Sukses

Cara Mencegah Heat Stroke, Siap Hadapi Serangan Cuaca Panas

Informasi seputar cara mencegah heat stroke, beserta dengan gejala-gejala yang perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Heat stroke adalah kondisi medis serius yang dapat terjadi ketika suhu inti tubuh naik ke tingkat yang berbahaya. Hal ini sering disebabkan oleh paparan suhu tinggi, terutama jika dikombinasikan dengan kelembaban tinggi, dan dapat menyebabkan berbagai gejala termasuk kebingungan, pusing, dan bahkan kehilangan kesadaran. Dalam kasus yang parah, Heat Stroke bisa mengancam nyawa, jadi penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahannya.

Kabar baiknya adalah ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko Heat Stroke, bahkan dalam cuaca terpanas sekalipun. Dengan mengikuti beberapa pedoman sederhana dan melakukan beberapa tindakan pencegahan, Anda dapat menjaga tubuh tetap dingin dan terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan panas.

Penting juga untuk mengetahui gejala Heat Stroke, sehingga Anda dapat mengambil tindakan jika Anda atau orang lain mengalaminya. Gejala-gejala ini termasuk suhu tubuh yang tinggi, detak jantung yang cepat, sakit kepala, mual, kebingungan, dan bahkan kejang. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala-gejala ini, segera dapatkan bantuan medis.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (4/5/2023). Informasi seputar cara mencegah heat stroke, beserta dengan gejala-gejala yang perlu diperhatikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Heat Stroke 

Strategi 1 : Tetap bugar sepanjang musim untuk mengalahkan panas.

Untuk mencegah Heat Stroke, penting untuk memiliki tubuh yang bugar secara fisik yang dapat menahan panas. Di awal musim panas ketika suhu mulai naik, lakukan olahraga ringan setiap hari dan pastikan Anda makan dengan benar dan tidur yang cukup.

1. Sering minum

Bahkan jika Anda tidak haus, sering-sering lah minum. Minuman olahraga dan minuman lain yang mengandung garam atau gula dapat membantu Anda menyerap kelembaban dengan lancar dan membantu mengisi kembali natrium yang hilang akibat keringat.

2. Dapatkan natrium yang cukup

Tidak perlu makan banyak garam, tapi pastikan cukup natrium dalam makanan sehari-hari. Pada hari-hari Anda banyak berkeringat, berhati-hatilah untuk mendapatkan cukup natrium. Namun, jika dokter Anda membatasi asupan cairan dan natrium, harap ikuti petunjuk dokter setelah konsultasi.

3. Pertahankan lingkungan tidur yang nyaman

Persiapkan lingkungan tidur Anda menggunakan tempat tidur yang dapat bernapas dengan daya serap air yang baik dan penggunaan AC atau kipas angin listrik secukupnya, untuk mencegah Heat Stroke saat Anda tidur. Tidurlah yang nyenyak setiap malam untuk mencegah Heat Stroke keesokan harinya.

4. Membangun tubuh yang kuat

Makan makanan seimbang, tidur nyenyak, dan bangun tubuh yang kuat. Penting untuk mengatur kondisi fisik Anda agar tubuh Anda tahan terhadap Heat Stroke.

Strategi 2 : Rancang kehidupan sehari-hari Anda untuk menghadapi panas.

Panas dapat ditoleransi dengan kecerdikan dan kesiapan. Penyejuk udara sedang akan menjaga suhu dalam ruangan tetap nyaman dan pemikiran kreatif tentang apa yang Anda kenakan akan membantu Anda menghindari risiko Heat Stroke. Gunakan pelindung matahari untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung dan biasakan untuk selalu memperhatikan risiko Heat Stroke di lingkungan tempat Anda berada.

1. Selalu perhatikan suhu dan kelembapan

Selalu perhatikan suhu dan kelembaban lingkungan tempat Anda berada. Saat berada di dalam ruangan, cegah suhu dan kelembaban naik dengan menghalangi sinar matahari langsung dan memperbaiki ventilasi.

2. Tetap sejuk di dalam ruangan

Dinginkan suhu ruangan dengan kipas angin listrik atau AC. Jangan mencoba menahan panas untuk penghematan daya yang berlebihan atau berpikir bahwa Anda dapat mengatasinya.

3. Jadilah kreatif dengan apa yang Anda kenakan

Kontrol seberapa panas perasaan Anda dengan mengenakan pakaian yang tepat. Pilih kain yang bernafas, seperti rami atau katun. Untuk pakaian dalam, pilihlah bahan yang menyerap dan cepat kering.

4. Hindari sinar matahari langsung

Kenakan topi atau bawa payung untuk melindungi diri dari sinar matahari langsung. Berjalan dan lakukan aktivitas di tempat teduh saat Anda bisa.

5. Jauhkan produk pendingin pada Anda

Gunakan produk pendingin seperti seprai dan syal pendingin, dan bantal es. Semua jenis produk ini tersedia, mulai dari barang untuk penggunaan sehari-hari hingga barang yang membantu Anda tidur di malam musim panas yang tidak nyaman. Dinginkan tubuh Anda secara lebih efisien dengan menyejukkan tempat pembuluh darah besar yang dekat dengan permukaan, seperti pangkal leher.

Strategi 3 : Ambil tindakan untuk melindungi diri Anda dari panas terutama saat dan di tempat yang paling Anda butuhkan.

Saat berolahraga di bawah terik matahari atau bekerja di lingkungan tanpa AC, Anda perlu mengambil tindakan untuk melindungi diri dari bahaya Heat Stroke. Pastikan untuk mendapatkan cukup cairan dan natrium, dan sering beristirahat.

1. Bawa selalu minuman bersama Anda

Saat Anda pergi keluar, selalu bawa botol minuman agar Anda dapat segera rehidrasi saat memikirkannya.

2. Beristirahatlah secara teratur

Saat mengambil bagian dalam aktivitas di mana Anda terpapar panas atau sinar matahari, sering-seringlah beristirahat dan ingatlah untuk bersantai.

3. Perhatikan indeks Heat Stroke

Waspadai risiko Heat Stroke dengan memperhatikan indeks Heat Stroke yang ditampilkan pada pengukur indeks Heat Stroke, televisi, atau internet.

3 dari 4 halaman

Apa itu Heat Stroke?

Heatstroke adalah kondisi yang mengancam jiwa di mana tubuh Anda terlalu panas dan tidak dapat lagi mempertahankan suhu yang sehat. Anda dapat menghindari Heat Stroke dengan mengambil tindakan pencegahan dalam cuaca yang sangat panas .

Heatstroke terjadi ketika suhu tubuh Anda naik dari sekitar 37°C hingga di atas 40°C. Kadang-kadang disebut hipertermia. Dehidrasi dan kelelahan akibat panas adalah penyakit yang berhubungan dengan panas yang lebih ringan. Mereka dapat menyebabkan Heat Stroke jika tidak diobati.

Heatstroke membutuhkan pertolongan pertama segera untuk menurunkan suhu tubuh Anda secepat mungkin. Jika tidak, dapat menyebabkan kerusakan organ dan kematian. Risiko kematian meningkat semakin panas Anda dapatkan dan semakin lama Anda kepanasan.

Heatstroke disebabkan oleh kontak yang terlalu lama dengan panas. Itu bisa terjadi ketika tubuh Anda menyerap lebih banyak panas daripada yang bisa dihilangkan dengan berkeringat. Anda bisa terkena Heat Stroke di dalam atau di luar ruangan. Ini lebih mungkin terjadi dalam cuaca panas dan lembab.

Anda bisa terkena Heat Stroke jika bekerja atau berolahraga dalam kondisi panas tanpa aliran udara yang baik dan jika Anda tidak minum cukup air. Anda berisiko lebih tinggi jika Anda:

  1. Lebih dari 75 tahun, atau sangat muda
  2. Hamil atau menyusui
  3. Kegemukan
  4. Tidak fit secara fisik
  5. Memakai pakaian berlebih
  6. Dipengaruhi oleh kondisi kesehatan kronis atau infeksi
  7. Minum obat yang menyebabkan kekeringan atau membuat lebih sedikit berkeringat
4 dari 4 halaman

Gejala Heat Stroke 

Jika Anda mengalami Heat Stroke, biasanya Anda tidak akan berkeringat. Kulit Anda mungkin merah, panas dan kering. Kelelahan karena panas adalah penyakit ringan terkait panas yang dapat menyebabkan Heat Stroke jika tidak ditangani, jadi penting untuk mengenali gejalanya sejak dini. Jika Anda mengalami kelelahan akibat panas, biasanya Anda akan banyak berkeringat, dan memiliki kulit yang pucat, dingin, dan lembap.

Gejala kelelahan panas lainnya meliputi:

  1. Pusing dan lemah
  2. Sakit kepala
  3. Mual atau muntah
  4. Denyut nadi cepat dan cepat, pernapasan dangkal
  5. Kram otot (dikenal sebagai kram panas)
  6. Pingsan
  7. Merasa gelisah dan cemas
  8. Ruam panas

Jika kelelahan akibat panas berubah menjadi Heat Stroke, Anda mungkin melihat gejala tambahan berikut:

  1. Kenaikan suhu tubuh secara tiba-tiba
  2. Lidah kering dan bengkak
  3. Rasa haus yang intens
  4. Ucapan cadel
  5. Masalah koordinasi gerakan
  6. Perilaku agresif atau aneh
  7. Kejang
  8. Kebingungan dan kehilangan kesadaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.