Sukses

Dinkes Depok Siapkan Posko Kesehatan Mudik Lebaran

Posko kesehatan tersebut akan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB.

Liputan6.com, Depok - Dinas Kesehatan Kota Depok bakal membangun posko kesehatan di Terminal Depok menyambut arus mudik Lebaran. Nantinya, di posko tersebut penumpang dan sopir akan diperiksa kesehatannya.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan (Yandasru) Dinkes Kota Depok Zakiah mengatakan Selama H-7 dan H+7 lebaran di posko tersebut disediakan tenaga medis untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada setiap pemudik dan sopir yang mudik.

"Pemeriksaan yang dilakukan seperti cek hipertensi dan gula darah. Sedangkan, untuk pengobatannya tergantung penyakit yang diderita pemudik," kata Zakiah di Depok, Kamis, (16/6/2016).

Rencananya, lanjut Zakia, posko kesehatan tersebut akan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Namun apabila posko tutup, pemudik tetap bisa berobat ke puskesmas yang memberikan pelayanan 24 jam.

"Di posko kami sediakan satu dokter, dua perawat, satu sopir beserta mobil ambulans," kata dia.

Selain itu, untuk mengantisipasi kecelakaan akibat perilaku sopir yang menggunakan obat-obatan terlarang. Pada H-7, pihaknya akan tes urine khususnya kepada sopir angkutan umum.

"Kita koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional dan Satuan Narkoba Kepolisian Resor Depok, untuk cek urine agar tidak ada sopir yang menggunakan narkoba," tutup Zakiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini