Sukses

Privilege Adalah Hak Khusus yang Diperoleh dalam Masyarakat, Ketahui Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Privilege adalah hak istimewa yang merujuk kepada keuntungan, di mana hak khusus ini hanya diberikan kepada sekelompok orang di dalam masyarakat yang majemuk. Hak istimewa dapat didasarkan pada identitas sosial seperti ras, jenis kelamin, agama, status sosial ekonomi, jenis kelamin atau seksualitas, usia, hingga tingkat pendidikan

Privilege adalah hak khusus yang kerap menjadi perbincangan umum di masyarakat, dikarenakan kesadaran masing-masing individu atas hak istimewa yang dimiliki atau yang tidak dimiliki. Keistimewaan tidak hanya Anda rasakan saat berada di masyarakat, namun dialami secara personal, kelompok dan kelembagaan. 

Terkadang orang yang memiliki privilege, tidak mau untuk mengakuinya, karena kemampuannya akan dianggap bukan sebagai jerih payahnya sendiri. Privilege adalah salah satu keuntungan sosial yang muncul dari hasil stratifikasi, di mana tersedia perbedaan akses untuk memperoleh barang dan mendapatkan layanan yang sama. Orang yang tak punya privilege, akan membutuhkan perjuangan yang lebih berat untuk meraih pencapaian yang sama.

Berikut ini jenis-jenis privilege yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal Arti Privilege

Privilege adalah salah satu hak istimewa yang bisa dimanfaatkan oleh kelompok sosial tertentu atau memiliki dimensi tertentu. Anda mungkin memiliki hak istimewa karena ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kemampuan, agama, kekayaan di antara banyak karakteristik lainnya. Memiliki privilege berarti memiliki keuntungan yang berada di luar kendali dan tidak Anda minta. 

Pada akhirnya, hak istimewa bukanlah konsep yang dirancang untuk membuat orang merasa bersalah atau mengurangi prestasi mereka. Namun hal ini perlu disadari, dengan hak istimewa yang dimiliki maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuat sistem menjadi lebih adil. Dalam bahasa Indonesia, privilege mengandung arti hak atau manfaat yang dapat diberikan kepada beberapa orang, baik itu kesempatan khusus untuk melakukan sesuatu yang membanggakan, atau keuntungan yang dimiliki orang kaya dan berkuasa atas orang lain hingga masyarakat.

Melansir dari situs Cambridge Dictionary, privilege adalah salah satu kelebihan yang hanya dimiliki satu atau sekelompok orang karena, dikarenakan kedudukan atau kekayaannya. Dengan privilege maka kesempatan untuk melakukan sesuatu yang istimewa dan menyenangkan, yang tidak bisa dilakukan orang pada umumnya.

 

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Privilege

Privilege adalah hak istimewa yang diperoleh seorang individu dalam lingkup masyarakat, ketahui beberapa jenis privilege dalam kehidupan sehari-hari yang dilansir dari laman Hiv Elearning.

1. Hak istimewa kulit putih

Privilege yang paling umum dijumpai adalah orang dengan kulit putih, yang lebih mudah mendapatkan akses dan juga peluang di dalam masyarakat. Meskipun keberadaan hak istimewa dari orang dengan kulit putih selalu ada dan terlihat, namun orang kulit putih mungkin tidak memperhatikan kelebihan mereka. 

2. Hak istimewa agama

Keistimewaan religius termasuk Anda dengan mudah menemukan tempat ibadah disekitar Anda, dapat  merasakan hubungan antara perayaan keagamaan Anda dan masyarakat yang lebih luas. Misalnya, secara otomatis memiliki hari libur kerja untuk hari raya keagamaan Anda adalah hak istimewa dalam lingkup keagamaan.

3. Keistimewaan jenis kelamin

Hak istimewa gender juga biasanya mengacu pada hak istimewa laki-laki, yang kerap dijumpai saat laki-laki dipusatkan dan dilayani dalam perkembangan karir dan gaji dan dapat diperlakukan lebih hormat dan lebih banyak didengarkan dalam percakapan sehari-hari.

4. Hak istimewa heteroseksual

Hak istimewa juga merujuk kepada keuntungan yang diberikan kepada seseorang karena orientasi heteroseksualnya. Dengan memiliki hak istimewa ini, maka tak pernah merasa khawatir dan selalu percaya diri. 

5. Keistimewaan sosial-ekonomi

Privilege secara sosial dan ekonomi sangat kompleks, karena terlihat sangat berbeda untuk setiap orang. Cara pandang seseorang terhadap hak istimewa tentu berbeda, mungkin untuk sebagian orang itu berarti mampu membeli barang-barang mewah, bagi yang lain itu berarti mampu pergi ke universitas atau sekadar memiliki atap di atas kepala dan tempat tidur di malam hari. Memiliki keistimewaan sosial-ekonomi tidak selalu berarti menjadi kaya tetapi itu bisa berarti memiliki sumber daya yang cukup saat melihat peluang. 

4 dari 4 halaman

Contoh Privilege Sehari-hari

Terdapat beberapa contoh privilege yang dengan mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah: 

- Orang berkulit putih dan berkulit terang bisa dengan mudah menemukan dan membeli produk seperti kecantikan, riasan, kaus kaki berlabel, serta cocok dengan warna kulit mereka.

- Seseorang yang dapat mengharapkan pekerjaan atau jadwal liburan sekolahnya mencerminkan hari raya keagamaan yang mereka rayakan memiliki hak istimewa keagamaan.

- Beberapa cara seseorang dapat memanfaatkan hak istimewanya adalah dengan melakukan percakapan yang berani dengan keluarga dan teman, mengadvokasi orang-orang yang tidak memiliki hak istimewa yang sama, dan menggunakan teknik intervensi pengamat untuk mendukung seseorang yang Anda lihat dilecehkan karena identitasnya.

- Orang-orang kaya memiliki keuntungan yang tidak diperoleh dari pada mereka yang kekurangan sumber keuanga, serta memiliki akses yang lebih besar ke peluang.

- Privilege orang yang berbadan sehat memiliki keuntungan yang diperoleh dibandingkan dengan orang yang cacat, yang berdampak pada kehidupan mereka. Mereka yang tidak mengalami disabilitas memiliki hak istimewa atas penyandang disabilitas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS