Sukses

Kisah Toppi Amma, Wanita Keterbelakangan Mental yang Dijadikan Dewa

Hanya di India, ODGJ dijadikan orang religius.

Liputan6.com, Jakarta Topi Amma atau wanita yang kerap disapa “Ibu Bertopi”  tengah jadi sorotan di India. Wanita misterius di Tiruvannamalai, sebuah kota ziarah Hindu di Tamil Nadu, adalah sosok kontroversial yang telah memecah belah masyarakat India. Pasalnya, ia merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). 

Di tengah banyaknya orang mistikus dan inkarnasi dewa-dewa Hindu yang dihormati di India, Topi Amma tetap menjadi figur yang luar biasa. Topi Amma sering disebut sebagai 'siddha', makhluk tercerahkan yang telah mencapai kesempurnaan. Namun, bagi mereka yang memandang dunia dengan lebih sekuler, ia hanyalah seorang wanita dengan keterbelakangan mental yang membutuhkan bantuan medis. 

Bagi orang-orang yang percaya, Topi Amma adalah mistikus yang berjalan di jalan-jalan Tiruvannamalai dan berbicara dalam dialek Tamil kuno yang tidak dimengerti oleh siapa pun. Sebaliknya, bagi masyarakat lain menganggap dia hanyalah seorang wanita tunawisma yang berkeliaran tanpa tujuan dan bergumam omong kosong. 

Perbedaan ini hanyalah masalah persepsi, namun faktanya dengan keterbelakangan mentalnya, Topi Amma tak paham persis bahwa ia menjadi sosok religius dan dipuja banyak orang di sekitarnya.  Berikut Liputan6.com mengulas sosoknya yang unik melansir dari Oddity Central, Selasa (14/5/2024). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bicara Ngelantur Jadi Keistimewaan

Kehidupan Topi Amma sebelum menjadi simbol Tiruvannamalai masih menjadi misteri. Ketidakmampuannya untuk menyusun beberapa frasa yang koheren meninggalkan banyak ruang untuk cerita yang dibuat-buat, yang mungkin semakin menambah daya tariknya.

Internet penuh dengan video singkat yang menunjukkan orang-orang berinteraksi dengan Topi Amma di Tiruvannamalai. Mereka mengikuti saat ia berjalan tanpa tujuan melintasi kota atau mengambil cangkir kopinya yang dibuang untuk memakan sisa makanan sebagai 'prasad' (persembahan yang diberkati). 

Pemandangan ini aneh mengingat wanita lanjut usia tersebut tampak seperti seorang tunawisma dengan pakaian kotor, kemungkinan besar tidak pernah mandi, dan selalu tampak linglung.

“Seorang wanita dengan keterbelakangan mental dipuja sebagai 'Thoppi Amma' di Tiruvannamalai,” tulis seseorang yang membagikan video mistik kontroversial tersebut di X (Twitter).

3 dari 3 halaman

Jadi Perdebatan Netizen

Bagi setiap orang yang mengatakan bahwa dia menderita kondisi kejiwaan dan membutuhkan pertolongan, ada banyak orang yang memujanya dan menafsirkan setiap tindakannya yang tidak masuk akal sebagai sesuatu yang ilahi dan penuh tujuan.

“Dalam video ini, kita menyelami kehidupan dan ajaran Thoppi Amma, menyoroti kebijaksanaan spiritualnya yang mendalam dan dampak transformatif yang dia berikan pada mereka yang cukup beruntung untuk bertemu dengannya,” tulis seseorang menggambarkan klip Topi Amma yang sedang makan makanan dan tidak memberikan ajaran apa pun.

Ironisnya, karena keterbelakangan mentalnya, Topi Amma kebanyakan mengabaikan pemujanya dan sepertinya tidak mengerti bahwa dia sedang dipuja sebagai makhluk sempurna dengan kekuatan mistik. Dia hanya menjalani harinya, diikuti oleh puluhan orang hampir ke mana pun dia pergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.