Sukses

Eksklusif Adalah Khusus, Pahami Definisi dan Contoh Penggunaannya

Pengertian eksklusif adalah terpisah dari yang lain atau khusus.

Liputan6.com, Jakarta Kata eksklusif sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat. Kata ini sering disematkan kepada sesuatu yang berharga mahal, beda dari yang lain, dan biasanya juga untuk menunjukkan kelompok yang tertutup.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian eksklusif adalah terpisah dari yang lain atau khusus. Dengan demikian, salah satu ciri mendasar dari kata eksklusif adalah memiliki sifat khusus maupun terbatas.

Sedangkan jika merujuk pada sikap dalam masyarakat, kata eksklusif menjadi salah satu contoh sikap pergaulan antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya dalam golongan tertentu. Masyarakat eksklusif lebih dipahami sebagai masyarakt yang membatasi hingga menutup diri.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian kata eksklusif dan contoh penggunaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Arti

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kata eksklusif adalah terpisah dari yang lain, khusus atau tidak termasuk. Sementara itu, eksklusif dalam Kamus Cambridge memiliki makna terbatas untuk satu atau sekelompok orang; mahal dan hanya untuk orang kaya atau kelas sosial tinggi.

Sementara, menurut Vocabulary, arti eksklusif adalah dengan akses terbatas. Sesuai sifatnya, sesuatu yang eksklusif membuat orang keluar, atau mengecualikan mereka. Anda akan berpikir ini adalah hal yang buruk, karena mengecualikan orang tidak terlalu baik, tetapi dengan menjadi eksklusif, hal-hal seperti klub, restoran, dan resor menjadi semakin diinginkan. Eksklusif juga bisa berarti satu-satunya.

Dikutip dari buku Dimensi Radikalisme dalam Penafsiran Ibn Taimiyah (2021) karya Danial, menjelaskan tentang arti kata eksklusif dalam kamus bahasa Inggris merupakan kata sifat yang diartikan dengan beberaoa makna di antaranya:

a. Kata eksklusif adalah kata yang digunakan untuk orang tertentu atau kelompok tertentu.

b. Kata eksklusif digunakan hanya untuk mengakui orang yang dipilih dengan cermat.

c. Kata eksklusif digunakan sebagai penggambaran atas kualitas tinggi dan mahal serta karenanya tidak digunakan oleh banyak orang.

Adalah kata eksklusif dalam Kamus Bahasa Indonesia, yang asalnya exclusive kemudian menjadi kata sifat eksklusif diartikan dengan beberapa makna diantaranya:

a. Bersifat mengasingkan diri.

b. Tidak bersedia menerima atau mengizinkan masuknya anggota baru.

c. Tidak termasuk.

d. Terpisah atau khusus.

Sama halnya seperti yang dijelaskan pada buku Studi Islam Komprehensif (2015) karya Prof. DR. H. Abuddin Nata, MA. yang menulis tentang kata eksklusif adalah sendirian dengan tidak disertai yang lain, terpisah dari yang lain, semaka-mata, dan tidak ada sangkut pautnya dengan yang lain.

Secara umum, pengertian eksklusif adalah sikap yang memandang bahwa keyakinan, pandangan, pikiran dan prinsip diri sendirilah yang paling benar. Sementara keyakinan, pandangan, pikiran dan prinsip yang dianut orang lain salah, sesat, dan harus dijauhi.

3 dari 5 halaman

2. Contoh Penggunaan Kata Eksklusif

Berikut ini terdapat beberapa contoh dari penggunaan kata eksklusif adalah:

a. Wartawan itu beruntung karena mendapat kesempatan mengadakan wawancara eksklusif dengan bintang tenar itu.

b. Perusahaan menjadi penjual soda eksklusif di stadion baru.

c. Surat kabar lokal mendapat wawancara eksklusif dan menyampaikan berita.

d. Satu-satunya cara Anda mendapatkan reservasi di salah satu restoran paling eksklusif di Los Angeles adalah berteman dengan maitre d', atau menjadi terkenal.

e. Tarif losmen itu Rp50.000,00 sehari eksklusif makan dan cucian.

f. Bus itu bermuatan 38 orang, eksklusif supir dan kenek.

g. Penunjukan edisi ini berdasarkan pada tampilannya yang eksklusif serta termasuk edisi spesial awal tahun tersebut.

h. Para desainer muda ini mendapat pengakuan internasional atas mode yang inovatif, perabot rumah yang eksklusif dan asesori yang trendi.

i. Kadang wartawan harus menunggu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk memperoleh informasi eksklusif.

4 dari 5 halaman

3. Sinonim dan Antonim Kata Eksklusif

a. Sinonim

- Individual

- Istimewa

- Khas

- Khusus

- Privat

- Idiosinkretis

- Ekskavasi

- Ekskavator

- Eksklave

- Eksklusivisme

- Ekskresi

- Ekskreta.

- Hanya

- Sendiri

- Tak Lain

- Tak Satupun

- Kecuali

- Pengucilan

- Terpisah

- Kesorangan

- Sendiri.

- Spesial

- Langka

b. Antonim

- Inklusif

5 dari 5 halaman

4. Kata Bijak dengan Menggunakan Kata Eksklusif

a. “Kehormatan bukanlah milik eksklusif dari partai politik manapun.” - Herbert Hoover

b. “Semua tirani berkuasa melalui penipuan dan kekuatan, tetapi begitu penipuan terungkap mereka harus bergantung secara eksklusif pada kekuatan.” - George Orwell

c. “Bahwa kita tidak jauh lebih sakit dan jauh lebih marah daripada kita adalah karena secara eksklusif untuk yang paling diberkati dan berkah dari semua rahmat alam, tidur.” - Aldous Huxley

d. “Ketika sebuah ide secara eksklusif menguasai pikiran, itu diubah menjadi kondisi fisik atau mental yang sebenarnya.” -  Swami Sivananda Sarasvati

e. “Tidak ada budaya yang dapat hidup jika berusaha untuk menjadi eksklusif.” - Mahatma Gandhi

f. “Saya mencoba untuk belajar dari masa lalu, tetapi saya merencanakan masa depan dengan berfokus secara eksklusif pada masa kini. Itulah kesenangannya.” - Donald Trump

g. “Saya pikir itu adalah gagasan kuno bahwa fashion harus eksklusif untuk menjadi modis.” - Marc Jacobs

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.