Sukses

8 Kenikmatan yang Dirasakan Penghuni Surga Menurut Al-Qur'an, Umat Muslim Wajib Tau

Ada berbagai kenikmatan yang akan didapatkan oleh penghuni surga.

Liputan6.com, Jakarta Surga disebut juga dengan al jannah yang berarti taman bunga. Untuk bisa mencapai surga, umat Muslim harus menempuh jalan yang panjang. Jalan pertama yang harus dilalui adalah kematian, kiamat hingga hari perhitungan amal ibadah selama di dunia.

Bagi umat Muslim yang berhasil mencapai surga, akan mendapatkan kenikmatan yang melebihi dari apa-apa yang ada di dunia sehingga tak dapat terbayangkan. Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an memang benar adanya. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dalam potongan surat Al Bayyinah ayat 8, yang artinya:

“Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadanya. yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.” (Q.S. al-Bayyinah [98]: 8)

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kenikmatan yang Dirasakan Penghuni Surga Menurut Al-Qur’an

1. Bisa memandang wajah Allah SWT

Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang pertama adalah bisa melihat wajah Allah SWT. Seperti diterangkan dalam firman-Nya,

"Wajah-wajah (orang mukmin) pada hari itu berseri-seri. Memandang Tuhannya." (QS al-Qiyamah [75] :22-23). 

2. Menikmati sungai dari air susu, arak dan madu

Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang berikutnya adalah bisa merasakan aliran sungai yang bermacam-macam dan diberi nama sesuai dengan keadaan serta sifat airnya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam potongan surat Muhammad ayat 15, yang artinya:

“Ada sungai air jernih, yaitu airnya selalu dalam keadaan jernih, tidak berubah rasa dan baunya. Ada pula sungai susu karena airnya terdiri atas air susu yang juga tidak berubah rasanya. Kemudian, ada juga sungai arak (khamar), yaitu airnya terdiri atas khamar yang sangat lezat rasanya, tapi tidak memabukkan. Selanjutnya, ada pula sungai madu, yang airnya terdiri atas madu yang disaring.” (QS Muhammad [47]: 15). 

3. Mendapatkan perhiasan dan pakaian sutra

Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang berikutnya adalah mendapatkan perhiasan dan pakaian berbahan sutra. Perhiasan tersebut terdiri dari emas, mustiara. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam potongan surat Fathir ayat 33, yang artinya:

“(Mereka akan mendapat) surga 'Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.” (QS Fathir [35]: 33)

Selain itu, para penghuni surga juga akan mendapatkan pakaian yang terbuat dari sutra halus dan tebal. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam potongan surat Ad-Dukhan ayat 53, yang artinya:

“Mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan,” (QS. Ad-Dukhan: 53)

4. Sesuatu yang diinginkan cepat terkabul, termasuk makanan dan minuman

Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang berikutnya adalah apapun yang diinginkan akan langsung dikabulkan, termasuk meminta makanan dan minuman. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam potongan surat Az-Zukhruf ayat 71, yang artinya:

“Kepada mereka diedarkan piring-piring dan gelas-gelas dari emas, dan di dalam surga itu terdapat apa yang diingini oleh hati dan segala yang sedap (dipandang) mata. Dan kamu kekal di dalamnya.” (QS az-Zukhruf [43]: 71)

3 dari 3 halaman

Kenikmatan yang Dirasakan Penghuni Surga Menurut Al-Qur’an

5. Adanya pelayan di surga

Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang berikutnya adalah anda akan dilayani oleh pelayan di surga. Bahkan pelayan tersebut terlihat lebih muda dengan mengenakan pakaian sutra. Bahkan pelayan tersebut tetap awet muda dan tidak pernah berubah menjadi tua. Sebagaimana yang dijelaskan dalam potongan surat Al-Insan ayat 19-21, yang artinya:

“Dan mereka dikelilingi oleh para pemuda yang tetap muda. Apabila kamu melihatnya, akan kamu kira mereka, mutiara yang bertaburan. Dan apabila engkau melihat (keadaan) di sana (surga), niscaya engkau akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar. Mereka berpakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan memakai gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih (dan suci).” (QS al-Insan [76]: 19-21)

6. Akan damai tanpa ada permusuhan

Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang berikutnya adalah anda akan merasa damai tanpa ada kerusuhan. Sebab orang surga tidak pernah melakukan perkataan yang dusta, berbohong, dan omong kosong. Sebagaimana yang dijelaskan dalam potongan surat Al-Hijr ayat 45-48, yang artinya:

“Sesungguhnya orang yang bertakwa itu berada dalam surga-surga (taman-taman), dan (di dekat) mata air (yang mengalir). Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera dan aman dari kekurangan, ketakutan, kesedihan, kegundahan, bahkan bencana dan malapetaka. Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang ada dalam hati mereka; mereka merasa bersaudara, duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. Apa saja yang mereka butuhkan sudah tersedia di dalam surga, dan lebih dari itu, mereka pun tidak akan dikeluarkan darinya; mereka kekal dalam kenikmatan surga itu.” (QS al-Hijr [15] :45-48)

7. Diberi umur muda

Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang berikutnya adalah diberi umur muda. Semua penghuni surga dalam keadaan sehat dan tidak pernah dihinggapi penyakit. Sebagaimana yang dijelaskan dalam potongan surat al-Waqi'ah ayat 25-26.

8. Ada bidadari surga

Kenikmatan yang dirasakan penghuni surga menurut Al-Qur’an yang berikutnya adalah adanya bidadari surga. Sebagaimana yang dijelaskan dalam potongan surat Al-Waqiah ayat 22-24, yang artinya:

“Orang-orang yang beriman itu mendapat karunia dan nikmat saat di surga, dan di sekeliling mereka ada bidadari-bidadari yang cantik jelita dan bermata jeli. Laksana mutiara yang tersimpan baik. Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.” (QS Al-Waqiah: 22-24)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.