Sukses

Keren, Pria Ini Hobi Koleksi 11.000 Botol Saus Pedas Selama 26 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Hobi setiap orang berbeda-beda, namun sedikit yang mempunyai hobi yang terbilang nyeleneh. Seperti kegemaran seorang pria asal North California yang sengaja mengumpulkan belasan ribu botol saus pedas di rumahnya. Ia meyakini koleksinya itu jadi jumlah terbesar di dunia. 

Selain tergila-gila, pria bernama High Point Vic Clinco itu menjadikan saus pedas sebagai hobi.  Obsesinya dengan botol saus pedas dimulai 26 tahun yang lalu. Tepatnya di tahun 1996, Clinco mulai mengumpulkan berbagai jenis botol saus pedas di rumahnya. Hobi jadi obsesi, kini Clinco telah memiliki sedikitnya 11.000 botol saus pedas.

"Itu telah berubah menjadi obsesi. Apa yang dimulai sebagai koleksi kecil telah berkembang menjadi saya menjadi pusat budaya yang mengelilingi saus pedas," kata Clinco kepada WFMY-TV.

Bisa dibayangkan, tumpukan botol saus pedas terlihat memenuhi seluruh ruangan tempat tinggalnya. Alasan lain Clinco mengoleksi saus pedas ialah komposisi bahan saus pedas yang menurutnya unik. Dia memiliki pikirannya sendiri tentang apa yang membuat saus pedas enak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tumpukan Botol Saus Mirip Supermarket

26 Tahun bukan waktu yang sebentar, namun bagi Clinco, ia bisa menikmati prosesnya. Ia terobsesi mengumpulkan botol saus pedas saat istrinya memberikan hadiah untuk Natal pertama mereka berupa 12 botol saus pedas. Kiii 26 tahun berlalu koleksinya makin bertambah memenuhi rumahnya.

"Saya ingin berbagi dengan siapa saja yang menyukai panas seperti saya. Tujuan akhir saya adalah memiliki begitu banyak botol sehingga tidak ada dinding yang tersisa,” kata Clinco.

Berbagai merek dan jenis saus pedas berhasil diabadikan di rumahnya. Tak diketahui apakah ada yang sudah kadaluarsa. Namun memasuki ruangan koleksi saus pedas Clinco seperti berada dalam museum botol saus pedas. 

Dinding ruangannya dipenuhi rak-rak tinggi yang berisi botol saus pedas. Uniknya jika sekilas dilihat justru seperti berada di dalam supermarket. Tapi pengunjung hanya bisa melihatnya. Ia memang sengaja menjadikan koleksi saus pedasnya itu sebagai ajang untuk mengedukasi orang lain. Mulai dari komposisi, rasa, hingga aroma saus punya karakteristik tersendiri. 

"Menurut pendapat saya, Anda harus bisa membaca dan memahami apa bahannya. Itu bawang putih, bawang merah, cabai, cuka, dan garam. Ketika Anda masuk ke bahan yang tidak bisa Anda ucapkan, maka saya cukup banyak keluar,” kata Clinco.

3 dari 3 halaman

Berharap Tercatat Rekor Dunia

Clinco, telah mendokumentasikan koleksinya di media sosial. Dia telah menghubungi Guinness World Records untuk membuat koleksinya secara resmi menjadi yang terbesar di dunia. Dia berharap untuk menyelenggarakan acara mencicipi saus pedas di kemudian hari.

Mengejutkannya, bukan hanya saus pedas lokal, Clinco juga mengoleksi berbagai saus pedas dari penjuru dunia. Mulai dari Meksiko, Inggris, Brazil, hingga Jepang berhasil mendarat di rumahnya. 

Berbagai level kepedasan saus juga bisa ditemukan di sana. Mulai berasal dari cabai Jalapeno hingga Habanero. Semuanya sudah jadi saus dengan komposisinya yang Clinco hafal karakteristiknya masing-masing. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS