Sukses

11 Objek Wisata di Bali Utara yang Terkenal, Menyuguhkan Panorama Alam Menakjubkan

Objek wisata di Bali Utara yang terkenal menyuguhkan panorama pantai, danau, air terjun, dan masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke Pulau Bali atau Pulau Dewata rasanya sudah sangat biasa bila hanya mengunjungi pantai yang ada di Bali Barat dan Selatan dekat perkotaan. Kali ini, objek wisata di Bali Utara yang terkenal wajib masuk dalam daftar kunjunganmu selanjutnya. Kawasan Bali Utara terkenal masih sangat asri dan suasananya masih khas pedesaan dataran tinggi.

Objek wisata di Bali Utara yang terkenal menyuguhkan panorama alam sangat menakjubkan. Mulai dari pantai, danau, air terjun, dan masih banyak lagi. Bila ingin belajar budaya termasuk wisata religi, objek wisata di Bali Utara yang terkenal siap memanjakanmu dengan wisata pura dengan suasanan yang sejuk dan menenangkan. 

Untuk sekadar berwisata bareng keluarga, objek wisata di Bali Utara yang terkenal seperti Kebun Raya Bedugul jangan dilewatkan. Objek wisata di Bali Utara ini berada di kawasan lindung bagi banyak tumbuhan khas daerah tropis di Kawasan Indonesia Timur.

Jangan lupa juga mampir ke Pantai Lovina dengan lumba-lumba yang akan membuatmu berdecak kagum. Berikut Liputan6.com ulas objek wisata di Bali Utara yang terkenal dari berbagai sumber, Kamis (24/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Objek Wisata di Bali Utara yang Terkenal

1. Danau Beratan

Danau Beratan merupakan objek wisata di Bali Utara yang terkenal, berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini merupakan salah satu dari tiga danau kembar di Bali dan berada di ketinggian kurang lebih 1239 mdpl. Objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini merupakan kawah hasil letusan gunung purba. Di pinggir danau Beratan terdapat Pura Ulun danu yang merupakan sebuah kompleks candi besar di Bali.

2. Anjungan Wanagiri

Objek wisata di Bali Utara yang terkenal ada anjungan wanagiri, terletak di Dusun Asih Panji, Desa Wanagiri, Kecematan Sukasa, Buleleng diresmikan sejak 2016. Di sini terdapat anjungan berbentuk kapal, yang memang diperuntukkan untuk para wisatawan berfoto. Jika dilihat sekilas, objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini mirip dengan kapal 'Titanic'. Kamu juga akan melihat keindahan alam Danau Buyan yang begitu menakjubkan. Cocok banget nih buat kamu yang doyan foto.

3. Kebun Raya Bedugul

Terletak di ketinggian lebih dari 1.250 mdpl di Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan ini membuat Kebun Raya Bedugul menjadi kawasan lindung bagi banyak tumbuhan khas daerah tropis di Kawasan Indonesia Timur. Lokasi objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini di tengah Pulau Dewata yang membuatnya semakin mempermudah wisatawan untuk sekedar singgah dan memanjakan mata dengan hamparan tumbuhan hijau nan cantik.

Lokasi objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini disebut juga menyimpan banyak koleksi tumbuhan yang seringkali digunakan saat umat Hindu menunaikan Upacara Adat. Hal tersebut diklaim berlangsung sejak tahun 1991. Hingga kini, Kebun Raya Bedugul disebut telah memiliki lebih dari 580 jenis tanaman.

3 dari 5 halaman

Objek Wisata di Bali Utara yang Terkenal

4. Air Terjun Desa Sambangan

Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng adalah surganya air terjun. Setidaknya di objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini ada empat air terjun memikat di sini yang siap menyambutmu bermain air, yaitu Air Terjun Pucuk, Air Terjun Kroya, Air Terjun Aling-aling, dan Air Terjun Cemara.

Air Terjun Pucuk di Sambangan memiliki ketinggian 16 meter. Air yang jatuh dari air terjun ini bikin segar mata yang memandang, apalagi kalau main air di sini! Selanjutnya, Air Terjun Kroya yang siap menguji adrenalinmu. Ketinggiannya 12 meter dengan seluncuran alami dari bebatuan yang menantang sekali. Di sisi lain, di objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini ada tebing dengan ketinggian 5 meter. Dari sinilah kamu bisa melompat dengan aman.

Mau yang lebih tinggi lagi? Air Terjun Aling-aling dengan ketinggian 32 meter siap memacu adrenalinmu. Pemandangannya juga tak kalah keren. Apalagi dengan dikelilingi pepohonan hijau, bikin kamu bernapas lega liburan di objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini.

5. Air Terjun Sekumpul

Untuk menuju ke objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini, tidaklah terlalu sulit. Dari Lovina, kamu sudah menemukan beberapa petunjuk jalan menuju air terjun ini. Lokasinya, berada di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Untuk masuk ke objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini tak dipungut biaya yang besar, cuma Rp 2.000 per orang. Cukup murah bukan?

6. Air Panas Banjar

Pemandian air panas Banjar mengandung sulfur dengan panas 37 derajat Celcius. Objek wisata di Bali Utara yang terkenal kolam ini dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit. Lokasinya yang asri dan dikelilingi pohon-pohon, membuat tubuhmu nyaman dan rileks berendam di kolam ini. Untuk menghindari keramaian, kamu bisa datang sebelum pukul 10.00 waktu setempat. Pemandian ini berada di Jalan Banjar, area Pantai Lovina.

4 dari 5 halaman

Objek Wisata di Bali Utara yang Terkenal

7. Pantai Lovina

Bagi sebagian orang, tidak asing lagi dengan objek wisata di Bali Utara yang terkenal satu ini. Banyak yang sudah tau dan bahkakan jatuh cinta pada keindahannya. Seperti yang sudah kamu ketahui, di objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini kamu bisa melihat secara langsung lumba-luma yang melombat tinggi.

Kamu bisa menyaksikan langsung dengan menggunakan perahu tradisional. Tak hanya itu kamu bisa melihat sekumpulan lumba-luma, ini akan menjadi pengalaman yang tak biasa dan cukup menakjubkan.

8. Pura Ulun Danu Bratan

Pura yang terletak sekitar 56 kilometer dari Kota Denpasar ini merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Butuh waktu sekitar 1 jam 49 menit menggunakan mobil dari Kota Denpasar ke pura yang berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan ini.

Bukan semata memiliki nuansa religius, objek wisata di Bali Utara yang terkenal seperti Pura Ulun Danu Beratan yang letaknya di kawasan Danau Bratan juga menawarkan panorama yang cantiknya bukan main. Cocok untuk kamu menghirup udara segar karena lingkungan yang asri, sekaligus hunting foto untuk mengisi feed media sosialmu.

Kamu juga bisa menikmati rekreasi air di objek wisata di Bali Utara yang terkenal Danau Bratan seperti naik speedboat, perahu tradisional bernama jukung, dan sepeda air bebek. Pura Ulun Danu Beratan juga sering menjadi tempat diadakannya berbagai acara, misalnya foto pre-wedding, festival seni, upacara Melasti (upacara penyucian diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi), dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Objek Wisata di Bali Utara yang Terkenal

9. Danau Buyan

Objek wisata di Bali Utara yang terkenal berupa danau yang di Buleleng ini menjadi incaran banyak orang karena pesonanya yang Insta-worthy banget. Terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, danau bernama Buyan Wanagiri ini memiliki spot anjungan yang mirip kapal laut ala-ala Titanic.

Selain spot anjungan kapal, kamu bisa hunting foto-foto apik lainnya di objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini. Misalnya, ayunan yang tergantung di pohon besar. Saat berfoto di sini, kamu akan mendapat background foto hamparan Danau Buyan beserta rerimbunan pohon yang breathtaking banget.

Objek wisata di Bali Utara yang terkenal berupa danau ini jaraknya sekitar 11 kilometer dari Desa Munduk ke arah timur laut. Jika menggunakan mobil dari Desa Munduk, kamu bisa menjangkaunya setelah perjalanan sekitar 21 menit.

10. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Kawasan objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Danau ini tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini. Di sekitar objek wisata di Bali Utara yang terkenal ini juga terdapat sejumlah pura yang menyimpan sejarah dan perkembangan peradaban dan kebudayaan Bali.

11. Pasar Candi Kuning

Berwisata alam rasanya tak lengkap jika tak menambahkan wisata belanja di daftar Anda. Tenang saja, wisata Bedugul juga menyajikan objek wisata di Bali Utara yang terkenal tepatnya di Pasar Candi Kuning.

Pasar tradisional yang satu ini tepatnya berada di kawasan Candikuning, Baturiti, Tabanan. Pasar yang menyuguhkan berbagai buah-buahan dan sayuran segar ini seringkali menjadi objek favorit wisatawan untuk melepas lelah dengan beristirahat sembari mengisi perut. Tak hanya itu, berbagai jenis cenderamata hingga pakaian khas pun juga berjajar rapi di hadapan pedagang Pasar Candi Kuning.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.