Sukses

16 Macam-Macam Ikan Koki Paling Diminati, Simak Karakteristik dan Harganya

Macam-macam ikan koki paling diminati, lengkap dari yang murah sampai paling mahal.

Liputan6.com, Jakarta Ingin memelihara ikan koki jangan asal membeli, ya. Pahami macam-macam ikan koki paling diminati agar proses pemeliharaannya lebih menyenangkan. Memilih ikan koki bisa disesuaikan dengan karakteristik yang diinginkan dan harga yang dianggarkan.

Macam-macam ikan koki paling diminati, lengkap dari yang murah sampai paling mahal. Untuk macam-macam ikan koki paling diminati dengan harga murah kelebihannya mudah ditemukan di pasaran begitu juga perawatannya tidak akan merepotkan.

Berbeda dengan macam-macam ikan koki paling diminati yang harganya mahal. Di pasaran stok ikan koki mahal pasti sulit ditemukan karena langka. Begitu pun bila sudah menemukan, perawatan ikan koki mahal berbeda dengan ikan koki murah, membutuhkan lebih banyak usaha.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam ikan koki paling diminati dari berbagai sumber, Kamis (3/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Macam-Macam Ikan Koki Paling Diminati

Macam-Macam Ikan Koki yang Komet

Salah satu macam-macam ikan koki paling diminati adalah ikan mas koki komet. Ikan mas komet yang diperkirakan berasal dari negara bagian Washington pada akhir 1800-an, hadir dalam beberapa variasi, dan yang paling populer adalah komet oranye metalik yang warnanya terlihat baik di kolam ikan mas.

Ikan mas komet mirip dengan jenis ikan mas pada umumnya dan sering disalahartikan, tetapi komet memiliki tubuh yang lebih ramping dengan sirip yang lebih terlihat dan memanjang; terutama sirip ekor, yang lebih dari setengah sampai tiga perempat ukuran tubuhnya sendiri.

Sirip ekor juga lebih runcing pada ujungnya dibandingkan dengan ikan mas pada umumnya. Ikan mas komet juga memiliki dua sirip dada dan sirip perut; sedangkan sirip punggung, sirip dubur dan sirip ekor akan tunggal.

Ikan mas komet rata-rata dibandrol mulai dari Rp 5000.

Macam-Macam Ikan Koki yang Lionhead

Sesuai dengan namanya, macam-macam ikan koki paling diminati ini memiliki bentuk kepala seperti kepala singa. Bahkan warna dari kepala ikan ini juga orange loh. Sama seperti ikan mas koki Oranda, ikan mas ini memiliki semacam mahkota yang membuat dia mirip dengan singa.

Ikan mas koki ini tidak memiliki sirip di punggungnya sehingga akan mudah sekali untuk mengenalinya. Untuk ukuran ikan mas koki ini bisa mencapai 10-16 cm. Sedangkan untuk warnanya juga sebenarnya beragam, ada warna kuning pucat menyerupai orange, putih, dan merah. Harganya sekitar Rp 50 ribu dengan ukuran 5-7 cm.

Macam-Macam Ikan Koki yang Bubble Eye

Ikan mas bubble eye memiliki bentuk tubuh, sirip, dan mata yang mengarah ke atas yang mirip dengan ikan angkasa, tetapi juga memiliki dua kantong kulit berisi cairan di pipinya. Spesimen berkualitas tinggi akan memiliki dua kantong yang sama berkembangnya yang berada tepat di bawah matanya. 

Saat macam-macam ikan koki paling diminati dengan mata gelembung berenang dan berubah arah, kantongnya akan memantul dan bermain mengejar langkah terakhir. Warna ikan mas mata gelembung berwarna metalik, beraneka ragam atau belacu. Kulit tipis yang membentuk kantong itu halus dan membutuhkan perawatan khusus untuk memastikannya tidak rusak. 

Hindari dekorasi atau substrat akuarium yang memiliki tepi tajam. Tempatkan gelembung udara di sudut dan jauh dari tempat ikan mas mata gelembung berenang. Pilih filter yang tidak memiliki asupan kuat atau yang menghasilkan arus kuat. Beli lampu akuarium dengan watt rendah. Tempatkan hanya ikan mas mata gelembung dengan keturunan ikan mas lain yang penglihatannya buruk dan ikan mas yang berenang lambat seperti pompon. Harga jenis ikan mas koki ini sekitar Rp 40.000.

3 dari 7 halaman

Macam-Macam Ikan Koki Paling Diminati

Macam-Macam Ikan Koki yang Fantail Goldfish

Tubuh salah satu macam-macam ikan koki paling diminati ini umumnya berukuran sekitar tiga per lima dari panjang keseluruhannya dan memiliki penampilan berbentuk telur. Satu-satunya sirip pada ikan mas fantail adalah sirip punggung; semua sirip lainnya dipasangkan, termasuk sirip ekor yang terbelah di tengah dengan tampilan bercabang di setiap sirip. 

Terlepas dari sirip fantail, semuanya kokoh dan membulat di bagian ujung menyerupai, bilah kipas. Ini paling terlihat saat melihat sirip ekor ekor langsung dari atas. Ikan mas fantail datang dalam berbagai warna mulai dari warna metalik (satu warna) hingga beraneka ragam (beberapa warna), termasuk calico. 

Macam-macam ikan koki paling diminati seperti fantail yang berkualitas baik akan memiliki keseimbangan warna yang baik di kedua sisi tubuhnya, sedangkan ikan mas fantail termasuk dalam varietas ikan mas fancy, dan sering dikembangbiakkan untuk dipamerkan, mereka adalah spesies yang sangat tangguh dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk pemula atau untuk kolam ikan mas luar ruangan Anda. 

Perawatan yang tepat, fantail Anda dapat hidup lebih dari sepuluh hingga dua puluh tahun. Saat dewasa, fantail bisa memiliki panjang enam hingga delapan inci. Harga ikan mas koki fantai sendiri lebih mahal dari ikan mas lainnya yaitu sekitar Rp 30.000.

Macam-Macam Ikan Koki yang Oranda

Ikan mas koki ini berasal dari China dan Jepang, bahkan sudah sangat mendunia karena banyak sekali yang mencarinya. Macam-macam ikan koki paling diminati ini memiliki bentuk kepala yang menyerupai mahkota dari buah beri, berwarna merah dengan warna badan putih dominan. Ikan ini juga memiliki sirip di punggungnya. Harga dari ikan mas koki ini Rp 50 ribu untuk ukuran 5-10 cm.

 

4 dari 7 halaman

Macam-Macam Ikan Koki Paling Diminati

Macam-Macam Ikan Koki yang Panda

Sesuai dengan namanya, macam-macam ikan koki paling diminati seperti koki panda iki memiliki wajah yang menyerupai panda bahkan warnanya juga. Bentuk tubuhnya bulat, kemudian pada bagian mata, dan siripnya berwarna hitam. Sedangkan badannya berwarna putih dan abu-abu.

Namun sayangnya macam-macam ikan koki paling diminati ini sulit sekali ditemukan di pasaran karena sulit untuk dibudidayakan. Ukuran ikan mas koki ini bisa mencapai 20-30 cm. Sedangkan untuk harga ikan mas koki ukuran 3-10 cm sekitar Rp 100 ribu.

Macam-Macam Ikan Koki yang The Curled-Gill

Ikan mas koki ini memiliki bentuk insang yang terbalik, sehingga membuat ikan iki sangat berbeda dengan jenis ikan yang lain. Nama macam-macam ikan koki paling diminati ini adalah Reversed-Gill Goldfish. Insang yang dimilikinya terbalik, warna tubuhnya silver menyerupai orange, dan ekornya juga berbentuk seperti kipas. Ciri yang seperti inilah kemudian ikan mas koki ini menjadi primadona para pecinta ikan nusantara maupun mancanegara. Harganya sekitar Rp 50 ribu dengan ukuran 7-10 cm.

Macam-Macam Ikan Koki yang Ryukin

Jenis ikan mas koki Ryukin ini memiliki moncong yang lancip dan punggung yang bungkuk. Ukuran dari macam-macam ikan koki paling diminati ini bisa mencapai 21 cm bahkan ada yang mengatakan bisa mencapai 30 cm jika dirawat dengan baik. Harganya sekitar Rp 10.000. Warna dari macam-macam ikan koki paling diminati ini juga cukup beragam, yaitu, kuning, oranye, merah, dan putih yang membuatnya dikenal sebagai ikan koki tercantik di dunia. Tentu nya, harga dari ikan ini juga mahal.

5 dari 7 halaman

Macam-Macam Ikan Koki Paling Diminati

Macam-Macam Ikan Koki yang Ranchu

Jenis ikan mas koki satu ini masih tergolong baru di Indonesia, namun macam-macam ikan koki paling diminati ini memiliki warna-warna yang cantik seperti merah, oranye dan putih.  Ikan ini biasa dibanderol dengan harga Rp 30.000.

Ikan mas koki ranchu memiliki ciri-ciri yaitu tidak memiliki sirip pada bagian punggung nya, dan memiliki jambul pada bagian kepala nya. Bentuk tubuh nya bungkuk dan memiliki pola sisik seperti mutiara pada bagian punggung nya. Ikan ranchu mampu hidup selama 10 tahun dengan ukuran yang mencapai 30 cm.

Macam-Macam Ikan Koki yang The Black Telescope

Macam-macam ikan koki paling diminati berikutnya tidak jauh berbeda dari The White Telelscope. Jika The White Telescope mempunyai warna putih, The Black Telescope mempunyai warna tubuh hitam yang mendominasi. Jenis ikan koki ini juga dikenal dengan nama Black Moor atau Broadtail Moor.

Ikan koki jenis ini mempunyai panjang tubuh hingga 15 cm. Bukan hanya itu, usia hidupnya juga cukup lama yaitu antara 6 – 15 tahun. Black Telescope ini juga mempunyai sepasang mata menonjol yang terlihat jelas sebagai ciri khasnya. Harga ikan koki jenis ini cukup terjangkau, yaitu sekitar 25.000 rupiah saja.

Macam-Macam Ikan Koki yang Black Moor

Jeni ikan mas koki yang warnanya tidak terang adalah ikan mas koki black moor. Sesuai dengan namanya, macam-macam ikan koki paling diminati yang satu ini memiliki warna yang hitam pada seluruh bagian tubuh nya dengan mata nya yang menyerupai teleskop.

Jika kamu ingin memelihara ikan ini, kamu tidak perlu terlalu repot karena cara merawat nya cukup mudah. Kamu hanya perlu memberi nya pelet setiap hari secara teratur. Harganya ada pada kisaran Rp 25.000.

6 dari 7 halaman

Macam-Macam Ikan Koki Paling Diminati

Macam-Macam Ikan Koki yang Fancy Telescope Goldfish

Jenis ikan koki berikutnya adalah Fancy Telescope Goldfish. Macam-macam ikan koki paling diminati ini dikenal dengan Mata Naga atau Mata Globe. Seperti namanya, ikan koki ini mempunyai bentuk mata yang menyembul keluar seperti melotot.

Biasanya ikan koki yang berbentuk bulat ini mempunyai warna putih dan kuning pucat di bagian bawah perut. Ini juga termasuk salah satu jenis ikan koki yang mempunyai ciri khas menarik. Ikan koki ini bisa Anda dapatkan dengan harga 20.000 rupiah saja.

Macam-Macam Ikan Koki yang Fancy Pearlscale

Macam-macam ikan koki paling diminati berikutnya adalah Fancy Pearlsccale. Berbeda dengan jenis ikan koki lainnya, Pearlscale mempunyai bentuk sisik unik yang timbul seperti mutiara.

Biasanya macam-macam ikan koki paling diminati ini mempunyai kombinasi warna yang beragam. Mulai dari putih polos, merah putih, kuning, atau warna belang.

Ikan koki ini mempunyai panjang yang dapat tumbuh sekitar 5 – 7 cm. Ikan koki ini bisa didapatkan dengan harga 25.000 rupiah per ekornya.

7 dari 7 halaman

Macam-Macam Ikan Koki Paling Diminati

Macam-Macam Ikan Koki yang Tamasaba

Ikan mas koki ini berasal dari Jepang dengan nama lain Sabao. Bentuk dan warna macam-macam ikan koki paling diminati ini unik karena tidak sama dengan ikan mas koki yang lain. Ikan ini memiliki bentuk bulat dan ekor serta sirip yang lebih panjang. Bahkan ekornya juga hanya ada satu layer, tidak banyak seperti ikan mas koki yang lain. Harga ikan mas koki ini sekitar Rp 45 ribu dengan ukuran 5-10 cm.

Macam-Macam Ikan Koki yang Mutiara

Macam-macam ikan koki paling diminati berikutnya adalah ikan mas koki mutiara. Ciri khas dari macam-macam ikan koki paling diminati ini adalah pola dari sisik nya membentuk seperti mutiara dengan perut yang besar dan bulat seperti bola. Banyak yang mencari ikan koki mutiara karena disebut sebagai ikan koki tercantik yang cocok untuk di pelihara, dan harga nya juga lumayan mahal.

Ikan mas koki mutiara dengan panjang 5-7 cm ini dijual dengan harga Rp 25.000.

Macam-Macam Ikan Koki yang The White Telescop

Seperti namanya, macam-macam ikan koki paling diminati ini memiliki warna tubuh yang dominan putih dan bentuk tubuhnya menyerupai kok teleskop. Matanya juga lebih menonjol daripada ikan mas koki yang lain.

Meskipun ada juga ikan mas koki Teleskop berwarna hitam, tetapi yang paling banyak dicari adalah ikan mas koki Teleskop berwarna putih. Ukurannya bisa mencapai 20 cm atau 6 inci. Harganya untuk ikan mas koki ukuran 5-10 cm sekitar Rp 40 ribu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.