Sukses

6 Gejala Kanker Hati Stadium Awal yang Mudah Dideteksi, Jangan Anggap Sepele

Segera ke dokter untuk memastikan kondisinya agar tidak semakin parah.

Liputan6.com, Jakarta Hati merupakan organ pada tubuh yang terletak di perut sisi kanan atas. Dalam mendukung kerja tubuh secara keseluruhan, hati memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan hati.

Apabila hati bermasalah, maka akan terjadi gangguan baik ringan maupun berat seperti kanker hati. Mendeteksi dan mengenali gejala kanker hati stadium awal sangat penting agar perkembangan penyakit ini dapat ditekan semaksimal mungkin.

Pasalnya, bukan hanya kelompok lanjut usia saja yang bisa mengalami kanker hati. Orang yang lebih muda juga tak lepas dari ancaman keganasan kanker hati. Untuk itu, penting mengenali gejala kanker hati stadium awal sejak dini. Dengan begitu, kualitas hidup penderitanya juga bisa dijaga seoptimal mungkin.

Berikut ini ada beberapa gajela kanker hati stadium awal yang mudah dikenali. Telah Liputan6.com, Minggu (6/10/2019) rangkum dari berbagai sumber, berikut ada enam gejala kanker hati stadium awal yang tidak boleh dianggap sepele. Segera mengunjungi dokter untuk memastikan kondisinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Fungsi Hati, Punya Peran yang Sangat Besar

Sebelum mengenal gejala kanker hati stadium awal, penting untuk mengenal fungsi hati. Untuk tubuh, hati memiliki peran yang sangat penting sehingga perlu menjaganya dengan ekstra.

Hati merupakan organ berukuran sebesar bola sepak yang terletak di perut sisi kanan atas. Hati berfungsi untuk memproduksi empedu, yaitu merupakan substansi yang bekerja memecah lemak untuk mudah dicerna dalam usus serta membantu membuang zat sisa dari hasil metaboliesme.

Selain itu, hati juga berperan dalam pembentukan darah. Di dalam hati, dibentuk berbagai jenis protein untuk membentuk plasma darah. Lebih dari itu, hati juga memegang peran krusial dalam metabolisme gula, mengatur agar kadar gula dalam tubuh tetap stabil.

Fungsi penting hati lainnya adalah kemampuannya dalam membuang racun yang masuk ke dalam tubuh, baik dari makanan, obat, maupun minuman.

3 dari 7 halaman

Gejala Kanker Hati Stadium Awal yang Mudah Dikenali

Banyaknya fungsi hati tersebut, akan menjadi terhambat apabila terdapat gangguan, baik ringan maupun berat seperti kanker hati. Kondisi ini memang lebih banyak dialami kelompok lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang-orang yang lebih muda juga bisa berisiko terkena kanker hati.

Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi dan mengenali gejala kanker hati stadium awal agar perkembangan penyakit ini dapat ditekan semaksimal mungkin. Dengan begitu, kualitas penderitanya juga bisa dijaga seoptimal mungkin.

Berikut ada beberapa gejala kanker hati stadium awal yang umumnya muncul: 

4 dari 7 halaman

Mata Berwarna Kuning dan Urine Gelap

Kulit dan Mata Berwarna Kuning

Gejala kanker hati stadium awal pertama yang sangat mudah dikenali dan dideteksi adalah kulit dan mata menjadi kuning. Kondisi ini bukan merupakan penyakit, melainkan sebuah penanda bahwa hati kamu sedang bermasalah.

Fungsi hati yang bermasalah menyebabkan produksi bilirubin meningkat dan memengaruhi warna kulit serta mata. Oleh karena itu, jika kamu mendapati kondisi ini, bersegeralah untuk menemui dokter untuk mendapati tindakan lebih lanjut.

Warna Urine Gelap

Hati yang sedang terganggu akan meningkatkan kandungan bilirubin pada darah yang kemudian diteruskan ke urine. Hal inilah yang menyebabkan urine berwarna gelap atau cokelat.

Apabila kamu memperhatikan ada perubahan warna urine, maka bersegeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini untuk memastikan ada gangguan kesehatan apa yang terjadi pada diri kamu.

5 dari 7 halaman

Penumpukan Cairan dan Sakit Perut

Penumpukan Cairan Dalam Perut

Penumpukan cairan di dalam perut atau ascitis merupakan salah satu di antara gejala kanker hati stadium awal. Perut yang terasa mual dan kembung serta diikuti oleh pembengkakan hati adalah salah satu indikasi adanya kanker hati.

Sakit Perut

Penderita kanker hati stadium awal juga bisa mendeteksi kondisinya jika merasakan sakit perut. Gejala kanker hati stadium awal ini dikarenakan adanya pembengkakan dan pembesaran hati.

Oleh karena itu, jika kamu merasakan sakit perut yang tidak normal, disertai dengan pembengkakan hati, kemungkinan kamu memiliki penyakit hati atau bahkan kanker. Ya, jika hati membengkak maka posisinya akan melebar hingga ke bagian tengah perut.

 

6 dari 7 halaman

Mudah Lelah dan Muntah

Mudah Lelah

Kondisi yang dirasakan secara berulang atau terus menerus seperti mudah lelah, kamu juga perlu mewaspadainya. Mudah lelah yang berkepanjangan dan diikuti dengan gejala kanker hati stadium awal yang sudah disebutkan tadi, kamu boleh curiga bahwa ada masalah pada hati.

Rasa lelah bisa menjadi gejala banyak penyakit lainnya, namun kelelahan yang terjadi secara terus-menerus merupakan salah satu tanda dari penderita kanker hati.

Mual dan Muntah

Kondisi mual dan muntah memang bisa menjadi pertanda dari adanya penyakit lain. Namun, apabila kamu sering mengalami muntah tanpa sebab yang jelas, maka bersegeralah untuk memeriksakannya ke dokter.

Mual dan muntah bisa menandakan adanya masalah pada hati. Muntah biasanya juga diangaap sebagai salah satu pertanda kanker hati stadium awal.

7 dari 7 halaman

Berat Badan Turun dan Gatal-gatal

Menurunnya Berat Badan

Fungsi hati salah satunya untuk menjaga metabolisme tubuh. Nah, apabila hati kamu bermasalah bisa terlihat ketika kamu mengalami penurunan berat badan. Menurunnya berat badan juga disebut sebagai salah satu gejala kanker hati stadium awal yang perlu diwaspadai.

Gatal-gatal

Jangan menganggap sepele gatal-gatal pada kulit. Pasalnya, gatal-gatal bisa merupakan sebuah gejala kanker hati stadium awal.

Hal ini dikarenakan meningkatnya bilirubin pada tubuh dan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini