Sukses

Arti Mukbang dalam Bahasa Korea, Bukan Makan Besar

Arti mukbang menjadi sangat meluas penggunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Arti mukbang pasti sudah tak asing ditelinga. Istilah ini sering muncul di platform video streaming, seperti YouTube. Arti mukbang menjadi sangat meluas penggunaannya. Mukbang identik dengan video makan dalam jumlah besar.

Arti mukbang sebenarnya berasal dari bahasa Korea. Arti mukbang kemudian mulai mengglobal dan banyak ditiru oleh orang di seluruh dunia. Arti mukbang bisa sangat menarik dan menontonnya bisa sangat menghibur.

Ada banyak channel YouTube yang menampilkan video mukbang. Penggemar mukbang juga sangat banyak dan bisa menjangkau jutaan penonton. Bagi kamu yang gemar menonton video di YouTube, penting mengetahui apa arti mukbang.

Apa sebenarnya arti mukbang asal Korea ini? Berikut arti mukbang, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (12/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Asal kata mukbang

Mukbang berasal dari bahasa Korea. Arti mukbang adalah portmanteau dari kata-kata Korea untuk meongneun yang artinya makan dan bangsong yang artinya siaran. Mukbang merupakan gabungan dari dua kata Korea, muk-ja untuk "makan" dan bang-song untuk "siaran"

Secara umum, arti mukbang adalah aktivitas makan yang disiarkan. Mukbang bisa berarti siaran makan. Mukbang menampilkan seseorang saat mereka menikmati makanan lezat. Kata Korea untuk acara makan, "mukbang," telah diadopsi secara luas dalam jenis acara makan lainnya, seperti acara yang menampilkan ASMR di platform seperti YouTube.

3 dari 6 halaman

Arti mukbang

Mungkin banyak yang menyalahartikan mukbang sebagai makan dalam jumlah banyak. Padahal, arti mukbang sendiri adalah siaran makan. Jadi arti mukbang bukan berfokus pada aktivitas makan dalam jumlah besar, tapi aktivitas menyiarkan diri saat sedang makan.

Arti mukbang dikenal sebagai acara makan. Ini merupakan siaran audiovisual secara online di mana host mengkonsumsi berbagai jumlah makanan saat berinteraksi dengan penonton. Mukbang biasanya direkam sebelumnya atau disiarkan langsung melalui webcast di platform streaming.

Dalam versi langsung, pembawa acara mukbang mengobrol dengan penonton sementara penonton mengetik secara real-time di ruang obrolan langsung, menciptakan komunikasi multimodal. Acara makan memperluas pengaruhnya di platform penyiaran internet dan berfungsi sebagai komunitas virtual dan tempat untuk komunikasi aktif di antara pengguna internet.

 

4 dari 6 halaman

Tren mukbang

Istilah mukbang mulai populer di Korea Selatan pada tahun 2010. Tren ini kemudian mengglobal dan ditiru banyak negara. Memproduksi video mukbang bahkan menjadi karier dengan pendapatan tinggi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Nasional Seoul menemukan bahwa dalam jangka waktu dua tahun (April 2017 hingga April 2019) istilah "mukbang" ditelusuri lebih dari 100.000 video dari YouTube.

Di Korea Selatan, mukbanger profesional dapat menghasilkan hingga $10.000 sebulan. Dengan memasak dan mengonsumsi makanan di depan kamera untuk audiens yang besar, mukbanger menghasilkan pendapatan dari iklan, sponsor, endorsement, serta dukungan penonton.

5 dari 6 halaman

ASMR dalam mukbang

Mukbang kerap dikaitkan dengan ASMR. ASMR adalah singkatan dari Autonomous sensory meridian response. ASMR mengacu pada perasaan menyenangkan dan sering kali tidak disengaja yang didapat penonton dari menonton video "merangsang" sensorik tertentu.

Makan ASMR adalah tindakan yang dapat menimbulkan sensasi kesemutan di otak, kepala, leher, dan tulang belakang melalui suara dan visual orang yang menggigit, mengunyah, dan menyeruput berbagai jenis makanan.

Orang-orang yang mengalami fenomena ini mengklaim bahwa mereka menerima kesenangan luar biasa dari menonton atau mendengarkan kebiasaan sehari-hari seperti berbisik, menyisir rambut, melipat pakaian dan banyak lagi.

ASMR dalam mukbang sangat disukai. Suara ASMR pada makanan biasanya seperti menyeruput, menggigit, mengunyah, dan banyak suara lain yang dipancarkan saat makan. Ini membuat penonton mengasosisasikan makanan sebagai kesenangan.

6 dari 6 halaman

Kritik mukbang

Meski banyak disukai penonton, aksi mukbang juga mendapat kritikan. Mukbang dianggap sebagai kebiasaan makan yang tidak sehat, kekejaman terhadap hewan, dan limbah makanan.

Kebiasaan makan tidak sehat

Volume makanan dan cara konsumsinya dalam mukbang telah dikritik karena menormalkan dan mengagungkan kerakusan atau makan berlebihan. Sebuah studi, yang menyelidiki popularitas mukbang dan dampak kesehatannya terhadap publik, menganalisis liputan media, artikel, dan konten video YouTube yang terkait dengan "mukbang".

Hasilnya, orang yang sering menonton mukbang mungkin lebih rentan untuk memiliki pola makan yang buruk. kebiasaan dan merasakan dorongan untuk makan makanan setiap kali dapat dilihat.

Limbah makanan

Jumlah makanan yang berlebihan dikonsumsi dan terbuang selama mukbang. Ada mukbanger yang videonya diedit dan mukbanger sebenarnya tidak menelan makanan.

Kekejaman pada hewan

Ssoyoung, seorang streamer mukbang populer, telah menerima banyak kritik karena melakukan kekejaman terhadap makhluk laut hidup sebelum dan selama konsumsi mereka dalam video mukbang-nya. Contoh hewan hidup yang mengalami cedera tubuh berkepanjangan saat hidup termasuk ikan, hiu, kepiting, cumi-cumi, dan gurita. Penonton Korea juga mengkritik Ssoyoung karena mengklaim bahwa beberapa makanan "eksotis" miliknya normal dalam masakan dan budaya Korea.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.