Sukses

15 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les, Skill Membaca, Menulis, dan Mendengarkan

Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les ini bisa dilakukan dengan aktivitas yang mengasyikkan.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les yang bisa dipakai. Belajar dan mahir bahasa Inggris tentu tak bisa selesai dalam waktu satu sampai dua hari. Ketekunan dan kesungguhan belajar harus dipatenkan dalam hati serta pikiran.

Bukan hanya membaca buku, mempelajari tenses, dan menghafalkan kosa kata bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu, film, sampai menyimak cerita khas Barat yang ringan. 

Mengingat perkembangan bahasa Internasional ini sangat cepat, kunci cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les adalah menguasai banyak kosa katanya. Tak bisa dipungkiri bahwa kaya kosa kata akan membuat siapa saja mampu mahir berbahasa Inggris.

Berikut Liputan6.com ulas cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les dari berbagai sumber, Senin (29/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les

Mendengarkan Lagu

Membiasakan pendengaran kamu dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris adalah cara cepat belajar bahasa inggris tanpa les. Kegiatan ini tentunya akan menyenangkan bagi kamu yang juga menggemari musik, kamu bisa belajar sekaligus menjalankan hobi.

Namun, dalam tahap cara cepat belajar bahasa inggris tanpa les, kamu tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes maupun gadget.

Setelah lirik lagu selesai kamu tulis, cek lirik tersebut di internet. Apakah benar semua atau ada yang salah. Hal ini akan menambah baik pendengaran kamu dalam Bahasa Inggris (listening).

Membaca Buku

Kamu bisa menerapkan cara cepat belajar bahasa inggris tanpa les dengan membaca buku. Bisa membaca cerpen, artikel, novel, dan buku bacaan lainnya yang kamu sukai agar belajar Bahasa Inggris semakin menyenangkan.

Saat membaca, kamu akan belajar berbagai kosa kata baru di cara cepat belajar bahasa inggris tanpa les. Jika kamu tidak tahu artinya tinggal mengecek kamus. Hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca (reading) sekaligus Bahasa Inggris secara keseluruhan.

Rajin Menulis

Mencoba menulis dalam bahasa Inggris adalah cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les. Ketika vocabulary Bahasa Inggris kamu sudah banyak, mulailah menulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan writing kamu meningkat.

Kamu bisa memulainya dengan menulis diari atau kegiatan kamu dalam sehari. Tidak apa kalau kamu masih banyak salah dan belum terlalu mengerti tentang grammar. Setidaknya kamu mencoba dulu menulis dalam bahasa Inggris.

3 dari 7 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les

Menonton Film

Menonton film merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang sekaligus bisa dijadikan cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les. Namun, dalam hal ini kamu bisa menonton film tanpa menggunakan subtitle Bahasa Indonesia.

Kamu bisa memulainya dengan menonton film tanpa subtitle Bahasa Indonesia. Gunakanlah subtitle Bahasa Inggris saja terlebih dahulu. Jika menemukan kata-kata yang susah, kamu bisa mencarinya dalam kamus untuk belajar.

Pelajari Kata Dasar

Mempelajari kata-kata dasar merupakan cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les. Sebelum mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya kamu mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contohnya kata aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

4 dari 7 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les

Sedia Kamus

Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les adalah tetap selalu menyediakan kamus. Kamus tentunya memiliki peran yang tidak dapat tergantikan dalam belajar Bahasa Inggris.

Semua kata-kata yang baru kamu pelajari dan tidak kmau mengerti artinya tentu harus dicari di dalam kamus agar kamu mengerti artinya dan cara menggunakannya. Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les ini berguna untuk menambah vocabulary (kosa kata).

Tulis dan Pelajari Kata Asing

Hal ini terkait dengan berbagai kegiatan seperti mendengar musik, menonton tv, dan membaca buku yang telah kamu lakukan. Kamu harus mempelajari arti kata-kata yang tidak kamu mengerti dan menghafalkannya. Jangan hanya dilewati saja. Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les ini meliputi catat dan hafalkan. Hal ini merupakan salah satu cara cepat belajar bahasa inggris.

Belajar Tenses

Mulailah belajar tenses dari mana saja. Ada banyak website di internet yang membahas perihal fungsi, rumus, dan contoh tenses dalam kehidupan sehari-hari. Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les dengan memahami tenses akan sangat memudahkan komunikasi. Bukan hanya nampak terstruktur kalimatnya, tetapi enak dibaca dan didengarkan.

5 dari 7 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les

Berbicara di Depan Cermin

Belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin adalah cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les. Bisa digunakan untuk latihan yang fundamental bagi perkembangan kemampuan Bahasa Inggris kamu.

Jika kamu belum percaya diri praktik langsung dengan orang lain, kamu bisa berlatih secara rutin di depan cermin terlebih dahulu. Begitu, kamu bisa fasih dengan cepat dan tidak kagok saat praktik langsung.

Terapkan dalam Pertemanan

Bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les, bisa saling belajar dengan teman-teman agar kamu bisa lebih percaya diri. Belajar bersama dengan teman sendiri tentunya membuat kamu lebih nyaman dan tidak perlu takut salah.

6 dari 7 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les

Manfaatkan Internet

Menggunakan fasilitas internet dengan maksimal adalah cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les. Di mana ada banyak sekali website yang dapat membantu kamu untuk belajar Bahasa Inggris dengan benar.

Maksimalkanlah penggunaan internet, khususnya media sosial yang biasanya kamu gunakan. Ikuti berbagai akun yang sekiranya dapat membantu kamu dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Berteman dengan Orang Asing

Memiliki teman orang asing yang fasih berbahasa Inggris akan membuat pembelajaran kamu semakin cepat. Kamu bisa mencari teman orang asing di internet maupun saat bertemu di tempat wisata. Cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les ini cukup ampuh.

Banyak sekali platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tidak perlu sungkan untuk mengatakan bahwa kamu sedang belajar berbahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa berlatih setiap hari dengan penutur asli Bahasa Inggris.

7 dari 7 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Tanpa Les

Berlatih

Jangan malu untuk menunjukkan Anda sedang belajar bahasa Inggris. Praktikkan terus kapan pun dan di manapun cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les ini.

Menjadi pintar berbahasa Inggris asalnya dari diri sendiri. Tak terkecuali untuk belajar bahasa asing yang lainnya. Terus berlatih sama dengan memperkuat ketekunan.

Buat Kebiasaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara cepat belajar Bahasa Inggris tanpa les ini harus dijadikan kebiasaan.

Jadikan semua cara cepat belajar bahasa Inggris tanpa les yang telah disebutkan sebagai kebiasaan ataupun rutinitas agar kemampuan Bahasa Inggris kamu dapat meningkat dengan cepat.

Kursus

Bila ingin lebih memaksimalkan cara cepat belajar bahasa Inggris, pilihan terakhir jatuh pada kursus. Bukan hanya bikin mahir, tetapi cara yang ini akan mematangkan betul skill kebahasa Inggrisanmu.

Memang cara ini bukan dengan belajar sendiri. Namun jika kesulitan untuk menerapkan ke beberapa cara cepat bahasa Inggris di atas maka kursus adalah pilihan lain yang bisa Anda pilih.

Jika cara di atas Anda coba dengan rutin dan konsisten, maka kemampuan berbahasa Inggris Anda pun akan meningkat secara perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.