Sukses

Arti Kudeta dalam Persoalan Politik, Ketahui Faktor dan Dampaknya di Masyarakat

Arti kudeta dalam dunia politik menjadi suatu permasalahan internal dalam negara yang menyangkut pergantian kekuasan negara.

Liputan6.com, Jakarta Arti kudeta dalam dunia politik menjadi suatu permasalahan internal dalam negara yang menyangkut pergantian kekuasan yang sering terjadi di berbagai negara. Dimana tindakan penggulingan kekuasaan terhadap seseorang yang berwenang dengan cara ilegal bahkan bersifat brutal, penggambil-alihan kekuasaan, penggulingan kekuasaan.

Arti kudeta sebagai kunci bagi seorang perwira militer untuk mengambil alih kekuasaan negara, peristiwa itu disebut kudeta militer. Mereka juga menyerang pemerintahan negara melalui tindakan strategis, taktis, politis, legitimasi pemerintahan. Kemudian bermaksud untuk menerima penyerahan kekuasaan dari pemerintahan yang digulingkan.

Arti kudeta juga sebagai bentuk dari intervensi militer dalam persoalan politik. Militer memiliki peran yang dominan dalam kehidupan politik di sebuah negara. Posisi militer nasional dalam suatu negara mempunyai peran yang sangat penting sebagai pelindung negara dari berbagai macam ancaman terutama ancaman militer dan pertahanan suatu negara. Kudeta di dalam internal negara sering terjadi dibeberapa wilayah seperti Myanmar, Turki, Thailand, Mesir, Sudan dan negara lainnya.

Berikut ini adalah faktor keberhasilan keduta mileter pemerintah negara yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/8/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Faktor keberhasilan kudeta militer

Arti kudeta sering disebut juga dengan peristiwa kudeta militer. Dimana kudeta militel menjadi bukti kemunduran bagi perkembangan demokrasi di suatu negara. Kudeta militer ini digunakan ketika muncul ketidakpercayaan lagi terhadap pemerintah yang sedang berkuasa dan berlaku tidak taat.

Arti kudeta sebuah kunci bagi seorang perwira militer untuk dapat mengambil alih kekuasaan negara yang kemudian peristiwa kudeta itu disebut kudeta militer. Faktor melakukan kudeta, karena situasinya ataupun keadaan di negara tersebut semakin memburuk dari segi ekonomi dan politik, misalnya korupsi oleh pejabat negara, pemberontakan, kenaikan tingkat inflasi, dan meningkatnya jumlah pengangguran yang mengakibatkan situasi negara menjadi tidak terkendali.

Arti kudeta sebagai perbuatan pidana.Tindakan pembalikan kekuasaan terhadap seseorang yang berwenang dengan cara ilegal. Namun perbuatan pidana itu akan lenyap apabila kudeta sukses. Hal itu terjadi karena kita sebagai warga negara terlebih dahulu dapat melakukan konsolidasi dalam membangun adanya legitimasi sebagai persetujuan dari rakyat serta telah mendapat dukungan atau partisipasi dari pihak non-militer dan militer atau tentara.

3 dari 6 halaman

Upaya dalam menyelesaikan konflik kudeta

Arti kudeta suatu tindakan pemberontakan kepada pemerintahan yang sah dengan cara yang ilegal. Indonesia memiliki peran penting dalam mengkoordinasikan negara lainnya untuk menyelasikan konflik tersebut.

Indonesia mekukan banyak cara untuk meminimalisir dampak dari konflik seperti kekerasan dihentikan untuk mengurangi dan menghilangkan dampak yang terjadi, melakukan dialog konstruktif antar berbagai pihak yang terkait.

Kemudian penengah akan memfasilitasi proses mediasi, memberikan bantuan kemanusiaan melalui pusat manajemen kemanusiaan dan bencana, dan mengirimkan utusan khusus dan delegasi untuk bertemu dengan semua pihak yang berkonflik.

4 dari 6 halaman

Jenis Kudeta

1. Kudeta sempalan

Kudeta sempalan adalah sekelompok orang bersenjata. Kudeta ini dilakukan terdiri atas militer atau tentara karena ketidakpuasan mereka dengan kebijakan pemerintahan tradisional saat itu. Lalu mereka melakukan gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintah tradisional, lalu menciptakan elit birokrasi baru.

2. Kudeta wali

Kudeta wali adalah sekelompok yang dilakukan oleh pengkudeta untuk mengumumkan diri sebagai perwalian dalam rangka meningkatkan ketertiban umum, efisiensi, dan mengakhiri korupsi, para pemimpin kudeta. Tindakan kudeta wali ini bersifat sementara dan akan menyesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian kudeta wali sering dilakukan dengan cara mengubah bentuk pemerintahan sipil menjadi bentuk pemerintahan militer.

3. Kudeta veto

Kudeta veto dilakukan melalui partisipasi dan mobilisasi sosial dari sekelompok masyarakat negara dalam melakukan penekanan berskala besar yang berbasis luas pada oposisi sipil.

5 dari 6 halaman

Dampak kudeta

1. Dampak terhadap ekonomi dan sosial

Dampak kudeta terhadap pertumbuhan ekonomi ditandai oleh situasi ekonomi yang semakin memburuk seperti tingginya angka inflasi, turunnya nilai mata uang secara dramatis, dan tingkat pengangguran tinggi.

Dampak kudeta terhadap penurunan ekonomi dibidang investasi suatu negara. Banyak investor dari negara lain memilih untuk mundur agar tidak ikut terbawa oleh permasalahan negara yang sedang terjadi konflik. Maka hal tersebut akan berdampak pada kestabilan dan kemananan dalam mencapai tujuan negara dibidang ekonomi dan sosial di masyarakat.

2. Dampak terhadap politik

Dampak kudeta dalam bidang politik dan keamanan seperti situasi politik cenderung ditandai dengan terjadinya konflik horizontal yang tidak bisa diselesaikan oleh politisi sipil secara komprehensif.

Bahkan muncul isu separatisme oleh kelompok masyarakat sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap kinerja atau kebijakan mereka. Dampak tersebut dihasilkan oleh kudeta bagi suatu negara. Kudeta tersebut bersifat negatif dan lebih terhadap gangguan keamanan.

 

6 dari 6 halaman

3. Dampak terhadap sosial dan politik

Dampak terhadap pertumbuhan sosial politik, setiap negara memiliki karakter masing masing secara politik sosial dan ekonomi yang berbeda. Dimana peranannya dalam negara berkembang selalu mempengaruhi pemerintahan yang sedang berkuasa.

Apabila pemerintah yang berkuasa di kudeta. Maka tujuan perubahanan struktur sosial dan politik, serta orang orang yang memegang kepemimpinan tidak tercapai. Banyak kudeta memakai keterlibatan rakyat dalam melakukan kudeta tersebut dan bukan dari segelintir konspirator yang melakukannya.

 

----------------------

Reporter Magang

Dinda Hafid Hafifah

Universitas Teknologi Yogyakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.