Sukses

Pengertian Sepak Bola, Peran, dan Aturan-Aturannya yang Perlu Diketahui

Pengertian sepak bola perlu kamu ketahui agar lebih memahami permainan 11 lawan 11 ini.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian sepak bola mungkin belum dipahami semua orang, walaupun sudah menjadi salah satu olahraga terfavorit. Tidak akan sulit menemukan orang-orang bermain bola ataupun para fans fanatik tim sepak bola di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Tidak heran setiap pertandingan sepak bola selalu penuh oleh penonton. Dari orang tua hingga anak-anak, laki-laki maupun perempuan berebut untuk menonton tim kesayangannya. Magnet sepak bola memang sudah menjalar ke mana-mana.

Pengertian sepak bola perlu kamu ketahui agar lebih memahami permainan 11 lawan 11 ini. Dari pertandingan resmi yang disaksikan banyak penonton di stadion, hingga permainan sepak bola anak-anak di gang-gang kompleks adalah bukti besarnya olahraga satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/7/2021) tentang pengertian sepak bola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Sepak Bola

Sekarang ini siapa yang tidak mengenal Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua bintang sepak bola yang telah mencatatkan berbagai rekor di dunia sepak bola. Keduanya dikenal sebagai dua pemain terbaik yang saling bersaing mencatatkan berbagai prestasi. Kedua pemain sepak bola paling terkenal di dunia tersebut merupakan contoh betapa besarnya olahraga satu ini.

Pengertian sepak bola memang semakin meluas dengan semakin mendunianya olahraga satu ini. Sepak bola tidak hanya sekadar kompetisi lagi, namun juga ajang saling mempererat hubungan antarnegara di dunia.

Pengertian sepak bola menurut Encyclopedia Britannica (2015) adalah jenis olahraga yang dilakukan atau dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu tersebut memiliki 11 anggota dan berusaha untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Hanya diperbolehkan menggunakan kaki dalam mamainkan olahraga ini, kecuali kiper yang diperbolehkan menangkan bola menggunakan tangannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian sepak bola adalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan  yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Sejarah olahraga sepak bola (permainan menendang bola) ini dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok, yaitu pada masa Dinasti Han. Pada masa tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil.

Namun, sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan. Meskipun sepakbola menjadi fenomena yang digandrungi dari Inggris, olahraga ini perlahan menyebar ke negara-negara Eropa lainnya.

Sehingga pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk. Setelah itu pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. Olahraga sepak bola ini awalnya dimasukkan sebagai olahraga resmi dalam olimpiade pada tahun 1908.

Setelah itu, kompetisi Piala Dunia atau World Cup pertama kali diadakan pada tahun 1930 di Uruguay, sehingga membuat sepak bola semakin populer di dunia internasional. Kemudian pada tahun 1996, sepak bola wanita ditambahkan untuk pertama kalinya.

3 dari 4 halaman

Peran Pemain, Pelatih, dan Wasit dalam Sepak Bola

Pengertian sepak bola sebagai olahraga yang dimainkan oleh sebelas orang pemain dalam satu tim tentunya membuat kamu bertanya-tanya, apa saja peran masing-masing pemain. Pada dasarnya, satu tim sepak bola terdiri dari 1 orang kiper atau penjaga gawang, 2-5 orang bek atau pemain bertahan, 2-5 orang gelandang atau pemain tengah, dan 1-3 orang striker atau penyerang.

Namun, pertama-tama kamu juga perlu mengenali tentang pelatih yang menjadi otak permainan sepak bola sebuah tim. Pelatih diharapkan mampu membimbing para pemain dari sebuah tim untuk meningkatkan performa dan bermain dengan baik dalam mencapai kemenangan. Tugas yang berat tersebut membuat pelatih juga memiliki tim pelatih tersendiri.

Penjaga gawang (kiper) adalah satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangan untuk menghalangi bola menuju gawang. Umumnya, penjaga gawang mengenakan pakaian (jersey) yang berbeda dengan pemain lainnya. Selanjutnya, pemain bertahan (bek) memiliki tugas utama untuk menghalangi dan menutup pergerakan tim lawan.

Pemain tengah (gelandang) biasanya terdiri dari pemain tengah serang yang bermain dekat dengan penyerang dan pemain tengah bertahan yang bermain dekat dengan pemain bertahan. Tugas utama pemain tengah adalah mengatur tempo permainan dan menjadi penyokong peran bek dan striker dalam tim. Terdapat pula pemain sayap (winger) yang bertugas di sisi kanan atau kiri lapangan. Sementara itu, penyerang (striker) memiliki tugas utama untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Wasit merupakan pengadil lapangan yang sangat penting dalam pengertian sepak bola. Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan.

Wasit menggunakan peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola. Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan.

Hakim garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside.

Petugas terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung dan memberikan info mengenai tambahan waktu di akhir setiap babak. Petugas ini juga bertugas memeriksa pergantian pemain dan menjadi penghubung antara manajer tim dengan wasit.

Belakangan juga ada tekonologi penggunaan video yang membantu wasit dalam mengambil keputusan dalam pertandingan, yang dinamakan VAR (Video Assistant Referee). Teknologi ini sangat membantu dalam menentukan apakah suatu bola telah melewati garis atau apakah seorang pemain berada dalam keadaan offside ketika mencetak gol.

4 dari 4 halaman

Aturan dalam Sepak Bola

Pengertian sepak bola juga harusnya diikuti dengan pemahaman aturan-aturan mainnya. Ada berbagai peraturan yang perlu dipahami dalam permainan sepak bola. Lapangan sepak bola internasional memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter, untuk pertandingan dewasa.

Pada bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Di bagian depan dari gawang terdapat area penalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang. Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidak.

Waktu permainan sepak bola normal adalah 2 X 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama kuat, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2 X 15 menit, hingga didapat pemenang. Namun, jika masih sama kuat maka diadakan adu penalti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.