Sukses

Diserbu Wisatawan, Jalur Puncak Macet 15 Km

Arus lalu lintas didominasi kendaraan roda 4 berpelat B.

Liputan6.com, Bogor - Memasuki hari ketiga Lebaran, arus lalu lintas di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, kembali padat. Antrean kendaraan mengular hingga 15 kilometer mendekati Gerbang Tol (GT) Sentul Selatan.

Pantauan Liputan6.com di Pos Polisi Gadog, arus lalu lintas didominasi kendaraan roda 4 berpelat B. Kendaraan ini mulai memadati jalur Puncak, Minggu (19/7/2015) pagi.

Kemacetan juga terjadi di beberapa titik d Jalur Puncak, yakni di Tanjakan Selarong, Megamendung, Taman Wisata Matahari, Pasar Cisarua, Taman Safari Indonesia hingga kawasan Riung Gunung.

Sebelumnya, petugas sudah memberlakukan rekayasa buka tutup jalur. Hingga pada pukul 11.00 WIB, petugas memberlakukan rekayasa jalur dengan membuka satu jalur dari arah Jakarta menuju Puncak. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan di jalur tersebut.

Kapolres Bogor, AKBP Suyudi Ario Seto, memperkirakan jumlah kendaraan yang menuju jalur Puncak sekitar 36 ribu unit. "Memang cukup padat dan merayap pada H+2 ini. Untuk itu kita lakukan upaya one way," jelasnya di Pos Polisi Gadog.

Peningkatan volume kendaraan ini diakibatkan oleh banyaknya para warga yang mengisi hari libur bersama keluarga di tempat wisata di kawasan Puncak. Dia memperkirakan jumlah kendaraan dari arah Cianjur menuju Jakarta, berjumlah 28 ribu kendaraan.

"Untuk arus balik belum terlalu tinggi, karena untuk sekarang di kawasan ini masih digunakan warga untuk berwisata. Diperkirakan peningkatan arus kendaraan akan terjadi hingga H+7," ungkap Ario.

Kini, arus kendaraan di Kawasan Puncak masih padat dan petugas masih memberlakukan 1 arah menuju Puncak. Petugas akan kembali memberlakukan rekayasa jalur sekira pukul 15.00 WIB untuk membuka 1 jalur dari arah Puncak menuju Jakarta. (Bob/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.