Sukses

17 Manfaat Daun Sirih Cina yang Jarang Diketahui, Obati Asam Urat dan Jerawat

Ada berbagai manfaat daun sirih cina yang jarang diketahui orang, mulai dari mengobati asam urat, menghilangkan sakit kepala, hingga mengobati jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun sirih cina sudah tak diragukan lagi. Daun ini banyak digunakan sebagai obat herbal tradisional. Daun sirih cina ini tergolong sebagai rumput liar yang banyak tumbuh di tanah, celah batu, dan sekitar hutan.

Daun sirih cina sendiri meiliki karakteristik unik pada daunnya yang hijau berkilauan, berukuran kecil, dan daunnya berbentuk hati. Meski termasuk golongan rumput liar, manfaat daun sirih cina nyatanya sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Ada berbagai manfaat daun sirih cina yang jarang diketahui orang, mulai dari mengobati asam urat, menghilangkan sakit kepala, hingga mengobati jerawat. Untuk mendapatkan manfaatnya, sirih cina bisa diolah menjadi berbagai sajian.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat daun sirih cina yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun sirih cina yang pertama adalah dapat mengobati asam urat. Dalam penelitian, daun sirih cina mengandung  zat yang dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk menurunkan kadar asam urat. Cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan merebusnya. Caranya siapkan kira-kira segenggam tangan orang dewasa dengan direbus air sebanyak dua gelas air. Rebus selama 15-20 menit, setelah dingin anda bisa meminumnya.

2. Mencerahkan Wajah Kusam

Kulit kusam tak jarang menurunkan kepercayaan diri anda. Karena wajah terlihat gelap, kering, dan kasar. Daun sirih cina bisa anda manfaatkan untuk mencerahkan wajah kusam. Anda bisa rebus daun sirih, lalu diamkan hingga dingin.

Caranya:

  1. Anda bisa merebus daun sirih tersebut kemudian didiamkan hingga dingin.
  2. Basuh wajah anda dengan air rebusan itu selama dua kali dalam seminggu agar hasil yang didapatkan maksimal.

3. Mencegah Munculnya Komedo

Munculnya komedo di wajah sangat mengganggu penampilan. Komedo biasanya muncul di beberapa area wajah mulai dari hidung, pipi, dahi, dan juga dagu. Komedo biasanya berwarna putih, tapi ada juga yang berwarna hitam karena sudah teroksidasi oleh debu dan polusi. Selain melakukan perawatan di klinik, kamu juga bisa mencegah munculnya komedo di wajah.

Caranya:

  1. Rebus daun sirih Cina.
  2. Kemudian basuhkan ke wajah setelah air dingin tersebut.
  3. Dengan begitu, komedo akan melunak dan mudah dibersihkan.

4. Mengecilkan Pori-pori

Manfaat daun sirih cina untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengecilkan pori-pori. Setiap orang memiliki pori-pori yang bermanfaat untuk kulit. Pori-pori dapat mengeluarkan kelenjar minyak yang membuat kulit tetap terjaga kelembaban kulitnya.

Namun, ada efek buruk bila kamu memiliki pori-pori besar, yakni bisa menjadi tempat sel kulit mati dan kotoran menumpuk. Hal itu membuat kelenjar minyak tersumbat dan menyebabkan jerawat. Kandungan senyawa antiseptik di dalamnya mampu membantu mengecilkan pori-pori.

Caranya:

  1. Rebus lima lembar daun sirih Cina.
  2. Kemudian anda cuci wajah menggunakan air tersebut.
  3. Anda bisa melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.
3 dari 5 halaman

5. Mengobati Jerawat

Manfaat daun sirih cina untuk wajah yang selanjutnya adalah dapat mengatasi jerawat. Sebab, daun tersebut memiliki efek farmakologi sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Caranya:

  1. Ambil tiga sampai lima lembar daun sirih Cina.
  2. Kemudian, ditumbuk hingga halus.
  3. Oleskan ke wajah yang terdapat jerawat.
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bilas sampai bersih.
  6. Gunakan secara rutin agar hasilnya maksimal.

6. Menghaluskan Kulit

Daun sirih cina juga dapat membantu menghaluskan kulit. Kandungan di dalamnya dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Caranya:

  1. Haluskan lima lembar daun sirih cina kemudian oleskan ke wajah secara merata.
  2. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

7. Memudarkan Flek Hitam

Munculnya flek hitam di wajah disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari paparan sinar matahari, gen, salah menggunakan produk skincare, dan lainnya. Flek hitam memang tidak menimbulkan rasa sakit, namun sangat mengganggu penampilan. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan daun sirih cina.

Caranya:

  1. Halus lima lembar daun sirih cina kemudian tambahkan dengan jeruk nipis.
  2. Oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

8. Meredakan Batuk dan Pilek

Manfaat daun sirih cina yang berikutnya yakni dapat meredakan batuk dan pilek. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa merendam sirih dalam minyak. Lalu hangatkan dengan api kecil dan oleskan pada dada. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi air rebusan sirih dengan madu untuk mengatasi batuk berdahak.

4 dari 5 halaman

9. Antiinflamasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun sirih Cina memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan. Hal tersebut dapat mengurangi risiko perkembangan penyakit inflamasi seperti arthritis, radang usus, dan kondisi peradangan lainnya. Dengan mengonsumsi sirih Cina secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko peradangan.

10. Antioksidan

Daun sirih Cina mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini, dan berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Dengan mengonsumsi sirih Cina, Anda dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

11. Mengatasi Sistem Pencernaan

Beberapa orang menggunakan daun sirih Cina untuk membantu meredakan masalah pencernaan seperti kembung dan gangguan pencernaan ringan. Selain itu, ekstrak daun sirih Cina telah terbukti dapat mencegah kerusakan pada mukosa lambung, lapisan selaput lendir yang menampung kelenjar dan lubang gastrointestinal. 

12. Menjaga Kesehatan Mulut

Berkumur dengan air rebusan daun sirih Cina dapat membantu mengatasi masalah seperti bau mulut, gusi berdarah, dan infeksi mulut. Hal ini karena daun sirih cina memiliki kandungan antibakteri dan antijamur. Kandungan senyawa aktif dalam sirih Cina juga dapat membantu mengurangi pembentukan plak gigi dan mengurangi risiko penyakit gusi seperti periodontitis. 

5 dari 5 halaman

13. Antibakteri dan Antijamur

Daun sirih cina mengandung senyawa seperti eugenol dan chavicol sehingga dapat digunakan sebagai  obat kumur, dapat membantu melawan infeksi mulut, sariawan, dan masalah kesehatan gigi lainnya. Selain itu, sirih Cina juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit, seperti kurap dan ruam.

14. Menurunkan Demam

Manfaat daun sirih cina yang lainnya adalah dapat menurunkan demam. Salah satu penelitian menyatakan adanya efek antipiretik dari kombinasi ekstrak daun sirih cina dengan green chiretta yang mirip dengan parasetamol. 

15. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat daun sirih cina berikutnya adalah dapat mengatasi sakit kepala. Tanaman ini diketahui memiliki efek analgesik yang bisa meredakan nyeri-nyeri pada tubuh, termasuk sakit kepala. Anda dapat menggunakan sebagai rebusan dan dikonsumsi saat masih hangat.

16. Menurunkan Kolesterol

Daun sirih cina memiliki senyawa aktif yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan, dan meningkatkan pemecahan kolesterol di dalam tubuh. Dengan mengontrol kadar kolesterol, sirih Cina dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

17. Mengatasi Gejala Menopause

Manfaat daun sirih cina yang berikutnya yakni dapat mengatasi gejala menopause. Hal ini karena daun sirih Cina mengandung senyawa aktif yang bisa membantu mengatur hormon, dan meredakan gejala seperti hot flash, berkeringat berlebihan, dan gangguan tidur yang sering terjadi selama masa transisi menopause.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.