Sukses

10 Cara Menghias Kamar agar Terlihat Menarik, Ketahui Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Menghias kamar adalah proses merancang, mengatur, dan mengubah tampilan kamar agar terlihat lebih indah, nyaman, dan sesuai dengan gaya hidup dan kepribadian pemilik kamar. Cara menghias kamar dapat dilakukan dengan berbagai metode, baik itu menambahkan aksesori, teknik pencahayaan, tanaman, tekstil, renovasi, hingga pengaturan furnitur.

Cara menghias kamar dapat dilakukan dengan berbagai gaya, seperti gaya minimalis, klasik, modern, atau skandinavia. Gaya yang dipilih akan sangat tergantung pada selera dan kepribadian pemilik kamar. Beberapa orang mungkin lebih suka gaya minimalis yang sederhana dan bersih, sementara yang lain mungkin lebih suka gaya yang lebih tebal dan padat.

Menghias kamar juga dapat dilakukan dengan berbagai budget, mulai dari budget yang sangat rendah hingga budget yang sangat tinggi. Namun, menghias kamar tidak selalu harus mahal, bahkan dengan budget yang rendah pun kamar dapat terlihat indah dan nyaman jika didekorasi dengan baik. Berikut ini cara menghias kamar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Menghias Kamar

Tentu saja. Berikut adalah penjelasan tentang cara menghias kamar yang perlu Anda ketahui diantaranya:

1. Gunakan wall decal atau stiker dinding

Cara menghias kamar bisa menggunakan wall decal atau stiker dinding, karena mudah dan cepat untuk menambahkan sentuhan personal pada kamar. Anda juga dapat menemukan berbagai macam desain dan quotes, yang sesuai dengan tema kamar Anda. Wall decal atau stiker dinding juga dapat digunakan untuk menutupi kerusakan pada dinding atau untuk menambahkan warna pada kamar yang terlalu monokrom.

2. Tambahkan rak atau meja rias

Cara menghias kamar dengan bisa dengan menambahkan rak atau meja rias, yang dapat digunakan untuk menampilkan barang-barang yang Anda sukai, seperti foto, pernak-pernik, atau buku. Cara ini akan memberikan kesan personal, dan menambahkan nilai estetika pada kamar Anda. Pilihlah rak atau meja rias yang sesuai dengan ukuran kamar Anda dan tema yang telah Anda tetapkan.

3. Gunakan pajangan atau dekorasi dinding

Pajangan atau dekorasi dinding dapat digunakan untuk menambahkan kesan artistik pada kamar Anda. Cara menghias kamar ini dapat berupa lukisan, foto, atau kerajinan tangan. Pajangan atau dekorasi dinding juga dapat digunakan untuk menutupi kerusakan pada dinding atau untuk menambahkan warna pada kamar yang terlalu monokrom. Pilihlah pajangan atau dekorasi dinding yang sesuai dengan ukuran kamar Anda dan tema yang telah Anda tetapkan.

4. Tambahkan perabotan yang unik dan menarik

Perabotan yang unik dan menarik dapat digunakan untuk menambahkan nilai estetika pada kamar Anda. Cara menghias kamar ini dapat berupa kursi atau meja, yang memiliki desain yang tidak biasa atau warna yang mencolok. Pilihlah perabotan yang sesuai dengan ukuran kamar Anda dan tema yang telah Anda tetapkan.

5. Gunakan kain atau selimut

Selain pajangan dan perabotan yang menarik, cara menghias kamar bisa juga menggunakan kain atau selimut dapat digunakan untuk menambahkan sentuhan tekstur pada kamar Anda. Ini dapat berupa bedcover, gorden, atau sprei. Pilihlah kain atau selimut yang sesuai dengan warna dasar kamar Anda dan tema yang telah Anda tetapkan.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menghias Kamar Lainnya

- Pemilihan warna

Cara menghias kamar bisa melalui pemilihan warna yang tepat, serta dapat menentukan suasana kamar. Warna-warna dingin seperti biru dan hijau dapat memberikan kesan tenang dan damai, sedangkan warna-warna hangat seperti merah dan kuning dapat memberikan kesan ceria dan hidup.

- Pencahayaan

Pencahayaan yang baik dapat menambahkan kesan luas pada kamar. Gunakan lampu gantung atau lampu dinding untuk menambahkan cahaya tambahan dan lampu meja untuk memberikan cahaya yang lebih terfokus.

- Aksesori

Aksesori seperti poster, lukisan, atau foto dapat menambahkan kesan personal pada kamar. Anda juga dapat menambahkan aksesori seperti jam dinding, karpet, atau pernak-pernik lainnya untuk menambahkan kesan yang lebih menyenangkan.

- Furnitur

Pemilihan furnitur yang tepat dapat menentukan suasana kamar. Pilih furnitur yang sesuai dengan ukuran kamar Anda dan yang sesuai dengan gaya yang Anda inginkan.

- Taman kamar

Menambahkan taman kamar, dapat menambahkan kesan segar dan hijau pada kamar. Anda dapat menambahkan tanaman hias atau bahkan tanaman yang dapat ditanam di dalam pot. Ingatlah untuk selalu menjaga kamar Anda bersih dan teratur agar kesan yang diinginkan dapat terlihat dengan jelas. Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru dan bereksperimen dengan gaya yang berbeda untuk menemukan gaya yang paling sesuai dengan Anda.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Menghias Kamar

Menghias kamar dapat memberikan banyak manfaat bagi pemilik kamar. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari menghias kamar:

- Membuat kamar terasa lebih bersih

Menghias kamar dengan baik dapat membuat kamar terlihat lebih bersih dan rapi. Ini dapat membuat seseorang lebih bersemangat untuk menjaga kamar tetap bersih dan teratur.

-  Meningkatkan produktivitas

Menghias kamar dengan elemen yang inspiratif, seperti poster atau gambar-gambar yang menyenangkan, dapat membuat seseorang merasa lebih bersemangat dan produktif.

- Membuat kamar terasa lebih aman

Menambahkan elemen dekoratif yang aman seperti tanaman atau karpet, dapat membuat kamar terasa lebih aman dan nyaman untuk ditinggali.

- Memberikan kesan positif pada tamu

Menghias kamar dengan baik, dapat memberikan kesan positif pada tamu yang datang ke kamar Anda. Ini dapat membuat tamu merasa lebih nyaman dan senang saat berkunjung.

- Menambahkan nilai jual rumah

Menghias kamar dengan baik, dapat menambah nilai jual rumah jika Anda berencana untuk menjual rumah Anda di masa depan.

- Membuat kamar terasa lebih segar

Menambahkan tanaman atau elemen yang berhubungan dengan alam dapat membuat kamar terasa lebih segar dan terhubung dengan lingkungan sekitar. Ini dapat membuat seseorang merasa lebih rileks dan damai saat berada di dalam kamar.

- Meningkatkan kesehatan mental

Menghias kamar dengan elemen yang menenangkan seperti warna-warna pastel atau tanaman, dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres.

- Membuat kamar terasa lebih unik

Menghias kamar dengan gaya dan elemen yang unik, dapat membuat kamar terasa lebih berbeda dari kamar lain dan membuat kesan yang tidak dapat dilupakan.

- Menambahkan nilai estetika

Menambahkan aksesori seperti poster, karpet, atau pernak-pernik kamar dapat memberikan kesan personal dan menambahkan nilai estetika pada kamar. Aksesori ini juga dapat digunakan untuk menyamarkan kekurangan pada kamar, seperti dinding yang kosong atau lantai yang kasar.

- Mengatur furniture

Mengatur furniture dengan baik dapat membuat kamar terasa lebih luas, membuat pergerakan lebih mudah dan membuat kamar terlihat lebih rapi. Secara keseluruhan, menghias kamar dapat memberikan banykan manfaat yang berkaitan dengan kenyamanan, estetika, kreativitas, dan kualitas tidur. Dengan menggunakan warna, aksesori, teknik pencahayaan, tanaman, tekstil, renovasi dan pengaturan furniture yang tepat, kamar akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali, serta membuat kamar terlihat lebih indah dan membuat kesan personal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS