Sukses

Mobil Terbang Pertama di Dunia Bisa Digunakan Tahun 2025, Begini Cara Kerjanya

Mobil terbang elektrik pertama di dunia telah disetujui oleh Federal Aviation Administration (FAA) untuk memulai iji coba di Amerika Serikat. FAA mensertifikasi pengujian mobil terbang yang dapat siap pada akhir tahun 2025.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah mobil terbang yang terinspirasi oleh Marty McFly di Back to the Future telah mendapat sertifikasi kelaikan udara khusus dari Federal Aviation Administration (FAA). Hal itu tentu menjadi kabar gembira, di mana teknologi akan membawa manusia selangkah lebih dekat dengan mobil-mobil yang melintas di atas kepala.

Dilansir dari Global News, Startup California Alef Aeronautics telah diberikan sertifikasi pengujian untuk kendaraan terbangnya dari pemerintah AS. Mobil terbang yang dijuluki "Model A" itu menjadi kendaraan listrik pertama yang dapat dikemudikan dengan cara terbang. 

Model A adalah kendaraan terbang pertama yang dapat dikendarai di jalan-jalan kota dan parkir di kios mobil biasa, dan sekarang disetujui untuk uji coba di darat dan di langit. Perusahaan mengatakan inspirasinya untuk Model A datang pada tahun 2015.

Model A mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal, mirip dengan drone, memotong kebutuhan landasan pacu. Perusahaan juga mengatakan, mobil terbang itu akan dapat mengangkut satu hingga dua penumpang.

"Ini adalah satu langkah kecil untuk pesawat, satu langkah besar untuk mobil," kata Jim Dukhovny, CEO Alef, dalam siaran persnya, dilansir Liputan6.com dari Global News pada Kamis (6/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dirancang bisa berjalan di darat dan udara

Sebagai kendaraan terbang, ia akan mampu terbang sekitar 177 kilometer sekaligus dan memiliki kemampuan menempuh jarak sekitar 320 kilometer sekaligus sebagai kendaraan. Meski sudah menerima Sertifikasi Kelaikan Udara Khusus dari FAA, tetapi sertifikat tersebut 'membatasi lokasi dan tujuan yang diizinkan Alef untuk terbang'.

Menurut Business Insider, sertifikat khusus saat ini membatasi di mana mobil akan diizinkan terbang, karena FAA bekerja pada kebijakan khusus untuk kendaraan lepas landas dan pendaratan vertikal listrik. Diketahui, kendaraan tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Menurut Newsweek, hal itu karena harus memenuhi standar keselamatan dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, sebelum diberikan akses mengemudi penuh. Alef mengatakan dalam siaran pers Oktober lalu bahwa pihaknya telah menguji coba dan menerbangkan prototipe ukuran penuh sejak 2019.

"Dirancang untuk berkendara di jalan, lepas landas secara vertikal saat dibutuhkan dan terbang di atas lalu lintas, kami sedang membangun solusi untuk masalah kemacetan modern. Kami memungkinkan perjalanan yang lebih cepat dan lebih mudah, didorong oleh teknologi eksklusif yang mengangkat kendaraan tanpa memerlukan landasan pacu," kata Alef di situs webnya.

3 dari 4 halaman

Cara kerja mobil terbang

Dengan $300.000 atau Rp4,5 miliar, Anda akan menerima kendaraan listrik yang mampu terbang dan berkendara di jalan raya dengan kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal. Tampaknya akan membawa satu atau dua penumpang dan memiliki jangkauan jalan 200 mil dan jangkauan terbang 110 mil, melansir CNN.

Terlepas dari daftar kualitas inovatif Model A yang mengesankan, kecepatannya akan kurang. Model A dianggap sebagai kendaraan berkecepatan rendah dan tidak akan melaju lebih cepat dari 25 mph di permukaan beraspal. Untuk mencapai tujuan lebih cepat, pengemudi harus menggunakan kemampuan terbang kendaraan, menurut Alef, melansir USA Today.

"Mengapa? Hukum fisika. Untuk terbang, Anda membutuhkan tekanan udara di bawah sayap lebih dari tekanan udara di atas sayap. Oleh karena itu, Anda membutuhkan area sayap yang besar."

Untuk terbang, kendaraan dinaikkan secara vertikal melalui delapan bilah berputar yang terletak di bawah bodywork yang dapat ditembus air. Setelah naik beberapa meter di udara, kendaraan berputar ke samping sementara kursi penumpang berputar secara bersamaan sehingga kursi tetap tegak, lapor Newsweek.

4 dari 4 halaman

Sudah mulai buka pre-order

Mobil terbang sekarang tersedia untuk preorder, menurut situs web perusahaan. Harga yang diharapkan dari Model A adalah US$299.999 (Rp4,5 miliar). Untuk mendapatkan kesempatan memesan kendaraan di muka, Anda diharuskan membayar uang muka sebesar $150 (Rp2,25 juta).

Namun, jika Anda ingin masuk dalam daftar prioritas, Anda perlu melakukan pembayaran sebesar $1.500 (Rp22,5 juta). Kendaraan terbang bertenaga listrik 100% itu diharapkan bisa memulai pengiriman pada akhir tahun 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.