Sukses

Arti dan Tafsir Mimpi Tentang Ular Menurut Para Ulama

Liputan6.com, Bogor - Setiap orang pada dasarnya pernah merasakan mimpi ketika tidur. Namun tidak semua yang dimimpikan akan teringat kembali setelah bangun tidur. 

Isi mimpi seseorang bermacam-macam. Ada mimpi buruk, ada juga yang bahagia. Tentu mimpi buruk saat tidur tidak ingin terjadi di dunia nyata.

Dalam sabdanya, Rasulullah SAW mengklasifikasikan jenis mimpi menjadi tiga bagian. 

وَالرُّؤْيَا ثَلَاثٌ، الحَسَنَةُ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ، وَالرُّؤْيَا يُحَدِّثُ الرَّجُلُ بِهَا نَفْسَهُ، وَالرُّؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ رُؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلَا يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا وَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ   

Artinya: “Mimpi itu ada tiga. Mimpi baik yang merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi karena bawaan pikiran seseorang (ketika terjaga), dan mimpi menyedihkan yang datang dari setan. Jika kalian mimpi sesuatu yang tak kalian senangi, maka jangan kalian ceritakan pada siapa pun, berdirilah dan shalatlah!” (HR Muslim). 

Mimpi tidak sebatas sesuatu yang terlihat atau dialami saat tidur. Lebih jauh dari itu, mimpi melahirkan disiplin ilmu, yakni tafsir mimpi. Kemudian dikenal cabang ilmu pengetahuan Oneirologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang mimpi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mimpi Digigit Ular

Kajian tentang mimpi cukup menarik. Kini banyak orang yang menafsirkan tentang mimpi. Salah satu tafsir mimpi yang banyak dicari adalah arti mimpi digigit ular.

Dalam kitab Qawaid Tafsir al-Ahlam, Abu Al-Abbas Ahmad bin Sulthan menerangkan jika mimpi digigit ular termasuk mimpi yang buruk secara lahir dan batin. 

Mengutip NU Online, sebab digigit ular adalah sesuatu yang tidak diinginkan dan bentuk kesialan (lahir). Digigit ular merupakan pertanda akan datangnya kesusahan dan gangguan pada seseorang (batin).

Menurut Ibnu Sirin dalam Tafsir al-Ahlam, ular dalam mimpi identik dengan musuh. Seberapa kuat dan hebat musuh tergantung pada besar dan bahaya ular dalam mimpi tersebut.

Ibnu Sirin menerangkan, jika dalam mimpi menyerang ular berarti nantinya musuh tersebut akan diserang oleh orang yang mengalami mimpi tersebut. Bila dalam mimpi mampu membunuh ular berarti ia akan menang melawan musuhnya.

Apabila dalam mimpi melihat ularnya sudah mati, berarti musuh tersebut sudah ditaklukkan oleh Allah SWT. Apabila ia dililit ular, berarti menunjukkan ia banyak teman yang sesungguhnya adalah musuhnya sendiri.

3 dari 3 halaman

Jenis Musuh Berdasarkan Letak Ular

Sementara itu, Syekh Abu Bakar Muhammad bin ‘Umar al-Ihsani dalam Jami’ Tafsir al-Ahlam mengkategorikan jenis musuh dalam tafsir mimpi. Menurutnya, musuh dapat dilihat dari letak ular yang dialami mimpi seseorang.

Apabila ular berada di dalam rumah, berarti musuhnya adalah orang kerabat dekat sendiri. Apabila ular berada di kamar pribadi atau kasur, berarti musuhnya istrinya sendiri. Apabila ularnya di luar rumah, berarti musuhnya bukan dari kalangan keluarganya.

Wallahu’alam.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS