Sukses

Bunyinya Unik, Pertama dalam Sejarah Pria Ini Main Piano di Bawah Air

Liputan6.com, Jakarta Ibaratkan saat kita berenang di dalam air, kondisi tersebut pasti membuat kita terbatas dalam bernapas. Tak hanya itu, di dalam air seketika kita tak bisa mendengarkan sejelas berada di permukaan air. Apalagi berteriak di dalam air, tak ada seorangpun bisa mendengarkannya. Memang air bukanlah media yang bagus bagi bunyi untuk merambat. 

Kendati demikian, tak menyurutkan niat seorang pria asal Bristol, Inggris bernama Joe Jenkins. Ia sengaja menenggelamkan grand pianonya ke dalam air. Seketika itu ia mulai memainkan not demi not piano dengan peralatan selam yang lengkap. Meski di dalam air piano itu berbunyi, namun suaranya sama sekali tak terdengar dari atas permukaan.

Jenkins mengatakan beberapa orang telah mencoba tantangan serupa. Seperti seorang pria yang membawa pianonya ke laut tetapi hanya memainkan keyboard setengah jalan. Jenkins yakin dia adalah orang pertama yang memainkan piano yang bekerja sepenuhnya terendam air.

Namun dalam video unggahan di kanal YouTube-nya, pianis ini mampu menunjukkan suara piano di dalam air yang bunyinya nyeleneh. Suaranya unik tak seperti bunyi tuts piano pada umumnya. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari BBC, Selasa (13/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membuat Piano Berbunyi di Dalam Air

Dalam video terbarunya, Mr Jenkins, dari Bristol, terlihat mengenakan peralatan selam. Termasuk alat bantu pernapasan, sambil memainkan piano kuning yang menggunakan mekanisme plastik, bukan kayu.

Jenkins, yang sebelumnya memainkan pianonya di atas kapal , di luar Istana Buckingham dan bahkan di balon udara berkata: "Saya mencelupkannya ke dalam air dan pergi ke sana dan menyelam dan memainkannya."

“Sekarang saya akhirnya berhasil melakukannya,” kata Joe Jenkins kepada Radio BBC Bristol

Tantangan terbesar yang menurutnya dia hadapi adalah memastikan dia mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan. Selain itu ia diharuskan bisa menyelam dengan aman, dan memastikan piano berbunyi di bawah air.

3 dari 4 halaman

Fokus Pada Waktu Bermain Piano

Terlepas dari membuat piano berbunyi di dalam air, Jenkins justru lebih fokus pada hal lain. Jenkins berambisi untuk menghabiskan waktu lebih lama bermain piano di dalam air.

"Mereka tidak benar-benar dirancang untuk bekerja di bawah air seperti yang dapat Anda bayangkan. Jadi saya menghabiskan waktu lama hanya untuk mencoba, hanya melewati tantangan," tambahnya.

Jenkins mengatakan meskipun "sangat tidak selaras" dan "sangat berkarat", piano, yang sekarang disimpan, tapi masih berfungsi.

Untuk aksi berikutnya, dia berkata dia pikir memainkan Manusia Roket Elton John di luar angkasa "akan menyenangkan".

4 dari 4 halaman

Bunyi Unik Piano

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.