Sukses

Sujud hingga Selfie, Ekspresi Jemaah Haji Saat Tiba di Tanah Suci

Sujud sebagai ungkapan syukur telah tiba di Tanah Suci dengan selamat kerap dilakukan jemaah haji.

Liputan6.com, Jeddah - Jarum jam menunjukkan pukul 18.00 waktu Arab Saudi (WAS). Seorang perempuan berbaju ihram putih terusan dilengkapi slayer biru tiba-tiba bersujud ke tanah.

Sekitar semenit lamanya dia menundukkan kepala beradu dengan lantai di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Sangat khusyu, doa panjang tampaknya terpanjatkan.

Rianti Simbolon nama perempuan tersebut. Calon haji asal Embarkasi Medan, Sumatera Utara. "Saya sujud untuk bersyukur dan berdoa, semoga semuanya berjalan lancar di sini," ujar dia.

Tak sendiri, dia ke Tanah Suci menemani ibunda. Yang tampak duduk di kursi roda, juga telah berihram berbalut batik seragam jemaah haji Indonesia.

Sujud sebagai ungkapan syukur telah tiba di Tanah Suci dengan selamat kerap dilakukan jemaah haji. Perjalanan panjang maupun kondisi cuaca Arab Saudi menjadi tantangan saat pelaksanaan ibadah haji. 

"Semoga ibadah saya lancar. Cocok dengan makananya, cuacanya saya berdoa itu," ungkap dia dengan wajah semringah.

 

Berfoto, juga menjadi pemandangan lazim yang dilakukan jemaah haji saat tiba di bandara.

Selain sebagai kenangan, foto menjadi bukti kedatangan yang akan disampaikan kepada keluarga di Tanah Air.

Seperti diungkapkan Ros Neni Arase, jemaah haji dari Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT). "Kami ingin mengabari keluarga," ujar perempuan yang berangkat dengan keluarga besarnya.

Dia harus menunggu 7 tahun untuk bisa ke Tanah Suci. Tentu, kedatangan ke Tanah Suci menjadi momen yang tak terlupakan dan patut diabadikan.

Petugas Haji PPIH 2019, Winda Satria mengaku melihat beragam ekspresi dari para jemaah haji ketika tiba.

"Selain sujud, adapula yang berzikir, nelpon keluarga atau ada juga yang langsung melaksanakan salat. Datang ambil wudhu dan langsung salat," ungkap dia.

Ekspresi tersebut dianggap sebagai bentuk kegembiraan dan rasa syukur bisa berkesempatan ke Tanah Suci untuk beribadah haji.

Tonton Video Ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.