Sukses

Bacaan Sholawat Jibril Arab, Latin, dan Artinya: Pendek tapi Dahsyat

Liputan6.com, Bogor - Sholawat kepada nabi merupakan salah satu amalan yang diperintahkan oleh Allah melalui Al-Qur’an. Dalam surah Al-Ahzab ayat 56, disebutkan bahwa Allah dan para malaikat-Nya juga turut bersholawat untuk nabi.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا 

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Ada banyak sholawat nabi yang dapat kita amalkan. Salah satunya adalah sholawat Jibril. 

Sholawat Jibril adalah bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang sudah ada sejak Allah menciptakan Siti Hawa. Dinamakan sholawat Jibril, lantaran yang pertama kali melafalkannya adalah malaikat Jibril.

“Saat itu Allah melarang Nabi Adam mendekati Siti Hawa, sebelum ia memberikan mahar berupa bacaan sholawat. Setelah itu, Malaikat Jibril datang kepada Nabi Adam untuk menalqin atau menuntun bacaan sholawat ini sehingga disebut sholawat Jibril,” beber Ketua PCNU Pidie Tgk Isafuddin seperti dikutip dari NU Online, Sabtu (13/8/202).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bacaan Sholawat Jibril

Sholawat Jibril termasuk bacaan sholawat pendek dan mudah dihafal. Berikut bacaan sholawat Jibril.

صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ 

Arab-latin: Shollalloohu 'alaa Muhammad

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan rahmat keagungan kepada Nabi Muhammad."

3 dari 3 halaman

Kedahsyatan Sholawat Jibril

Meski bacaan sholawat Jibril singkat, namun di baliknya terdapat kedahsyatan yang luar biasa. Kedahsyatan sholawat Jibril bisa memudahkan rezeki dan hajat seseorang.

“Sholawat Jibril bacaannya sangat singkat. Tetapi, jika diamalkan secara rutin dengan berharap ridha Allah swt akan memudahkan rezeki dan hajat kita,” ungkap Isafuddin.

Menurut Isafuddin, manfaat membaca sholawat Jibril di antaranya mendatangkan rahmat Allah SWT, mengabulkan segala hajat, menghilangkan segala kesusahan, mendatangkan kemenangan dari Allah di saat kondisi perang, hingga mampu mendatangkan solusi terbaik.

“Cara mengamalkan sholawat Jibril jika hajatnya ingin segera dikabulkan ialah dengan melakukan salat hajat dua rakaat di tengah malam. Setelah sholat, membaca sholawat Jibril 1.000x dalam satu kali duduk,” kata dia dalam NU Online.

“Setelah itu, membaca doa tawasul. Sebelum membaca sholawat Jibril, alangkah baiknya didahului dengan bershalawat Ibrahim,” tambahnya.

Sementara itu, lanjutnya, jika seseorang membaca sholawat jibril secara rutin minimal 3 kali setelah sholat fardhu akan memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat menjelang ajalnya.

Wallahu'alam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS