Sukses

Lama Permainan Sepak Bola adalah 90 Menit, Ketahui Aturan Lengkapnya

Permainan lapangan ini tentunya memiliki aturan main sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Lama permainan sepak bola adalah aturan main yang penting diketahui. Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia. Biasanya, lama permainan sepak bola adalah aturan yang sudah diterapkan secara umum di semua pertandingan sepak bola.

Permainan lapangan ini tentunya memiliki aturan main sendiri. Secara profesional, aturan main sepak bola biasanya sudah disepakati secara umum. Aturan inilah yang digunakan dalam pertandingan sepak bola baik dari skala lokal maupun internasional.

Lama permainan sepak bola adalah bagian dari aturan yang ada. Biasanya lama permainan sepak bola adalah terdiri dari dua babak. Mengetahui lama permainan sepak bola adalah dasar penting sebelum bermain.

Lama permainan sepak bola adalah dasar aturan bermain permainan ini. Biasanya, lama permainan sepak bola adalah tidak sampai lebih dari dua jam. Berikut lama permainan sepak bola, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(2/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara bermain sepak bola

Tujuan permaianan sepak bola adalah untuk mencetak lebih banyak gol dari tim lawan. Ini dilakukan dengan menggiring bola melewati kiper dan masuk gawang lawan. Tim harus melakukan ini sebelum waktu pertandingan habis.

Tim juga harus mencegah lawannya memasukkan bola ke gawang mereka. Untuk mencetak gol bola harus masuk ke gawang lawan. Seluruh bola harus melewati garis agar menjadi gol yang sah. Gol dapat dicetak dengan bagian tubuh mana pun selain tangan atau lengan hingga bahu. Setelah permainan selesai, tim yang mencetak gol terbanyak (berapa kali bola masuk ke gawang) dinyatakan sebagai pemenang.

3 dari 7 halaman

Jumlah pemain

Sepak bola terdiri dari dua tim yang terdiri dari 11 pemain. Salah satu pemain dianggap sebagai penjaga gawang (kiper) dan tujuan pemain tersebut adalah untuk tidak membiarkan bola masuk ke gawang. Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang boleh memegang bola tetapi hanya di daerah pinalti yang dipertahankannya.

Tujuan sepuluh pemain lapangan lainnya adalah mencetak gol dengan memasukkan bola ke gawang lawan, sambil berusaha menghindari kebobolan gol. Mereka melakukan ini dengan menggiring bola, mengoper, dan akhirnya menembak bola. Para pemain lapangan dapat menggunakan bagian mana pun dari tubuh mereka kecuali tangan atau lengan mereka.

4 dari 7 halaman

Lama permainan sepak bola

Setiap permainan sepak bola terdiri dari dua babak. Tiap babak, lama permainan sepak bola adalah 45 menit. Di antara dua babak ini, ada satu waktu istirahat paling lama 15 menit. Wasit dapat membuat kelonggaran waktu yang hilang di setiap babak.

Dalam kasus seri, dan tergantung pada peraturan kompetisi, wasit dapat memberi perpanjangan waktu dengan lama permaianan sepak bola adalah 30 menit. Seringkali ini adalah dua periode masing-masing 15 menit. Jika skor masih imbang setelah perpanjangan waktu, tim melanjutkan ke adu penalti untuk menentukan pemenang.

5 dari 7 halaman

Lapangan sepak bola

Lapangan harus berbentuk persegi panjang dan alami atau buatan. Ukuran lapangan berbanding lurus dengan pertandingan liga dan internasional. Umumnya, lapangan sepak bola harus berukuran 105 x 68 meter (115 yd × 74 yd), tetapi seringkali setiap lapangan memiliki dimensi yang berbeda.

Sisi lapangan yang lebih panjang disebut garis sentuh, sedangkan sisi yang lebih pendek disebut garis gawang. Bidang dibagi menjadi dua bagian dengan masing-masing tim mempertahankan tujuan mereka sendiri.

Berdekatan dengan garis gawang adalah kotak 18 yard dan 6 yard, yang menandakan di mana gawang dan penjaga gawang berada. Kotak 18 yard juga dikenal sebagai area penalti, dari mana tembakan penalti dapat dilakukan setelah pelanggaran dilakukan oleh tim yang bertahan.

6 dari 7 halaman

Formasi pemain

Meskipun ada 11 pemain dalam satu tim, ada beberapa cara yang umum digunakan untuk mengatur formasinya. Tiga formasi yang paling umum digunakan saat ini mungkin adalah 4-5-1, 4-3-3, dan 4-4-2 (catatan: # pertama adalah # pemain bertahan, gelandang kedua, dan penyerang ketiga) meskipun ada adalah beberapa variasi yang berbeda dari masing-masing.

Dua variasi dari 4-4-2 adalah "flat back four" dan "diamond back" atau "sweeper, stopper" di mana keempat pemain bertahan membentuk berlian dengan stopper di depan sweeper. Formasi lain yang kurang umum digunakan adalah 3-6-1, 4-2-4, dan 3-5-2. Perubahan formasi dapat dilakukan sesuai dengan posisi permainan.

7 dari 7 halaman

Tugas pemain

Kiper

Tiap tim memiliki satu kiper atau penjagan gawang. Kiper adalah satu-satunya pemain yang boleh memegang bola dengan tangan. Mereka hanya boleh menangani bola dalam batas gawang mereka. Kiper harus mencoba dan menghentikan tim lain untuk mencetak gol. Kiper bertugas menghentikan shoot dan menggiring bola setelah serangan lawan.

Pemain bertahan/bek

Pemain bertahan atau bek bertugas mencoba dan menghentikan tim lain dari mencetak gol dengan melindungi gawang mereka. Pemain bertahan akan tetap berada di gawang dan mengisi ruang untuk membuat serangan ketika lawan mendekati gawang. Pemain bertahan adalah pertahanan yang kuat dan penting. Beberapa jenis bek termasuk bek tengah, luar, dan sayap.

Gelandang

Gelandang biasanya diposisikan di dekat tengah lapangan dan bertugas melakukan pertahanan dan serangan. Mereka adalah pemain di antara bek dan striker. Mereka mengoper bola ke striker sehingga mereka bisa mencetak gol. Gelandang juga membantu bek (dengan mempertahankan gawang mereka) dan striker (dengan mencoba mencetak gol sendiri).

Striker

Striker juga dikenal sebagai penyerang. Mereka mencoba mencetak gol dengan menendang bola ke gawang tim lain. Striker bermain di dekat gawang lawan. Striker termasuk posisi populer dalam tim sepak bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.