Sukses

Bacaan Doa Kanzul Arsy, Doa dengan Manfaat yang Luar Biasa

Pengertian dan bacaan Doa Kanzul Arsy dalam bahasa Arab, latin dan artinya. Beserta dengan keutamaan dan dalil-dalilnya.

Liputan6.com, Jakarta Doa Kanzul Arsy adalah salah satu doa paling kuat dan populer di kalangan umat Islam. Doa Kanzul Arsy adalah doa yang diyakini memiliki manfaat luar biasa bagi mereka yang membacanya secara teratur. Doa ini dikatakan sebagai salah satu doa yang paling komprehensif dan kuat dalam Al-Qur'an, dan dikatakan mengandung esensi dari Nama-Nama Ilahi dan Sifat-sifat Allah.

Doa Kanzul Arsy adalah kumpulan ayat dan frase dari Al-Qur'an dan Hadits, dan diyakini telah disusun oleh orang suci sufi besar, Sheikh Abdul Qadir Jailani. Nama Kanzul Arsy mengacu pada kekuatan dan berkah yang luar biasa yang dikandung oleh keduanya. Doa ini sering dibaca oleh umat Islam untuk berbagai tujuan, termasuk mencari perlindungan dari bahaya, mencari pengampunan dan rahmat dari Allah, dan meminta berkah dan petunjuk. 

Dikatakan bahwa membaca Doa Kanzul Arsy secara teratur dapat membawa berkah dan manfaat yang sangat besar bagi orang beriman, baik di dunia maupun di akhirat. Penting untuk memahami arti dan keutamaan Doa Kanzul Arsy untuk dapat diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk meningkatkan perjalanan spiritual kita dan memperkuat hubungan kita dengan Allah.

Berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (26/4/2023). Pengertian dan bacaan Doa Kanzul Arsy dalam bahasa Arab, latin dan artinya. Beserta dengan keutamaan dan dalil-dalilnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Kanzul Arsy

Doa Kanzul Arsy adalah doa yang dipercayai berasal dari Nabi Muhammad SAW yang terkandung dalam kitab Kanzul Ummal. Doa ini dianggap memiliki keutamaan dan manfaat yang besar bagi yang mengamalkannya, karena terdapat pujian dan permohonan kepada Allah SWT yang sangat agung dan mulia.

Isi dari Doa Kanzul Arsy adalah rangkaian kalimat yang mengandung asmaul husna, zikir, serta permohonan kepada Allah SWT untuk memperoleh berbagai kebaikan, keselamatan, serta perlindungan dari segala musibah dan bencana. Doa ini juga dianggap sebagai doa paling mujarab dan paling sempurna dalam memohon pertolongan dan keberkahan dari Allah SWT.

Namun, perlu diingat bahwa yang penting bukan hanya mengamalkan doa Kanzul Arsy saja, tetapi juga memperbaiki diri, meningkatkan keimanan, serta beramal sholeh sesuai dengan ajaran agama Islam secara keseluruhan.

 
3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Kanzul Arsy Arab Latin Dan Artinya

Berikut ini adalah teks bacaan doa Kanzul Arsy dalam bahasa Arab, dilengkapi dengan transliterasi latin dan artinya:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِأَنَّ لَكَ الْحَمْدُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَحْدَكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ الْمَنَّانُ يَا بَدِيْعَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ يَاذَاالْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ وَبِقُوَّتِكَ الَّتِي قَهَرْتَ بِهَا كُلَّ شَيْءٍ وَخَضَعَ لَهَا كُلُّ شَيْءٍ وَبِجَلالِكَ الَّذِي لَا يَرْدَى لَهُ ثَنَاءٌ أَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَأَنْ تُرْزِقَنِيْ فَضْلًا مِنْ فَضْلِكَ وَرَحْمَةً مِنْ رَحْمَتِكَ وَأَنْ تُهْدِيَنِيْ بِهَا أَقْوَامًا بِالشَّفَاعَةِ وَالرِّضْوَانِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Allahumma inni as'aluka bi-anna lakal hamd, la ilaha illa anta wahdaka la sharika laka, al-mannanu ya badi'as-samawati wal-ardhi ya dhal-jalali wal-ikrami, ya hayyu ya qayyumu, inni as'aluka bi-rahmatika allati wasi'at kulla shay'in, wa bi-quwwatika allati qaharta biha kulla shay'in wa khada'a laha kulla shay'in, wa bi-jalalika alladi la yuraddu lahu thana'un, an tusal-lia 'ala Muhammadin wa ali Muhammad, wa an turziqani fadlan min fadlika wa rahmatan min rahmatika, wa an tuhdiyani biha aqwaman bil syafaa'ati war-ridhwani, innaka 'ala kulli shay'in qadeer.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan segala puji bagi-Mu. Tidak ada Tuhan selain dari-Mu yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Mu. Engkaulah Dzat yang Maha Pemberi kebaikan, wahai Pencipta langit dan bumi yang Maha Mulia dan Maha Pemurah, ya Tuhan yang Maha Hidup dan Maha Berdiri sendiri. Aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu dan dengan kekuatan-Mu yang menundukkan segala sesuatu. Engkaulah yang Maha Mulia dan tiada sesuatu pun yang dapat menyamai-Mu. Aku memohon kepada-Mu untuk memberikan shalawat atas Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, memberikan keutamaan dari keutamaan-Mu, rahmat dari rahmat-Mu, dan memberikan aku petunjuk kepada kebaikan dan keselamatan. Semoga Engkau mengarahkan segala urusanku kepada orang-orang yang mendapat syafaat dan keridhaan-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Doa Kanzul Arsy Dan Dalilnya

Doa Kanzul Arsy memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi yang mengamalkannya. Berikut ini adalah beberapa keutamaan doa Kanzul Arsy dan dalilnya:

1. Doa Kanzul Arsy adalah doa yang paling agung di antara doa-doa yang ada di dalam Al-Quran. Rasulullah SAW bersabda, "Doa Kanzul Arsy adalah doa yang paling agung di antara doa-doa yang ada di dalam Al-Quran. Barangsiapa yang membacanya setiap hari setiap pagi dan petang, maka dia akan dilindungi dari segala sesuatu yang tidak diinginkannya dan akan diberi rizki yang mencukupi." (H.R. At-Tirmidzi)

2. Doa Kanzul Arsy merupakan doa yang mempunyai keistimewaan untuk mendatangkan syafaat. Dalam riwayat yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, "Doa Kanzul Arsy adalah doa yang paling agung di antara doa-doa yang ada di dalam Al-Quran. Barangsiapa yang membacanya setiap hari setiap pagi dan petang, maka dia akan dilindungi dari segala sesuatu yang tidak diinginkannya dan akan diberi rizki yang mencukupi dan akan mendapatkan syafaatku pada hari kiamat kelak."

3. Doa Kanzul Arsy dapat digunakan sebagai pengusir segala bentuk gangguan jin dan syaitan. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Doa Kanzul Arsy ini bisa membakar jin dan mengusir syaitan."

4. Doa Kanzul Arsy dapat menjadi penawar bagi penyakit dan kegundahan hati. Dalam riwayat yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang mengalami kegundahan hati, maka bacalah doa Kanzul Arsy, karena doa tersebut akan membantu menghilangkan kegundahan hati itu dan akan membawa ketenangan."

5. Doa Kanzul Arsy juga dapat digunakan sebagai sarana untuk memohon ampunan dan maghfirah. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Doa Kanzul Arsy adalah doa yang penuh dengan maghfirah."

Dari beberapa hadis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa doa Kanzul Arsy adalah doa yang sangat mulia dan memiliki keutamaan yang besar. Oleh karena itu, kita disarankan untuk membacanya dengan penuh khusyuk dan mengamalkannya setiap hari, baik di pagi maupun petang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.