Sukses

Jemaah Haji Gelombang 2 Dipulangkan ke Indonesia Mulai 30 Juli 2022

Menurut Amin, ada lima kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia yang akan berangkat pada hari pertama pemulangan gelombang kedua ini.

Liputan6.com, Madinah - Pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua dimulai pada 30 Juli 2022. Jemaah haji dipulangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Kepala Daker Madinah Amin Handoyo mengatakan, seluruh petugas sudah siap dengan dimulainya fase pemulangan jemaah haji dari Madinah menuju Tanah Air.

"Dini hari nanti, kita akan mulai memulangkan jemaah haji dari Madinah ke Tanah Air. Insya Allah, seluruh petugas sudah siap untuk memfasilitasi layanan kepulangan jemaah," kata Amin Handoyo di Madinah, Jumat (29/7/2022).

Menurut Amin, ada lima kelompok terbang (kloter) jemaah haji Indonesia yang akan berangkat pada hari pertama pemulangan.

Kelimanya adalah kloter 24 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede/JKG 24 (terbang 04.30 waktu Arab Saudi/WAS), kloter 8 Embarkasi Medan/MES 8 (07.10 WAS), kloter 5 Embarkasi Aceh/BTJ 5 (08.50 WAS), kloter 22 Embarkasi Solo/SOC 22 (14.10 WAS), dan kloter 3 Embarkasi Makassar/UPG 3 (16.50 WAS).

Proses penimbangan koper bagasi jemaah haji dilakukan sejak dua hari sebelum kepulangan (H-2). Amin mengingatkan agar jemaah mematuhi ketentuan terkait barang bawaan yang dilarang dimasukkan dalam koper bagasi.

"Ketentuan berat maksimal koper bagasi, tas kabin, serta barang bawaan antara pemulangan melalui Jeddah maupun Madinah tidak berbeda. Jemaah tidak diperkenankan memasukkan air Zamzam ke dalam koper bagasi. Juga barang-barang lainnya yang tidak diperkenankan berdasarkan aturan penerbangan," pesan Amin.

Dia meminta jemaah mematuhi ketentuan sehingga kepulangan berjalan lancar. Jangan sampai ada barang yang tercecer.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Haji dari Makkah Terus Bergerak ke Madinah

Selain memulangkan jemaah ke Tanah Air, lanjut Amin, Daker Madinah juga masih akan menerima kedatangan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah. Sampai saat ini sudah ada 29.413 jemaah yang diberangkatkan dari Makkah dan tiba di Madinah. Mereka tergabung dalam 74 kloter.

"Konsentrasi jemaah haji Indonesia saat ini beralih ke Madinah. Mereka saat ini tengah menjalani ibadah Arbain sembari menunggu jadwal kepulangan," tutur Amin.

Amin juga berharap, jemaah tetap menjaga kondisi fisik, perbanyak minum, dan tidak memaksakan diri dalam beraktivitas selama di Madinah. Apalagi, cuaca di Madinah relatif lebih panas.

"Semoga semua jemaah sehat hingga kembali ke Tanah Air dan mabrur," kata dia.

Proses kedatangan jemaah haji dari Makkah ke Madinah akan berlangsung sampai 4 Agustus 2022. Sementara untuk kepulangan jemaah haji dari Madinah ke Tanah Air akan berakhir pada 13 Agustus 2022.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.