Sukses

20 Wisata Surabaya yang Terkenal, Wajib Banget Dikunjungi

Wisata Surabaya menyimpan segudang pesona alam yang indah dan nilai-nilai sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke kota Surabaya, tak lengkap rasanya tanpa mampir untuk menjajal wisata Surabayanya. Kota Pahlawan ini punya segudang panorama alam yang indah juga, loh. Mulai dari pantai, gunung, lautan, sampai hutan.

Meski begitu, wisata Surabaya yang terkenal dan berbau sejarah cukup banyak. Ada Tugu Pahlawan, Monumen Jalesveva Jayamahe, House of Sampoerna, Jembatan Suramadu, Museum Bank Indonesia, dan masih banyak lagi lainnya.

Dikenal sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta, membuat wisata Surabaya tak pernah sepi kedatangan wisatawan. Hal-hal inilah yang membuat wisata Surabaya wajib banget masuk dalam daftar liburanmu!

Berikut Liputan6.com ulas wisata Surabaya yang terkenal dari berbagai sumber, Jumat (12/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Surabaya yang Terkenal

Kebun Bibit Wonorejo 

Kebun bibit ini cukup dekat dengan hutan mangrove Wonorejo. Dipenuh dengan pepohonan hijau, membuat wisata Surabaya yang terkenal ini terasa menyejukkan. Kebun ini memiliki luas sekitar 5.9 hektar. Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini.

Uniknya lagi, pengunjung bisa berswa foto dengan hewan yang ada di wisata Surabaya yang terkenal ini. Termasuk jogging di area taman, bermain wall climbing, dan senam. Sudah tersedia toilet umum, water tap yang siap minum, berbagai pilihan jajanan, dan pusatnya bibit tanaman. Jam operasional Kebun Bibit Surabaya, yakni pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore.

Mangrove Gunung Anyar 

Hutan mangrove Wonorejo bukan satu-satunya di Surabaya. Masih ada Mangrove Gunung Anyar sebagai wisata Surabaya yang terkenal. Mangrove ini menyediakan fasilitas sama dengan mangrove Wonojero.

Tersedia pula jembatan kayu yang menembus hutan bakau. Perahu nelayan juga disewakan di wisata Surabaya yang terkenal ini. Pengunjung dikenakan biaya Rp 50.000 untuk bisa menyusuri hutan dengan perahu.

Bukit Larangan Panceng

Bukit Larang tidak berada di pusat kota Surabaya. Bukit ini sangat direkomendasikan bagi para pencinta wisata alam. Jarak tempuh ke lokasi sekitar 1 jam 20 menit dari pusat kota. Tempat wisata Surabaya yang terkenal ini akan memanjakan mata dengan garis pantai yang memanjang. Terdapat pula pepohonan hijau yang rindang sebagai pembatasnya.

G-Walk

G-Walk atau Gapura Walk merupakan kawasan kuliner di area Surabaya Barat yang sebenarnya merupakan kawasan perumahan. G-Walk terkenal sebagai pusat kuliner di daerah Surabaya Barat dan termasuk wisata Surabaya yang terkenal. Cocok banget terutama bagi kamu yang hobi melakukan wisata kuliner di malam hari.

3 dari 7 halaman

Wisata Surabaya yang Terkenal

Tugu Pahlawan

Wisata Surabaya yang terkenal dan wajib kamu kunjungi adalah Tugu Pahlawan. Monumen yang dibangun di pusat kota Surabaya ini ditujukan untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur. Di bawah taman Tugu Pahlawan ini terdapat museum yang berisi foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan.

Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe merupakan wisata Surabaya yang terkenal. Monumen Jalesveva Jayamahe atau bisa disebut juga dengan istilah lokal Monjaya adalah patung perwira TNI AL yang mengenakan Baju Seremonial, lengkap dengan pedang kehormatannya, menatap jauh ke laut seolah siap menantang ombak dan badai lautan.

Hal ini merepresentasikan kesiapan TNI AL untuk kejayaan. Patung ini berdiri tegak di atas sebuah bangunan, dengan tinggi total bangunan dan patung tersebut mencapai 60,6 meter (sekitar 198 kaki dan 9 inci). Tugu di wisata Surabaya yang terkenal ini merepresentasikan optimisme generasi penerus bangsa terhadap pencapaian cita-cita bangsa Indonesia.

Monumen ini mulai dibangun pada tahun 1993 oleh Panglima TNI AL, kemudian dilanjutkan oleh Laksamana TNI Muhammad Arifin dan dirancang oleh I Nyoman Nuarta. Selain sebagai monumen, bangunan ini juga berfungsi sebagai mercusuar kapal di laut sekitarnya.

Kampung Warna-Warni Bulak

Kampung Bulak yang terletak di Kenjeran dulunya adalah kawasan kumuh. Kali ini kamu bisa melakukan wisata Surabaya di kawasan ini karena seluruh bagian luar rumah di Kampung Bulak telah dicat warna-warni. Selain berfoto, di sini kamu juga bisa berbelanja di Sentra ikan Bulak sehingga kamu akan membantu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

4 dari 7 halaman

Wisata Surabaya yang Terkenal

Mangrove Wonorejo Rungkut  

Mangrove Wonorejo termasuk hutan bakau lebat dengan banyak satwa. Kini, jalanan setapak kayu dibangun melintasi lebatnya hutan bakau ini. Di tempat wisata Surabaya yang terkenal ini terdapat pula papan informasi. Papan yang menjelaskan burung dan satwa yang hidup di sana. Hutan mangrove ini cukup sejuk meskipun juga terik di siang hari.

Uniknya lagi, di wisata Surabaya yang terkenal ini pengunjung bisa mengelilingi hutan ini dengan perahu mungil. Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp 25.000 dan anak-anak Rp 15.000. Terdapat pula speed boat yang boleh disewa untuk berkeliling. Harga sewanya Rp 300.000 saja untuk enam penumpang. 

Pantai Ria Kenjeran

Pantai Ria Kenjeran dikenal sebagai satu-satunya pantai di Surabaya. Pengunjung bisa menikmati kesejukan pantai, berkuda, dan menonton barongsai. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk ke tempat wisata Surabaya yang terkenal ini. Akan ada sunset megah nan indah di tengah Gerbang Samudra Klenteng. Jaraknya hanya 20 menit dari pusat kota Surabaya.

Hutan Bambu dan Taman Sakura Keputih 

Jika ingin melihat tanaman indah nan cantik, hutan bambu dan sakura bisa dijadikan pilihannya. Nuansa asri dan sejuk ada pada tempat wisata Surabaya yang terkenal ini. Meskipun dipenuhi bunga-bunga cantik, pengunjung tidak diperbolehkan memetik. Jam operasional tempat wisata ini, yakni pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore.

5 dari 7 halaman

Wisata Surabaya yang Terkenal

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu wajib banget dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata Surabaya yang terkenal. Jembatan Suramadu yang juga dikenal sebagai Jembatan Surabaya-Madura, adalah jembatan kabel antara Surabaya di pulau Jawa dan kota Bangkalan di pulau Madura di Indonesia.

Wisata Surabaya yang terkenal ini awal dibuka pada bulan Juni 2009, jembatan sepanjang 5,4 km ini merupakan yang terpanjang di Indonesia dan jembatan pertama yang melintasi Selat Madura.

Bagian kabel-tinggal memiliki tiga bentang dengan panjang 192 meter (630 kaki), 434 meter (1.424 kaki), dan 192 meter (630 kaki). Jembatan ini memiliki dua jalur di setiap arah ditambah jalur darurat dan jalur khusus sepeda motor di setiap arah. 

Museum Bank Indonesia

Wisata Surabaya yang terkenal selanjutnya Museum Bank Indonesia. Museum ini secara resmi didirikan oleh Bank Indonesia dan dibuka pada 27 Januari 2012 setelah restorasi. Wisata Surabaya yang terkenal ini menempati gedung yang dahulu bernama De Javasche Bank, bank sentral Hindia Belanda.

Setelah Kemerdekaan Indonesia gedung tersebut tetap berfungsi sebagai Bank Indonesia cabang di Surabaya hingga tahun 1973. Untuk berkunjung ke museum ini, tidak dikenakan biaya masuk.

House of Sampoerna

House of Sampoerna adalah museum tembakau dan kantor pusat Sampoerna yang berlokasi di Surabaya. Gaya arsitektur wisata Surabaya yang terkenal ini dipengaruhi oleh kompleks bergaya kolonial Belanda dibangun pada tahun 1862, dan kini menjadi situs sejarah yang dilestarikan.

Bangunan ini sebelumnya digunakan sebagai panti asuhan yang dikelola oleh Belanda, lalu dibeli pada tahun 1932 oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, dengan tujuan untuk digunakan sebagai fasilitas produksi rokok besar pertama Sampoerna. Wisata Surabaya yang terkenal ini terdiri dari auditorium pusat yang besar, dua bangunan kecil di sisi timur dan barat, serta banyak struktur ruang terbuka besar berlantai satu di belakang auditorium pusat. 

Bangunan samping diubah menjadi tempat tinggal keluarga dan struktur besar seperti gudang digunakan untuk menampung fasilitas pengolahan tembakau dan cengkeh, pencampuran, penggulungan tangan dan pengemasan, pencetakan dan pengolahan barang jadi.

6 dari 7 halaman

Wisata Surabaya yang Terkenal

Kampung Wisata Jambangan

Kampung wisata Jambang dikenal sebagai kampung yang hijau, rapi, dan bersih. Pengunjung bisa belajar cara membuat pupuk kompos dengan sampah organik dan non-organik di wisata Surabaya yang terkenal ini. Pengelolaan limbah air juga menjadi kegiatan menarik di tempat wisata alam di Surabaya ini. Limbah ini berasal dari air mandi dan cucian warga sekitar Jambang. Air ini kemudian dimurnikan kembali melalui proses penyaringan. 

Jalan Gula

Nama Jalan Gula di Surabaya saat ini sedang naik daun. Padahal Jalan Gula adalah sebuah gang sempit yang terletak di antara bangunan tua. Meski terlihat lapuk, wisata Surabaya yang terkenal ini sukses merebut hati mereka yang menyukai nuansa vintage sehingga mereka bisa berfoto dengan background dinding bangunan lapuk.

Wisata Perahu di Kalimas

Menyusuri Kalimas menggunakan perahu bisa dilakukan di sini. Perahunya dikenal dengan nama Sawunggaling Surya Transport. Pengunjung bisa mengisi perahu kapasitas 12 penumpang saja. Tarif yang dikenakan hanya Rp 4000 saja per orang. Tempat wisata Surabaya yang terkenal ini menyediakan kursi perahu yang empuk dan nyaman bagi penumpang. Sangat cocok untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga dan pasangan.

7 dari 7 halaman

Wisata Surabaya yang Terkenal

Wisata Surabaya Carnival

Ingin bermain di taman hiburan pada malam hari? Datanglah ke Wisata Surabaya Carnival atau Suroboyo Carnival Park. Di sini kamu bisa bermain sepuasnya dengan menjajal berbagai macam jenis wahana yang menyenangkan seperti Ferris Wheel (Gondola), Bledek Coaster, Blueshake, Lampion KBS, Pendulum, Pirate Ghost Ship, dan lain sebagainya. Wisata Surabaya Carnival terletak di Jl. Ahmad Yani no 333, Surabaya.

Surabaya North Quay

Siapa sangka bahwa tempat bersandarnya kapal pesiar internasional bisa dijadikan wisata Surabaya yang terkenal? Hal inilah yang disajikan oleh Surabaya North Quay. Terletak di lantai 2 dan lantai 3 Terminal Gapura Surya Nusantara, Surabaya North Quay juga menyajikan hiburan live musik, wisata kuliner, hingga tempat berkumpulnya komunitas industri kreatif.

Masjid Laksamana Ceng Ho

Sesuai dengan namanya, Masjid Laksamana Ceng Ho memiliki arsitektur Tionghoa yang terkenal dengan relief naga dan patung singa namun terdapat lafaz Allah dengan huruf Arab. Masjid ini termasuk wisata Surabaya yang terkenal. Dibangun sebagai bentuk penghormatan terhadap Laksamana Ceng Ho yang memiliki peranan penting dalam menyebarkan agama Islam di Surabaya.

Dipo Lokomotif Sidotopo

Area tempat penyimpanan gerbong kereta api yang sudah tidak terpakai ternyata bisa menjadi wisata Surabaya yang terkenal loh. Dipo Lokomotif Sidotopo adalah contohnya. Meski begitu, area ini bukanlah wisata Surabaya yang terkenal dan bebas dikunjungi. Sehingga jika kamu ingin melakukan wisata Surabaya di sini maka kamu harus meminta izin terlebih dahulu pada petugasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini