Sukses

10 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Teh hijau dapat secara positif memengaruhi kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teh hijau untuk wajah dapat melindungi sekaligus meningkatkan tampilan kulit. Teh hijau termasuk minuman kaya manfaat. Selain baik untuk kesehatan tubuh, teh hijau dapat secara positif memengaruhi kesehatan kulit.

Manfaat teh hijau untuk wajah banyak ditemui di produk perawatan kulit. Manfaat teh hijau untuk wajah didapat berkat kandungan antioksidannya yang kuat. Manfaat teh hijau untuk wajah memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba.

Manfaat teh hijau untuk wajah bisa didapat dengan cara dikonsumsi langsung ataupun diaplikasikan ke wajah. Berikut manfaat teh hijau untuk wajah dan cara menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (7/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat teh hijau untuk wajah

Cegah penuaan dini

Manfaat teh hijau untuk wajah yang pertama adalah membantu mencegah penuaan dini. Efek ini berkat kandungan antioksidan EGCG dalam teh hijau. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit. Teh hijau juga kaya vitamin B-2 yang membantu mengencangkan kulit.

Antioksidan EGCGV memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar kolagen, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit. itamin B-2 memiliki kemampuan untuk mempertahankan kadar kolagen, yang dapat meningkatkan kekencangan kulit.

Atasi kemerahan dan iritasi

Teh hijau dapat membantu menenangkan kulit yang kemerahan dan iritasi. Ini karena teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi. Polifenolnya yang tinggi membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan. Menerapkan green tea pada kulit juga dapat menenangkan luka kecil dan luka bakar akibat sinar matahari.

Teh hijau yang diterapkan secara topikal bisa menjadi obat yang efektif untuk banyak kondisi dermatologis. Kondisi ini seperti iritasi dan gatal-gatal yang disebabkan oleh psoriasis, dermatitis, dan rosacea, dan mungkin juga bermanfaat untuk mengobati keloid.

3 dari 7 halaman

Manfaat teh hijau untuk wajah

Hidrasi kulit

Teh hijau kaya akan vitamin E yang terkenal dengan sifatnya yang menghidrasi. Teh hijau mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E, yang dikenal karena kemampuannya untuk menutrisi dan menghidrasi kulit.

Atasi jerawat

Manfaat teh hijau untuk wajah dapat efektif mengatasi jerawat. Ini berkat sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Polifenol dalam green tea, ketika diterapkan pada kulit akan membantu mengurangi sekresi sebum yang dapat menyebabkan jerawat.

Polifenol dalam teh hijau juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dengan merusak membran bakteri. Sifat antibakteri ini membantu mencegah jerawat yang disebabkan oleh bakteri seperti Propionibacterium acnes.

 

4 dari 7 halaman

Manfaat teh hijau untuk wajah

Cegah kanker kulit

Manfaat teh hijau untuk wajah ketika dikonsumsi secara rutin bisa menurunkan risiko kanker kulit akibat sinar UV. Ini berkat polifenol dan enam jenis katekin, dengan epigallocatechin gallate (EGCG) dan epicatechin gallate (ECG). Kandungan ini membantu mencegah respons inflamasi yang dipicu oleh paparan UV, stres oksidatif, dan penekanan kekebalan.

Lembapkan kulit

Teh hijau juga mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E yang dikenal karena kemampuannya untuk memelihara dan melembabkan kulit. Ia terbuktu mampu meningkatkan kelembapan dan mengurangi kekasaran kulit. Manfaat teh hijau untuk wajah ini bisa sanagat berguna untuk kulit kering. Ia memastikan kadar air tetap terjaga pada kulit.

5 dari 7 halaman

Manfaat teh hijau untuk wajah

Bantu hilangkan kantung mata

Manfaat teh hijau untuk wajah yang sering digunakan adalah menghilangkan kantung mata. Mengompres mata dengan kantung teh hijau dapat menghilangkan bengkak di mata. Teh hijau dingin mampu mengencangkan pembuluh yang melebar di bawah mata yang menyebabkan kantung mata.

Selain itu, teh hijau memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi yang membantu meremajakan kulit. Teh hijau juga mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi lingkaran mata gelap, serta mengurangi pembengkakan dan pigmentasi.

Atasi minyak berlebih

Sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba dalam green tea juga dapat mengatasi kulit berminyak. Kulit berminyak merupakan salah satu penyebab jerawat. EGCG (epigallocatechin-3-gallate), senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, dapat membantu mengontrol minyak.

6 dari 7 halaman

Manfaat teh hijau untuk wajah

Lindungi kulit dari sinar UV

Manfaat teh hijau untuk wajah juga melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Ini membantu mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV, seperti keriput, garis-garis halus, dan pigmentasi, melanoma, dan kanker non-melanoma.

Pengaplikasian green tea pada kulit juga membantu mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar matahari. Teh hijau mengandung asam tanat dan theobromine yang membantu menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan kulit yang rusak saat dioleskan ke kulit yang terbakar sinar matahari.

Bantu cerahkan kulit

Teh hijau mengandung vitamin C yang dikenal dapat membantu mencerahkan kulit. Vitamin C juga membantu meratakan warna kulit dan memperbaharui tampilan kulit. Teh hijau mengandung vitamin A, juga dikenal sebagai Retinol, yang dikenal karena kekuatannya untuk menjaga dua lapisan kulit teratas.

7 dari 7 halaman

Cara menggunakan teh hijau untuk wajah

Untuk kulit berminyak: teh hijau dan lemon

Masker wajah ini membantu kulit meningkatkan vitamin C sambil membantu mengontrol produksi minyak. Teh hijau membantu menyehatkan kulit sementara jus lemon menghilangkan minyak berlebih. Masker ini juga membantu menghilangkan noda berkat sifat pencerahan ringan lemon.

Campurkan 1 Sendok makan daun teh hijau dan 1 sendok makan air lemon sampai mendapatkan konsistensi pasta. Tambahkan air ke dalam campuran jika perlu. Oleskan campuran ini ke wajah. Hindari terlalu dekat dengan mata dan mulut. Biarkan campuran selama sekitar 10 menit. Bilas campuran dengan air dingin dan keringkan kulit.

Untuk kulit kering: teh hijau dan alpukat

Alpukat adalah sumber antioksidan yang berlimpah. Buah ini juga kaya vitamin B dan asam lemak yang membantu melembabkan dan menyehatkan kulit. Masker wajah ini tidak hanya melembabkan kulit tetapi juga memelihara, meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Campurkan 1 sendok makan alpukat matang - dihaluskan dan 2 sendok makan teh hijau hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan hindari area mata dan mulut. Biarkan campuran selama sekitar 15-20 menit. Bilas campuran dengan air dingin dan keringkan kulit.

Untuk kulit sensitif: teh hijau dan yogurt

Yogurt kaya akan protein, kalsium, dan vitamin D, dan karenanya melembabkan, melawan jerawat, menghilangkan noda, dan mengurangi kulit terbakar dan perubahan warna kulit. Yogurt sangat ringan dan mengurangi iritasi pada kulit, sehingga ideal untuk kulit sensitif.

Campurkan 1 Sendok teh yogurt, 1 sendok teh air lemon, dan 1 sendok teh teh hijau sampai rata dan memebentuk pasta. Campurkan semua bahan sampai rata dan memebentuk pasta. Oleskan campuran masker ke wajah. Hindari area mata dan mulut. Biarkan masker di wajah elama sekitar 15-20 menit. Bilas campuran dengan air dingin, keringkan kulit dan dan lembabkan dengan krim pelembab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini