Sukses

8 Manfaat Sarang Walet bagi Kesehatan, Efektif Melawan Penyakit

Sarang walet mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) untuk produksi kolagen alami.

Liputan6.com, Jakarta Sarang walet atau dikenal dengan sebutan Edible’s Bird Nest merupakan sarang yang tercipta dari air liur burung walet yang kemudian menjadi padat. Diketahui sarang walet memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Biasanya pengolahan sarang walet sering dibuat menjadi sup atau es sarang burung. Rasanya yang segar dan teksturnya yang lembut cocok dinikmati di siang hari yang terik.

Di balik segarnya es sarang burung, sarang walet mengandung Epidermal Growth Factor (EGF) untuk produksi kolagen alami. Mengonsumsi sarang walet secara rutin dapat membantu menjaga kecantikan kulit seperti peremajaan kulit, membuat kulit lebih halus, lebih bercahaya, dan tampak lebih muda.

Masih ada manfaat sarang walet lainnya. Berikut manfaat sarang walet yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/3/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat sarang walet bagi kesehatan pertama dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan sarang walet memiliki efek serupa obat penurun kolesterol, seperti simvastatin. Namun, tidak sampai mengganggu kerja metabolisme dalam tubuh.

Lewat manfaat sarang walet tersebut, dapat membantu menurunkan risiko pengentalan darah atau hiperkoagulasi yang sebagai akibat koletserol tinggi. Sebab, hiperkoagulasi inilah yang menjadi penyebab umum terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskular.

3 dari 9 halaman

Sumber Antioksidan

Manfaat sarang walet berikutnya dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan. Senyawa aktif pada sarang walet ini berguna untuk melawan efek radikal bebas. Tidak memperhatikan keberadaan radikal bebas dalam tubuh berisiko menyebabkan berbagai penyakit.

4 dari 9 halaman

Sumber Mineral Terbaik

Selain tinggi antioksidan, sarang walet juga mengandung banyak mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Kandungan mineral pada sarang walet seperti mangan, tembaga, seng, dan kalsium.

Mangan memiliki peran penting untuk membantu pertumbuhan tulang. Sementara tembaga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan persendian serta seng dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam usus.

5 dari 9 halaman

Mencegah Resistensi Insulin

Resistensi insulin merupakan salah satu faktor risiko terbesar penyakit diabetes. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan kandungan gizi di dalam sarang walet yang dapat membantu mengurangi produksi insulin berlebihan.

Selain itu, sarang walet juga dapat membantu menjaga kerja metabolisme dalam memecah lemak lebih efektif sehingga dapat mencegah resistensi insulin.

6 dari 9 halaman

Sumber Asam Amino

Sarang walet kaya sumber nutrisi, salah satunya sebagai beberapa sumber asam amino penting. Terdapat asam aspartate dan prolin yang bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel.

Ada juga sistein dan fenilalanin yang dapat membantu meningkatkan kerja memori. Ada juga tirosin yang bermanfaat untuk memulihkan pasca sakit, serta ada glukosamin yang membantu pemulihan tulang rawan.

Beberapa asam amino penting tersebut tidak bisa diproduksi secara mandiri dalam tubuh, sehingga perlu diperoleh dari sumber makanan dan sarang walet juga mengandung banyak asam amino penting tersebut.

 

7 dari 9 halaman

Mengurangi Dampak Nikotin

Apabila kamu seorang perokok aktif maupun pasif, memngonsumsi minuman sarang walet dapat mengurangi kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan sarang walet ini dapat mengurangi dampak negatif pada nikotin yang mampu merusak kesehatan tubuh.

8 dari 9 halaman

Baik untuk Pertumbuhan Anak

Mengonsumsi sarang walet secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun perlawanan terhadap flu, pilek, dan penyakit yang lebih serius karena kandungan gizi yang tinggi.

Untuk anak-anak dengan jadwal sekolah yang padat, sarang walet dapat membantu mengurangi kelelahan, meningkatkan konsentrasi, dan memperkuat memori serta merangsang pertumbuhan otak.

9 dari 9 halaman

Baik Dikonsumsi oleh Lanjut Usia

Sarang walet dapat digunakan untuk meningkatkan vitalitas dan menjaga kesehatan untuk para usia lanjut. Sarang walet mengandung glikoprotein dan kaya akan mineral seperti asam amino, kalsium, natrium, magnesium, dan kalium.

Protein dan asam amino membantu proses pembaharuan sel dalam tubuh manusia serta meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini penting karena metabolisme melambat saat kamu memasuki usia lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.