Sukses

5 Tips Agar Tetap Bugar Menjalani Puasa Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta Menjalani segala macam aktivitas yang menuntut mobilitas tinggi saat tengah menjalani puasa Ramadhan, menjadi tantangan tersendiri bagi umat Islam.

Meski demikian, berpuasa tentu tidak menyurutkan diri untuk tetap produktif. Selain melatih diri untuk menjadi individu yang lebih baik, di momen Ramadhan ini bisa digunakan untuk mengadopsi pola makan serta disiplin diri untuk menjaga tubuh tetap bugar. 

Karena di bulan suci Ramadhan ini, kontrol diri dan disiplin seseorang benar-benar diuji, tak hanya ketika berpuasa di siang hari, melainkan juga selepas berbuka.

Berikut lima langkah menjaga tubuh tetap bugar selama Ramadhan, mengutip laman Good Housekeeping, Senin, 12 April 2021: 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

1. Perhatikan Asupan makanan Saat Saur dan Berbuka

Penting untuk memerhatikan asupan makanan Anda ketika sahur dan berbuka. Apalagi bila Anda berencana untuk tetap berolahraga selama bulan puasa.

Pastikan untuk minum cukup air dan makan buah untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi makanan yang akan membuat tubuh tetap berenergi sepanjang hari. 

 

3 dari 6 halaman

2. Istirahat Cukup

Tidak makan dan minum dalam waktu yang panjang akan mengurangi energi Anda, terlebih juga bila dibarengi dengan berolahraga.

Untuk itu usahakan mendapat waktu yang cukup untuk beristirahat, terutama sebelum berolahraga.

 

4 dari 6 halaman

3. Periksakan Diri

Sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga tertentu selama Ramadan, sebaiknya kunjungi dokter.

Bicarakan dengan dokter mengenai pilihan olahraga yang akan dilakukan selama Ramahdan dan apakah jenis olahraga itu aman untuk Anda.

 

5 dari 6 halaman

4. Hindari Makanan Berlemak dan Tak Sehat

Makan sahur sama pentingnya dengan makan ketika berbuka. Karenanya hindari makanan berlemak dan tak sehat.

Sebaliknya, fokuslah pada makanan yang membantu mengganti energi yang hilang saat berpuasa di siang hari. Juga pastikan meminum banyak air.

 

6 dari 6 halaman

5. Rencanakan Olahraga Rutin

Sebagai awal, jaga durasi olahraga Anda tetap pendek dan lakukan secara rutin. Anda juga bisa memilih fokus melatih bagian tubuh tertentu saja.

Tingkatkan durasi olahraga secara bertahap setelah Anda nyaman melakukannya. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah sebelum berbuka untuk menghindari dehidrasi.

 

Syauyiid Alamsyah   (Magang) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.