Sukses

Anjing Terus Menggonggong Sebelum Gempa Turki, Diduga Isyaratkan Pertanda Bencana

Anjing jadi salah satu hewan yang bisa prediksi terjadinya bencana.

Liputan6.com, Jakarta Bencana alam atau perubahan cuaca ekstrem sebenarnya dapat diketahui melalui perilaku tidak biasa yang ditunjukkan oleh beberapa spesies hewan. Dengan mengamati gelagat aneh dari hewan ini, kemungkinan manusia dapat mengurangi dampak dari kerugian materiil hingga korban jiwa.

Salah satunya adalah hewan anjing. Anjing dikabarkan bisa memprediksi adanya perubahan cuaca ekstrem dengan menunjukkan reaksi menggigil dan gemetar. Hal ini disebabkan karena anjing memiliki sensitivitas indera perasa 10.000 kali lebih kuat dibanding manusia.

Hal ini membuat anjing memiliki kemampuan untuk mencium atau mengamati perubahan suhu udara sebelum badai atau gempa bumi terjadi. Seperti video yang menunjukkan seekor anjing diduga memberikan isyarat akan terjadi bencana alam.

Sebuah video yang diduga memperlihatkan seekor anjing jalanan melolong dengan aneh seolah memberi peringatan sebelum gempa kuat melanda kota Gaziantep, Turki, Senin (6/2/2023), viral di media sosial. Anjing itu tampak berada di jalan sambil terus menggonggong tepat sebelum terjadinya gempa Turki. Berikut cerita selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Siakapkeli, Rabu (8/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anjing Menggonggong Sebanyak Delapan Kali

Sebuah video yang diunggah oleh akun bernama @straybeautiful di TikTok menarik perhatian banyak pengguna media sosial. Berdasarkan rekaman video yang diunggah, anjing jalanan itu terlihat menggonggong pilu sebanyak delapan kali.

Anjing itu dikatakan memperingatkan bahwa gempa kuat berkekuatan 7,8 SR akan melanda negara Turki. Terlihat ada seekor anjing berwarna putih sedang melolong di sudut jalan Turki seakan mencari perhatian sekitarnya.

"Dia mencoba memperingatkan bahaya yang akan datang!" tulis dalam video tersbut.

"Ini adalah hadiah yang diberikan Tuhan kepada umat manusia dan kita harus menghargainya." lanjut lagi videonya.

3 dari 3 halaman

Diikuti Burung Kerkicau

Selain itu, ada video lain yang memperlihatkan sekelompok burung berkicau sebelum gempa kuat yang terjadi menjadi viral di Twitter. Berdasarkan video tersebut, terlihat segerombolan burung sedang berterbangan dan berkicau seolah tidak tenang sebelum gempa kuat melanda negara tersebut.

Jika mengikuti logika, kejadian yang terjadi itu tidak memungkinkan sekelompok burung berkicau kencang kala itu. Pasalnya saat itu waktu yang tepat bagi mereka untuk tidur dan istirahat. Tak sedikit netizen yang memberikan komentar bahwa anjing juga bisa merasakan bencana.

"semua hewan punya extra sensory, untuk case di video ini. si dogi bisa dengar gemeretak, & pergeseran lempeng tektonik yg ada di bawah tanah." komentar salah satu warganet

"Dipikir dia cuma buat ribut" komentar salah satu warganet

"Yaallah semoga anabul di sana pada selamat kasian sama mereka juga" komentar salah satu warganet

"suara anjing begitu menghantui. pernah mendengar anjing menggonggong seperti itu." komentar salah satu warganet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.