Sukses

Cara Membuat Anak Panah dari Bambu, Sederhana dan Mudah

Cara membuat anak panah sederhana bisa kamu terapkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat anak panah sebenarnya tidak terlalu sulit dipraktikkan. Sebagai salah satu unsur utama selain busur panah, anak panah merupakan berfungsi sebagai peluru dalam panahan.

Bagian ujung depan pada anak panah yang disebut mata memiliki tingkat ketajaman cukup tinggi, berguna untuk menembus sasaran. Sedangkan bagian belakang anak panah, terdapat bulu yang berguna sebagai penyeimbang saat anak panah dilesatkan dari busur panah. Anak panah umumnya memiliki diameter sekitar 7-8 cm.

Cara membuat anak panah sederhana bisa kamu terapkan di rumah. Hal ini tentunya dengan mengikuti panduan langkah-langkah yang tepat. Anak panah termasuk senjata tajam, oleh karena itu jika ingin belajar menggunakannya harus dibimbing oleh ahlinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/7/2020) tentang cara membuat anak panah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Anak Panah Sederhana

Kamu bisa mengikuti beberapa cara membuat anak panah sederhana yang tidak begitu sulit diterapkan. Tergantung tujuan dalam membuatnya kamu bisa mengikuti cara membuat anak panah sederhana yang paling mudah menurutmu.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

Kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dan peralatan sebagai cara membuat anak panah, sebagai berikut:

- Batang kayu atau bambu lurus untuk panah, panjang sekitar 80 cm.

- Bahan mata panah: batu, logam, plastik, dan lain-lain (Memiliki sifat keras)

- Bulu penyeimbang (dari kertas, plastik, bulu unggas, kain maupun bahan lainnya)

- Alat pemotong kayu: Kapak, pisau, seperangkat alat pengasah (kecil dan besar) dan amplas.

Cara Membuat Anak Panah:

1. Siapkan batang kayu paling lurus untuk membuat anak panah. Kondisi batang kayu harus kering dan mati. Panjang anak panah yang baik adalah setengah dari panjang busur, atau sepanjang tarikan busur saat ditarik ke belakang. Anak panah tidak dapat berfungsi dengan baik jika panjangnya tidak mencapai panjang busur ketika ditarik ke belakang dengan tarikan yang maksimal.

2. Raut batang kayu di semua bagian hingga halus. Untuk meluruskan batang kayu dapat dilakukan dengan cara dipanaskan diatas bara api (jangan sampai kayu hangus dan terbakar). Tahan atau jepit kayu agar tetap lurus meskipun sudah dingin.

3. Buatlah takik kecil menggunakan alat pahat yang berfungsi sebagai tempat tali busur. Takik ini juga dikenal sebagai nock (pegangan tali busur).

4. Tajamkan ujung kayu. Kamu bisa merautnya dengan ketajaman sesuai yang kamu inginkan. Untuk mengeraskan ujung kayu, kamu bisa memanaskannya di atas bara api. Hal ini berlaku bagi anak panah sederhana yang tidak menggunakan mata panah yang keras.

5. Membuat mata panah. Jika kamu tetap ingin membuat mata panah, maka gunakan bahan-bahan yang keras seperti disebutkan pada alat dan bahan. Gunakan batu kecil atau palu untuk mengikis bahan mata panah hingga runcing.

6. Pasang mata panah ke ujung anak panah. Caranya, buat takik pada kayu kemudian masukkan mata panah buatan kamu ke dalam takik tersebut. Ikat mata panah dalam takik dengan kawat atau tali yang kuat.

7. Buat sayap atau fletching dari bulu unggas, plastik, dll. Bagian ini berguna untuk meningkatkan daya luncur anak panah nantinya. Ikat fletching dengan ujung belakang anak panah menggunakan benang tipis.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Anak Panah Sederhana

Cara membuat anak panah sederhana berikut mirip seperti saat kamu menggunakan peraut pensil. Hanya saja dalam hal ini, menggunakan kayu yang tentunya lebih besar. Secara garis besar, proses pembuatan anak panah dengan cara kedua ini tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama. Hanya ada beberapa proses yang mungkin perlu ditambahkan atau bahkan dikurangi.Berikut cara membuat anak panah yang bisa kamu ikuti:

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:

- Kayu atau bambu untuk bahan dasar pembuatan anak panah

- Mesin bor tangan

- Alat serut yang dibuat dari pahatan kayu

- Pipa silinder berukuran kecil

- Amplas

- Seng (buat jadi kerucut untuk membantu proses pemahatan)

Cara membuat anak panah:

1. Alat pahat atau serut dapat dipasang dengan bantuan kerucut yang terbuat dari lempengan seng yang sudah ditekuk. Selain itu, kamu juga dapat memasangnya diantara 2 kayu tipis.

2. Setelah itu, sesuaikan ketebalan kayu dengan diameter anak panah sesuai keinginan kamu.

3. Sebelumnya, potong-potong kayu hingga kecil secara memanjang. Besar potongan bisa sekitar 1 centimeter saja.

4. Setelah dipotong, salah satu ujung kayu diruncingkan agar saat didorong ke mesin bor tangan lebih mudah.

5. Kemudian, pasang bulu atau sayap penyeimbang di bagian belakang anak panah.

6. Terakhir, amplas anak panah yang sudah jadi agar permukaannya halus dan tidak kasar saat dipegang.

Itulah beberapa cara membuat anak panah yang bisa kamu terapkan di rumah. Cara membuat anak panah sederhana ini tentunya penggunaannya harus mengikuti panduan oleh ahlinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.