Sukses

3 Cara Membuat Meja Sederhana dengan Berbagai Material, Perhatikan Prosesnya

Cara membuat meja kayu sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah, siapkan alat dan bahannya.

Liputan6.com, Jakarta Meja adalah sebuah perabot rumah tangga, yang digunakan sebagai tempat menaruh barang atau sebagai tempat untuk duduk dan bekerja. Cara membuat meja bisa menggunakan berbagai material seperti kayu, besi, atau bahan lainnya, dan biasanya memiliki permukaan datar dengan kaki yang membuat meja berdiri tegak. Meja dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti meja makan, meja kerja, meja belajar, dan masih banyak lainnya. 

Cara membuat meja bisa hadir dalam berbagai ukuran, bentuk, dan desain yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya. Beberapa meja makan memiliki bagian tambahan seperti lemari atau laci, yang berfungsi untuk menyimpan peralatan makan atau barang lainnya. Meja kerja seringkali memiliki lubang kabel, atau bagian-bagian lain untuk mempermudah penggunaan alat elektronik seperti komputer.

Selain itu, meja dapat ditempatkan di berbagai ruangan di rumah, seperti ruang makan, ruang kerja, kamar tidur, atau ruang tamu. Beberapa meja juga memiliki fitur tambahan seperti meja lipat atau meja yang dapat diatur tingginya untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Secara keseluruhan, meja adalah perabot yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan memainkan peran yang sangat besar dalam mempermudah aktivitas sehari-hari.

Cara membuat meja tidak hanya hadir dalam bentuk yang sederhana. Namun seiring berkembangnya teknologi, banyak meja yang dapat dikendalikan dengan menggunakan remote atau smartphone, sehingga memudahkan penggunaan.

Ada juga meja yang memiliki fitur-fitur canggih, seperti meja belajar yang dapat dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan, atau meja kerja yang dapat disesuaikan tingginya sesuai dengan kenyamanan pengguna.

Berikut ini cara membuat meja sederhana yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/2/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Meja Kayu

Meja adalah salah satu furniture yang paling sering digunakan dalam rumah. Membuat meja sendiri dari kayu bisa menjadi proyek DIY yang menyenangkan dan menghemat uang. Berikut adalah panduan langkah-langkah untuk membuat meja kayu yang sederhana:

Alat dan Bahan:

- 4 buah kayu bulat ukuran 4x4 inci

- 4 buah kaki meja (bisa dibuat dari kayu bulat atau pipa)

- 1 buah bahan meja (bisa dari multipleks, MDF, atau kayu lapis)

- Mesin bor

- Pahat bulat

- Pahat bor

- Obeng set

- Reng

- Seng gelombang

- Lem kayu

- Perkakas pemotong (opsional)

Langkah-langkah:

- Tentukan ukuran meja yang diinginkan dan belilah bahan meja sesuai ukuran tersebut.

- Potong 4 buah kaki meja sesuai dengan ukuran yang diinginkan (umumnya kaki meja berukuran 28-32 inci).

- Jika menggunakan kayu bulat, gunakan mesin bor dan pahat bulat untuk membuat bentuk kaki meja yang sesuai.

- Gunakan mesin bor dan pahat bor untuk membuat lubang pada bagian bawah, masing-masing kaki meja sebagai tempat memasang seng gelombang.

- Pasang seng gelombang pada bagian bawah masing-masing kaki meja, dengan bantuan reng. Seng gelombang berfungsi sebagai penyangga kaki meja.

- Letakkan bahan meja pada kaki meja, dan rapatkan dengan bantuan obeng. Selanjutnya oleskan lem kayu pada permukaan meja, dan biarkan kering selama beberapa jam.

- Jika perlu, lapiskan meja dengan lapisan cat atau vernis untuk melindungi dan memberikan warna yang lebih baik. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa mencari tutorial video atau berkonsultasi dengan toko material bangunan untuk memperoleh bantuan lebih lanjut.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Meja Lipat

Meja lipat adalah solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan ruang kerja atau makan dan mudah disimpan dan dibawa ke mana saja. Berikut adalah cara membuat meja lipat yang perlu Anda simak diantaranya: 

Bahan

- 4 buah bahan kayu dengan ukuran 120cm x 60cm x 2cm

- 8 buah pegas meja lipat

- 8 buah kait kayu

- 32 buah baut dan mur

Peralatan

- Mesin bor

- Pahat

- Obeng

- Gergaji

- Meteran dan paku

Langkah-langkah:

- Potong empat buah bahan kayu menjadi dua bagian dengan panjang 120cm dan lebar 60cm. Ini akan menjadi dasar dan atas meja.

- Gunakan pahat untuk membuat lubang pada setiap sudut bagian atas, dan dasar meja dengan jarak yang sama. Lubang ini akan digunakan untuk memasang kait kayu.

- Pasang pegas meja lipat pada setiap sudut bagian atas, dan dasar meja dengan menggunakan baut dan mur. Pastikan pegas terpasang dengan benar dan kuat.

- Letakkan kait kayu pada setiap sudut dan paku dengan baut, untuk memastikan kait kayu tidak terlepas.

- Sanding bagian-bagian meja hingga halus dan bersihkan debu. Anda juga bisa menambahkan pengait atau tali, untuk membantu menjaga meja tetap terlipat saat disimpan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Meja Besi

Meja besi memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi, sehingga cocok digunakan sebagai meja kerja atau makan. Berikut adalah cara membuat meja besi yang perlu Anda lakukan diantaranya: 

Bahan

- 4 buah pipa besi dengan ukuran 1 inch x 36 inch

- 4 buah pipa besi dengan ukuran 1 inch x 24 inch

- 4 buah siku besi dengan ukuran 1 inch x 1 inch x 24 inch

- 4 buah sudut besi dengan ukuran 1 inch x 1 inch

- 16 buah mur besi

Peralatan

- Mesin bor

- Obeng

- Gergaji

- Meteran dan penggaris

Langkah-langkah:

- Potong empat buah pipa besi dengan ukuran 1 inch x 36 inch menjadi 4 bagian, masing-masing dengan panjang 30 inci. Ini akan menjadi bagian kaki meja.

- Gunakan mesin bor untuk membuat lubang pada bagian atas, dan bawah setiap bagian pipa besi yang akan digunakan sebagai kaki meja. Lubang ini akan digunakan untuk memasang siku besi.

- Pasang siku besi pada bagian atas dan bawah setiap bagian pipa besi. Pastikan siku besi terpasang dengan benar dan kuat.

- Potong empat buah pipa besi dengan ukuran 1 inch x 24 inch, menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan ukuran yang diinginkan untuk bagian atas meja.

- Gunakan mesin bor untuk membuat lubang pada setiap sudut bagian atas meja, di mana lubang ini akan digunakan untuk memasang sudut besi.

- Pasang sudut besi pada setiap sudut bagian atas meja dengan mur besi, lalu pastikan sudut besi terpasang dengan benar dan kuat.

- Letakkan bagian-bagian kaki meja pada sudut-sudut bagian atas meja, dan pasang dengan mur besi. Pastikan kaki meja terpasang dengan benar dan kuat.

- Sanding bagian-bagian meja hingga halus dan bersihkan debu. Letakkan sudut besi pada sudut-sudut bagian atas meja dan paku dengan mur besi untuk memastikan bagian atas meja terpasang dengan benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini