Sukses

Quraish Shihab: Salah Satu Fitrah Manusia Adalah Mengenal Tuhan

Quraish Shihab juga menyebut, fitrah manusia adalah menghentikan sejenak segala kesibukan dengan membiarkan hati serta pikiran menjauh dari hiruk pikuk dan menuju kesuatu alam.

Liputan6.com, Jakarta Fitrah menurut Quraish Shihab diartikan sebagai asal kejadian. Merupakan fitrah manusia berjalan dengan kakinya, berfikir dengan akalnya dan melihat dengan matanya.

Lebih lanjut Pendiri Pusat Studi Alquran ini menjelaskan, bahwa salah satu fitrah manusia adalah fitrah keagamaan, yakni fitrah mengenal Tuhan.

"Ada yang menamainya, Tuhan, Yang, Penyebab segala Sebab. Tapi keseluruhannya menunjuk kepada Dia yang maha agung, pencipta alam raya, sekaligus kemaslahatan manusia terkait denganNya, yakni ketika seseorang taat dan patuh kepada-Nya," jelas Quraish Shihab.

Lantas, apa yang menjadi fitrah manusia? 

"Menurut para pakar, fitrah manusia adalah menghentikan sejenak segala kesibukan dengan membiarkan hati serta pikiran menjauh dari hiruk pikuk dan menuju kesuatu alam. Maka di sanalah akan ditemukan Tuhan," ungkap Quraish Shihab.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.