Sukses

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word dengan Cepat dan Mudah

Cara menghilangkan garis merah di Word bisa dilakukan dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan garis merah di Word mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Garis merah yang biasanya muncul di bawah setiap kata yang kamu ketik ini merupakan sebuah penanda, yang dapat mendeteksi kesalahan pengejaan secara otomatis.

Hal ini dapat memudahkan kamu dalam meminimalisir kesalahan dalam penulisan. Dengan adanya garis merah di Word ini, kamu dapat segera memperbaiki tulisan atau kata yang salah dieja atau typo. Namun, tidak sedikit juga yang merasa kalau garis merah ini mengganggu, sehingga ingin menghilangkannya saja.

Cara menghilangkan garis merah di Word bisa dilakukan dengan mudah. Kamu tinggal mengubah pengaturannya di Options, lalu ikuti petunjuknya. Bagi kamu yang sering menggunakan Microsoft Word, hal ini tentunya tidak sulit dipraktikkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/12/2022) tentang cara menghilangkan garis merah di Word.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Garis Merah di Word

Sebelum mengenali cara menghilangkan garis merah di Word, kamu mungkin perlu memahami apa fungsi garis merah ini terlebih dahulu. Garis merah di Word ini adalah garis dengan bentuk bergelombang yang biasanya muncul di bawah kata yang kamu ketik di lembar kerja Microsoft Word. Fungsi garis merah ini yaitu sebagai simbol atau penanda untuk mendeteksi kesalahan penulisan atau pengetikan. Jadi, jika kamu salah mengeja suatu kata, maka akan muncul garis merah bergelombang di bawah kata tersebut secara otomatis. Hal ini tentunya sangat membantu dalam meminimalisir kesalahan pada pekerjaan kamu di Word.

Garis merah di Word ini juga tergantung pada pengaturan bahasa yang kamu gunakan. Jadi, bila kamu menggunakan pengaturan bahasa Inggris, maka kata-kata berbahasa Inggris yang salah akan memiliki tanda merah. Namun, Word tidak akan membaca kesalahan bila kamu menggunakan pengaturan bahasa Indonesia. Jadi, pastikan kamu menggunakan pengaturan bahasa yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini juga yang kerap kali mengganggu kamu dalam mengetik, karena pengaturan yang digunakan berbahasa Inggris, tapi kamu mengetik dalam bahasa Indonesia. Sehingga menyebabkan munculnya garis merah di bawah setiap kata.

Garis HijauCara Menghilangkan Garis Merah di Word

Selain cara menghilangkan garis merah di Word, kamu juga perlu memahami garis hijau. Kamu mungkin juga sering melihat tanda ini dalam Word kamu. Baik garis merah maupun garis hijau secara umum mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai alat untuk mengoreksi atau mendeteksi kesalahan tulisan. Namun garis hijau digunakan untuk mengoreksi tata bahasa yang salah.

Dengan keberadaan garis hijau ini, kamu lebih mudah mengetahui bagian mana yang masih mempunyai tata bahasa yangkurang tepat. Fitur ini sangat berguna jika saat  kamu membuat dokumen berbahasa Inggris.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara menghilangkan garis merah di Word sebenarnya sangat sederhana. Kamu tinggal mengaturnya di kolom options setelah mengklik File. Cara menghilangkan garis merah di Word mudah saja. Berikut cara menghilangkan garis merah di Word yang bisa kamu praktikkan:

1. Buka dokumen Word yang ingin kamu hapus garis merahnya.

2. Kemudian, klik File di sudut kanan atas.

3. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu. Pilih menu Options di bagian paling bawah.

4. Jika sudah, opsi yang telah dipilih akan muncul. Klik menu Proofing.

5. Selanjutnya, di jendela pemeriksaan ini kamu dapat langsung mengatur agar garis merah di Word menghilang dengan menghapus tanda centang di opsi Check spelling as you type. Jika ingin menghapus garis hijau, hilangkan tanda centang di bagian Mark grammar errors as you.

6. Terakhir, kamu bisa langsung klik OK untuk menyimpan hasil setting yang sudah diubah.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word Versi Lama

Cara menghilangkan garis merah di Word pada Microsot Word versi yang lama agak berbeda dengan langkah biasa. Namun, cara menghilangkan garis merah di Word ini tidak begitu jauh beda dengan sebelumnya. Berikut cara menghilangkan garis merah di Word yang bisa kamu praktikkan:

1. Buka dokumen Word yang diinginkan.

2. Setelah itu, pilih tombol Office yang terletak di sudut kiri atas.

3. Jendela Office kemudian akan muncul dan menampilkan beberapa menu.

4. Untuk menghilangkan garis merah, kamu bisa klik Word Options yang terletak di bagian paling bawah.

5. Kemudian akan muncul jendela dan berbagai menu Word Options.

6. Setelah itu, kamu bisa menghilangkan tanda centang pada opsi Check spelling as you type untuk menghilangkan garis merah. Sementara itu, untuk menghilangkan garis hijau, hapus centang pada menu Mark grammar errors as you type.

7. Jika sudah, klik OK dan garis merah serta garis hijau akan hilang pada tampilan lembar kerja Word yang sedang dibuka. Pengaturan ini biasanya juga akan secara otomatis tersimpan saat kamu memakai Word nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.