Sukses

Hukum Puasa saat Sakit, Ketahui Ketentuan Menggantinya

Puasa saat sakit punya ketentuan sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Puasa Ramadan merupakan amalan wajib bagi seluruh umat Islam. Namun, ada sejumlah kondisi di mana seseorang tak mampu menjalankan rukun Islam ini. Kondisi yang mungkin dialami adalah sakit.

Ketika sakit Islam memperbolehkan umatnya untuk membatalkan puasa dengan catatan tertentu. Hukum berpuasa saat sedang sakit ini sudah diatur dalam Al Quran, hadis, dan kajian-kajian para ulama.

Hukum puasa saat sedang sakit penting diketahui. Ini karena jika puasa bisa memengaruhi kondisi kesehatan, seseorang bisa diperbolehkan tidak berpuasa. Hukum puasa saat sedang sakit bisa dilihat dari seberapa parah sakitnya. Nah, seperti apa hukum puasa bagi orang sakit?

Berikut hukum puasa saat sakit, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(15/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Hukum puasa saat sakit secara umum

Hukum tentang berpuasa dalam keadaan sakit dijelaskan dalam ayat Al Quran yang berbunyi:

“Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (Surat Al Baqarah Ayat 185).

Islam tidak pernah memaksa umatnya untuk melakukan sesuatu yang membahayakan dirinya. Ini sesuai dengan QS. Al-Baqarah: 286 dan 185 yang berbunyi:

“Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan tidak menghendaki kesulitan bagi kalian.” (Al-Baqarah 185)

“Allah Tidak membebani seseorang kecuali sesuai kemampuannya.” (Al-Baqarah 286).

Dari ayat di atas, menunjukkan bahwa hukum puasa saat sakit boleh dibatalkan, namun dengan catatan harus mengganti puasa yang ditinggalkannya pada hari lain.

 

3 dari 8 halaman

Sakit ringan

Seseorang yang sedang sakit tetap diwajibkan berpuasa apabila sakit yang dialami adalah sakit ringan. Sakit ringan yang dimaksud seperti pusing, sakit telinga, sakit mata, atau sakit gigi. Jenis sakit ini diartikan sebagai sakit yang tidak akan bertambah sakitnya ketika berpuasa. Sakit yang tidak membahayakan jiwa dan tidak akan menambah rasa sakit saat berpuasa, maka hukumnya adalah wajib.

4 dari 8 halaman

Sakit yang membuat pingsan

Sakit yang membuat seseorang menjadi pingsan boleh bagi orang tersebut untuk berbuka puasa. Tapi puasa wajib tetap diganti setelah di hari lainnya. Bila orang tersebut pingsan di siang hari, lalu sadar sebelum matahari terbenam pada sore hari, maka puasanya sah. Namun jika ia pingsan sebelum fajar sampai matahari terbenam, maka puasanya tidak sah.

5 dari 8 halaman

Sakit karena pekerjaan berat

Bagi orang yang sakit karena pekerjaan berat, hukum puasa saat sakit bagi mereka adalah tetap wajib. Kecuali bila pekerjaan tersebut ditinggalkan akan menyebabkan kesulitan yang besar baik bagi dirinya maupun orang lain, maka mereka boleh berbuka sekadarnya. Namun mereka tetap diwajibkan mengganti puasa tersebut setelah bulan Ramadan.

Bila tidak memungkinkan dalam mengambil libur atau cuti selama sakit, maka orang tersebut dianjurkan untuk mencari pekerjaan lain agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik tanpa halangan lagi.

6 dari 8 halaman

Sakit yang menunda kesembuhan

Jika puasa saat sakit membuat sakit bertambah parah atau menunda kesembuhan, maka puasa bisa dibatalkan. Pada kasus ini, puasa bersifat makruh. Aktivitas yang berstatus hukum makruh dilarang namun tidak terdapat konsekuensi bila melakukannya.

Jika dalam pertimbangan dokter atau menurut pengalaman dan kebiasaan, puasa selama sakit akan mengganggu kesehatan, maka diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Namun, seseorang yang meninggalkan puasa tetap wajib menggantinya di hari lain.

7 dari 8 halaman

Sakit yang membahayakan diri

Jika puasa saat sakit dapat membahayakan diri seperti kerusakan organ, cacat, atau bahkan meninggal, puasa tidak wajib dilakukan. Puasa yang membahayakan diri bahkan bisa diharamkan. Pendapat dokter atau ahli biasanya diperlukan untuk menentukan apakah puasa bisa membahayakan jiwa atau tidak.

8 dari 8 halaman

Kewajiban mengganti puasa

Meski tidak diwajibkan berpuasa, orang yang sakit tetap harus mengganti puasa ramadan yang ditinggalkannya. Mengganti puasa di hari lain setelah bulan Ramadan wajib hukumnya bagi orang yang meninggalkannya di bulan Ramadan.

Setelah sembuh dari penyakitnya, maka orang tersebut wajib menggantinya. Sedangkan orang yang penyakitnya tidak dapat diharapkan kesembuhannya lagi, atau orang yang sudah berumur, cukup membayar fidyah, atau memberi makan kepada seorang fakir miskin selama bulan puasa. Namun, jika orang tersebut meninggal dunia, maka ia tidak diwajibkan mengganti atau membayar fidyah, begitu pula dengan wali atau ahli warisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.