Sukses

Doa Setelah Sholat Tahajud agar Doa Cepat Terkabul

Liputan6.com, Jakarta Sholat tahajud merupakan salah satu amalan sunat yang amat dianjurkan untuk dilakukan. Terlebih dikarenakan ini merupakan ibadah qiyamul lail karena dikerjakan pada malam hari.

Sholat tahajud adalah ibadah yang dianjurkan untuk diperbanyak dilakukan di bulan suci Ramadhan. Terlebih lagi, di saat-saat sepertiga malam, yang merupakan waktu sholat tahajud, adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. 

Rasulullah Muhammad SAW sendiri menjadikan sholat tahajud sebagai amalan rutin tiap malam. Setiap kali selesai mendirikan sholat ini, Rasul membaca doa yang baik untuk kita sebagai umatnya tiru.

Doa sholat tahajud ini mengandung pengakuan bahwa manusia adalah lemah. Manusia berserah dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Manusia sebagai hamba juga mengakui bahwa Allah adalah Maha kuat, penguasa semua yang ada di langit dan di bumi.

Lafalkanlah doa setelah sholat tahajud sebagaimana telah diajarkan Rasulullah SAW.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Begini Arab dan Latinnya

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqqun.

Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qoddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

3 dari 5 halaman

Artinya

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

4 dari 5 halaman

Tata Cara Berdoa yang Disukai Allah SWT

Terkabulnya doa atau keinginan adalah sebuah hal yang paling dinantikan oleh setiap orang. Karena setiap manusia tak akan bisa hidup tanpa pertolongan dan bantuan dari Allah SWT.

Agar doa tersebut cepat terkabul, sebagai seorang muslim harus selalu memberikan usaha yang terbaik dan maksimal. Karena usaha saja tidak cukup dalam menjalani kehidupan. Harus dibarengi dengan doa yang senantiasa dipanjatkan hanya kepada Allah semata.

 Allah SWT berfirman, " Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina." (Dalam Alquran Surat Al-Mu’min/40:60).

5 dari 5 halaman

Urutan Berdoa yang Benar

Seperti yang dilansir pada laman Dream.co.id, berikut adalah adab doa di bulan Ramadan kepada Allah SWT:

1. Mengucapkan Puji-pujian kepada Allah

 Agar doa cepat terkabul, sebaiknya diawali dengan memberikan puji-pujian kepada Allah. Seperti membaca hamdalah dan tasbih.

2. Membaca Selawat

Setelah memberikan puji-pujian pada Allah, selanjutnya adalah memberikan shalawat kepada Nabi Muhammad. Agar kita senantiasa diberikan syafaat oleh Nabi kelak diakhirat.

3. Perbanyak Doa di Waktu yang Diijabah

Ada waktu-waktu yang diijabah untuk berdoa. Seperti ketika turun hujan, antara adzan dan iqomah, ketika berbuka puasa, saat sepertiga malam dan setelah selesai sholat. Jadi, manfaatkanlah waktu tersebut untuk memperbanyak doa.

4. Harus Bersungguh-sungguh

Agar doa cepat terkabul, lakukanlah dengan penuh kesungguhan. Penuhilah diri dengan harapan hanya kepada Allah semata. Bersihkan hati dan akui segala dosa. Karena dengan kerendahan diri di hadapan Allah, akan membuat hati semakin tulus dan ikhlas dalam berdoa.

5. Membaca Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Inti dalam doa keselamatan adalah untuk memohon untuk diselamatkan di dunia dan di akhirat (dari api neraka). Adapun doa tersebut adalah:

“ Rabbana atina fiddunnya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar.”

Artinya:

Ya Tuhan kami, berikanlah kebijakan di dunia serta kebijakan di akhirat kelak dan lidungilah kami dari azab api neraka yang pedih. 

Meminta pertolongan atau berdoa kepada Allah SWT, sebaiknya dilakukan tidak hanya pada saat kondisi yang sempit atau kesusahan. Namun, berdoalah kepada-Nya dalam keadaan apa pun, baik saat sedih mau pun senang. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.