Sukses

10 Artis Korea Ini Dibebaskan dari Wajib Militer, Terbaru S.Coups Seventeen

S.Coups Seventeen dibebaskan dari wajib militer karena alami cedera ACL di lutut kiri.

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang mungkin sudah tahu mengenai wajib militer atau wamil. Kegiatan wamil sendiri diterapkan oleh beberapa negara, salah satunya ialah Korea Selatan.

Korea Selatan telah mulai menerapkan wajib militer sejak 1957. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh laki-laki warga negara Korea Selatan yang berusia 18-35 tahun. Kegiatan wamil sendiri biasanya dilaksanakan dalam kurun waktu sekitar 1,5 tahun hingga 2 tahun.

Setiap orang nantinya akan tergabung dalam pelatihan militer serta angkatan militer. Namun, untuk mengikuti wamil, setiap individu juga diharuskan menjalani berbagai prosedur pendaftaran. Salah satunya ialah pengecekan kesehatan.

Pasalnya, Korea Selatan juga menerapkan beberapa klasifikasi atau kelas usai menjalani pengecekan kesehatan. Dalam klasifikasinya, jika seseorang berada di kelas tertentu maka akan dibebaskan dari wajib militer. Meski begitu, jika adanya perang maka mereka tetap harus melakukan pekerjaan yang membantu kegiatan militer.

Beberapa artis Korea Selatan ini pun diketahui dibebaskan dari wamil karena berbagai alasan. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa artis Korea Selatan yang dibebaskan dari wajib militer, Jumat (1/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Kim Woo Bin

Aktor sekaligus model, Kim Woo Bin diketahui dibebaskan dari wajib militer. Hal ini dikarenakan kekasih Shin Min Ah pernah mengidap kanker nasofaring. Bahkan, Woo Bin juga sempat vakum dari dunia hiburan Korea Selatan karena menjalani kemoterapi. Woo Bin juga sempat menjalani pemeriksaan fisik serta kesehatan saat mendaftar wajib militer. Namun, hasil pemeriksaan mengungkapkan jika Kim woo Bin dibebaskan dari wajib militer karena alasan kesehatan.

3 dari 11 halaman

2. Eun Ji Won 'Sechskies'

Berasal dari keluarga terpandang hingga memiliki IQ mencapai 160, leader dari grup generasi pertama 'Sechskies' Eun Ji Won dibebaskan dari wajib militer. Ji Won sebelumnya diketahui pindah ke Hawaii saat lulus SD dan melanjutkan pendidikan di Hawaii hingga kuliah.

Namun rupanya, sekolah Eun Ji Won tak terdaftar dalam sekolah yang diakui oleh pemerintah Korea Selatan. Hal ini pun membuat Eun Ji Won dibebaskan dari wamil karena tercatat sebagai lulusan sekolah dasar.

4 dari 11 halaman

3. Simon Dominic

Rapper Simon Dominic dikenal sebagai salah satu penyanyi hip hop ternama di Korea Selatan. Dirinya juga dibebaskan dari wamil karena alasan kesehatan. Pasalnya, penyanyi yang berada di bawah agensi AOMG ini mengalami kerusakan pada retina mata kirinya. Hal ini membuat Simon Dominic tak dapat melihat jelas hingga dibebaskan dari wajib militer. Dirinya juga mengungkapkan hal ini dalam lagunya berjudul 'Not the Same Person You Used to Know'.

5 dari 11 halaman

4. Jo Jung Suk

Aktor Hospital Playlist, Jo Jung Suk juga dibebaskan dari wajib militer. Bukan karena alasan kesehatan, namun suami dari penyany Gummy ini dibebaskan dari wamil karena permasalahan ekonomi keluarga. Saat ayah Jung Suk meninggal dunia pada tahun 2000 dirinya pun harus menggantikan peran kepala keluarga. Ia juga diketahui memilih keluar dari sekolah demi mencari nafkah untuk keluarga serta mengurus sang ibu. Karena hal ini pula Jo Jung Suk diperbolehkan untuk tak mengikuti wajib militer.

6 dari 11 halaman

5. Jeong Jun Ha

Aktor, presenter sekaligus komedian, Jeong Jun Ha dibebaskan dari wajib militer oleh pemerintah Korea Selatan. Dirinya diketahui merupakan laki-laki satu-satunya dalam empat generasi di keluarganya. Karena keadaannya Jun Ha pun dibebaskan dari wamil karena takut terjadi hal yang tak diinginkan sehingga tak bisa melanjutkan keturunan di keluarga besarnya.

7 dari 11 halaman

6. Park Hae Jin

Aktor Park Hae Jin yang bermain dalam drama 'My Love From The Star' diketahui dibebaskan dari wamil pada 2004 lalu. Sang pengacara pada 2010 mengungkapkan jika Hae Jin menerima pembebasan wajib militer dari pemerintah karena tengah melawan depresi serta fobia sosialnya.

8 dari 11 halaman

7. Yoo Ah In

Aktor Yoo Ah In sebelumnya diketahui dibebaskan dari wajib militer karena didagnosis mengidap tumor tulang pada 2015. Tak hanya itu saja, ia juga mengalami cedera otot bahu saat syuting 'Tough As Iron' dan 'Venetian'. Dirinya pun dikualifikasikan sebagai tidak layak bertugas sebagai tentar aaktif. Namun, kini dirinya harus berurusan dengan pihak berwajib karena kasus penyalahgunaan narkoba.

9 dari 11 halaman

8. Seo In Guk

Aktor Seo In Guk sebelumnya sempat menjalani pelatihan dasar wajib militer pada 2017. Namun, baru beberapa hari dirinya dibebaskan dari wamil karena cedera pada pergelangan kakinya yang cukup parah. Sebelumnya, ia juga sempat menunda wamil sejak 2015 lalu.

10 dari 11 halaman

9. Jang Dong Gun

Aktor ternama Jang Dong Gun yang mengidap Pneumotoraks saat SMA membuatnya harus menjalani operasi besar di rumah sakit. Karena kondisi kesehatannya, Dong Gun pun dibebaskan dari wajib militer. Bahkan, dirinya juga diketahui tak bisa menyelesaikan pendidikannya.

11 dari 11 halaman

10. S.Coups Seventeen

Leader dari grup Seventeen, S.Coups atau Choi Seungchol dibebaskan dari wajib militer. Dalam laporan dari terbarunya, S.Coups Seventeen dibebaskan dari wajib militer karena memiliki riwayat cedera lutut kiri yang cukup parah yakni cedera ACL atau Anterior Cruciate Ligament pada Agustus 2023 lalu. Dirinya juga harus menjalani operasi rekonstruksi ligamen anterior dan operasi rekonstruksi ligamen anterolateral. S.coups juga menjalani masa hiatus dari aktivitas grupnya karena menjalani rehabilitasi pasca operasi.

Dilansir Liputan6.com dari Soompi, Jumat (1/3/2024), Pledis Entertainment selaku agensi S.Coups memberikan pernyataan jika sang artis diklasifikasikan sebagai kelas 5 usai menjalani pemeriksaan kesehatan untuk wajib militer. Berdasarkan sistem Korea Selatan, seseorang yang berada di kelas 5 akan dibebaskan dari wajib militer saat masa damai. Namun, jika terjadi perang, mereka diharuskan membantu kegiatan militer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.