Sukses

Kisah Haru Bocah Ikut Kakek Jualan Keliling, Rela Belajar di Dalam Gerobak Roti

Seorang bocah rela belajar di dalam gerobak roti saat ikut menemani kakeknya jualan keliling.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang punya kemauan untuk belajar. Rasa malas cenderung menerpa, apalagi saat sedang asyik melakukan hal lain. Namun, tidak untuk bocah laki-laki yang ada dalam video viral yang diunggah oleh laman TikTok @rhmmdnbl. Ia tetap rajin belajar meski sedang menemani sang kakek jualan.

Video yang berdurasi 28 detik itu menampilkan seorang bocah laki-laki yang masih duduk di Sekolah Dasar sedang menulis di sebuah buku. Diduga, bocah tersebut sedang belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah (PR) dari guru di sekolahnya.

Harunya, bocah tersebut belajar di dalam gerobak jualan sang kakek. Dalam video, terlihat sang kakek yang berjualan roti keliling. Ia menggunakan gerobak saat menjajakan rotinya. Gerobak hijau dengan roda tiga itu dikemudikan sang kakek dengan cara dikayuh, mirip seperti becak.

Meski sedang menemani sang kakek berjualan, bocah itu tiada henti, terus belajar selama perjalanan. Pemandangan itu pun bikin warganet ikut terharu. Berikut ulasan lengkapnya yang dihimpun Liputan6.com dari laman TikTok @rhmmdnbl pada Rabu (08/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap belajar di dalam gerobak roti

Mengikuti sang kakek yang berjualan roti keliling, bocah laki-laki yang memakai peci itu tampak sibuk menulis di buku tulisnya. Bocah itu terus belajar sepanjang perjalanan. Bahkan, ketika sang kakek berhenti si sebuah bengkel, anak itu tetap tekun menulis tanpa tengok kanan-kiri.

Seakan tak mau membuang waktu, bocah itu memilih untuk tetap membawa perlengkapan alat tulis sambil ikut kakeknya jualan. Ia juga memilih belajar di dalam gerobak roti karena hanya itu satu-satunya tempat yang bisa menjadi perlindungannya saat mengerjakan tugas sekolah.

Gerobak roti sang kakek juga sudah terlihat tua. Ia memarkirkan gerobak itu di pinggir jalan, ketika sedang meminjam pompa ban untuk mengisi angin roda gerobaknya. Pakaian kakek itu juga sangat sederhana, ia memakai caping untuk menghalau panas sinar matahari.

Bocah yang tak terganggu dengan orang sekitar atau merasa malu jadi tontonan itu membuat warganet memujinya. Banyak yang merasa kagum dengan perbuatan terpuji bocah tersebut.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video yang telah ditonton lebih dari 2 juta kali itu pun menuai beragam reaksi warganet. Momen haru itu membuat banyak orang memberi dukungan pada bocah laki-laki tersebut. Ada pula yang menceritakan pengalaman serupa yang pernah dialami saat dulu masih kecil.

"Gue pas kecil dibawa ortu jualan sampe malem, terus tiap malemnya gue tidur di bawah roda yg buat simpen2 barang," tulis warganet menceritakan pengalamannya yang serupa.

"Hebat bangettt belajar dengan giat adeknyaa," puji warganet.

"Liat kaya gini ajah nangis," tulis warganet terharu.

"Banyak Rejeki buat bpknya dan adiknya sehat selalu," tulis warganet mendoakan.

4 dari 4 halaman

Tonton video viralnya berikut ini:

@rhmmdnbl

apa yg anda keluhkan lagi? #fypã‚·

♬ original sound - Mark - Mark

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.