Sukses

6 Hadis Tentang Keistimewaan Bulan Ramadhan, Ketahui Keutamaannya

Ramadhan dimaknai sebagai bulan dengan sejuta kemuliaan.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat Islam. Di bulan ini, doa-doa dikabulkan, berkah begitu melimpah, dan pintu surga dibuka lebar. Ramadhan bahkan dimaknai sebagai bulan dengan sejuta kemuliaan.

Tak hanya berpuasa, banyak amalan-amalan yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan. Allah bahkan telah menjanjikan berkah dan kebahagiaan bagi setiap orang yang memuliakan bulan Ramadhan. Di bulan ini, umat Muslim berlomba mendapatkan kebaikan Ramadhan.

Keistimewaan bulan Ramadhan ini dijelaskan dalam banyak Al Qur'an dan hadis. Rasulullah banyak menyampaikan keistimewaan bulan Ramadhan dalam hadis-hadisnya.

Berikut hadis tentang keistimewaan bulan Ramadhan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(4/4/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Termasuk rukun Islam

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan bagian dari rukun Islam. Rukun Islam ini merupakan pedoman umat Islam dalam menjalani kehidupannya di dunia. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

Rasulullah SAW bersabda, “Islam itu ditegakan di atas 5 dasar: (1) bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang hak (patut disembah) kecuali Allah, dan bahwasanya Nabi Muhammad itu uusan Allah, (2) mendirikan sholat lima waktu, (3) membayar zakat, (4) mengerjakan haji ke Baitullah, (5) berpuasa pada bulan Ramadhan”. (HR. Bukhari, Muslim, dan Ahmad).

3 dari 7 halaman

Bulan penuh berkah

Ramadhan merupakan bulan istimewa yang penuh berkah. Di bulan ini, pintu surga dibuka lebar dan pintu neraka ditutup. Di bulan Ramadhan juga akan ada malam yang lebih baik dari malam seribu bulan, yaitu lalilatu qadar. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)." (HR. Ahmad).

4 dari 7 halaman

Bulan pengampunan dosa

Selain merupakan bulan yang penuh berkah, Ramadhan juga merupakan bulan pengampunan dosa. Selama Ramadhan, orang-orang yang menyambutnya dengan amalan dan ibadah akan diampuni dosanya yang telah lalu. Puasa adalah sebab dosa-dosa diampuni, apabila dikerjakan berdasar iman. Ini sesuai dengan hadis berikut:

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa sholat di malam lailatul qodr karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu).

5 dari 7 halaman

Mendapat kebahagiaan dari Allah

Keistimewaan bulan Ramadhan selanjutnya adalah dilimpahkan kebahagiaan langsung dari Allah. Amalan di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang istimewa. Ada dua kebahagiaan saat menjalankan puasa Ramadhan. Kebahagiaan itu adalah ketika berbuka dan ketika berjumpa dengan Allah. Umat Islam yang menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan kebahagiaan langsung dari Allah SWT.

Selain itu, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum daripada bau minyak kasturi. Ini sesuai dengan hadis:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman: “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151).

6 dari 7 halaman

Tidak akan ditolak doanya

Orang yang berpuasa termasuk golongan orang yang tidak akan ditolak doanya. Doa orang yang berpuasa akan dikabulkan. Orang yang berpuasa ini meliputi orang-orang yang berpuasa sunnah maupun wajib, khususnya puasa di bulan Ramadhan. Terkabulnya doa orang yang berpuasa disebabkan kuatnya unsur kedekatan diri kepada Allah SWT, mengosongkan jiwa dari perkara mubah dan godaan syahwat.

“Ada tiga doa yang tidak akan ditolak: Doa orang tua, doa orang yang berpuasa, dan doa musafir.” (H.R. Al-Baihaqi).

7 dari 7 halaman

Janji surga Ar-Rayyan

Orang yang berpuasa akan dijanjikan pintu surga yang dikenal dengan Ar-Rayyan. Di hari kiamat, orang-orang yang berpuasa akan memasuki surga melalui pintu ini. Ini sesuai dengan hadis yang berbunyi:

"Sesungguhnya di surga terdapat pintu yang dinamakan Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu itu pada hari Kiamat. Tidak ada seseorang pun yang akan masuk melalui pintu ini kecuali mereka. Dikatakan: Mana orang-orang yang berpuasa? Lalu mereka semua berdiri. Tidak ada seorang pun yang masuk melalui pintu ini selain mereka. Apabila mereka semua telah masuk, pintu ini akan ditutup dan tidak ada seorang pun yang akan masuk melaluinya," (HR. Bukhari dan Muslim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.