkan ijazah untuk mengamalkan sholawat Jibril ini dari KH Anwar Mansur, Pengasuh Pesantren Lirboyo, Jawa Timur saat Gus Yusuf pamit untuk pulang dari pesantren.

"Ketika kamu mau secara istiqamah membaca sholawat ini, semalamnya tidak kurang dari 1.000 kali, hidupmu tidak bakal telat uang," ungkap Gus Yusuf.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hati Tenang hingga Enteng Jodoh

Terkait dengan keutamaan shalawat yang mampu menarik rezeki ini menurut Gus Yusuf, hanya merupakan salah satu dari sekian banyak keberkahan dari mengamalkannya.

Rezeki materi menurutnya hanya bagian kecil dari rezeki yang dianugerahkan Allah karena lebih dari itu dengan membaca shalawat hati akan merasa tenang dan terang serta kehidupan menjadi tentram.

"Itu (ketenangan hati) berkah shalawat yang paling pertama," tegasnya.

Gus Yusuf pun menyebutkan alasan sebagian orang menyebut sholawat Jibril ini sebagai sholawat uang. Hal ini karena kecenderungan orang senang dengan uang sehingga agar banyak orang membaca sholawat, maka dinamakan dengan sholawat uang.

Shalawat ini pun menurutnya bisa dinamakan sebagai Shalawat Pengantin karena bisa diamalkan agar cepat mendapat jodoh.

"Diistiqamahkan dibaca 1.000 kali (setiap hari). Tidak sampai satu minggu sudah ada yang menanyakan," ungkapnya. Namun, dari semua keutamaan dan keberkahan dari shalawat yang disampaikan kepada Nabi Muhammad saw ini menurut Gus Yusuf adalah harapan agar kita mendapatkan syafaatnya esok di hari kiamat.

 

3 dari 3 halaman

Bacaan Sholawat Jibril dan Artinya

Sholawat Jibril termasuk bacaan sholawat pendek dan mudah dihafal. Berikut bacaan sholawat Jibril.

صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ 

Arab-latin: Shollalloohu 'alaa Muhammad

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan rahmat keagungan kepada Nabi Muhammad."

Sholawat kepada nabi merupakan salah satu amalan yang diperintahkan oleh Allah melalui Al-Qur’an. Dalam surah Al-Ahzab ayat 56, disebutkan bahwa Allah dan para malaikat-Nya juga turut bersholawat untuk nabi.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا 

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Sholawat Jibril adalah bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang sudah ada sejak Allah menciptakan Siti Hawa. Dinamakan sholawat Jibril, lantaran yang pertama kali melafalkannya adalah malaikat Jibril.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.